top of page

Informasi Lengkap Tentang Cara Mengatasi Genset Tidak Stabil



Genset adalah alat yang berfungsi untuk menghasilkan listrik, dengan cara kerjanya yang bisa mengubah energi gerak yang dihasilkan oleh perputaran mesin sehingga mampu menghasilkan listrik. Dengan adanya Genset, maka itu bisa memudahkan manusia dalam melakukan banyak hal. Namun sayang itu tidak bisa terjadi jika arus listrik yang dihasilkan tak stabil, yang mana itu juga akan menimbulkan kerusakan pada barang elektronik yang disambungkan.


Ada banyak faktor yang menyebabkan Genset tidak stabil, seperti gerakan mesin yang tidak konstan, karburator bermasalah, oli yang kurang, AVR Genset rusak, kerusakan Governor, hingga komponen Genset lainnya yang memang bisa berdampak pada Genset tidak stabil. Nah Genset yang tidak stabil tentunya bisa Anda atasi dengan beberapa cara, yang mana cara yang tepat dan juga benar adalah cara yang akan kami jelaskan di artikel ini!


Informasi Lengkap Tentang Beberapa Cara Mengatasi Genset yang Tidak Stabil

Berikut adalah beberapa cara atasi Genset yang tidak stabil yang bisa Anda coba lakukan pada Genset Anda yang memang tidak stabil.


Menggunakan dan Menyesuaikan Bahan Bakar Genset yang Tepat

Ketika suara Genset tidak seperti biasanya, karena yang normalnya adalah 1500 rpm, maka sudah pasti ada masalah pada Genset berupa tidak stabil. Dikatakan tidak stabil karena memang putaran mesinnya lebih atau kurang dari angka tersebut. Nah ketika memang itu benar terjadi, maka cobalah segera Anda memeriksa apakah bahan bakar mesin pada Genset dalam keadaan bersih atau kotor. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan saringan pada bahan bakar, lalu segera betulkan jika saluran bahan bakar ke mesin Genset tersumbat atau terjepit.


Memperbaiki Governor Pada Genset

Jika Genset tidak stabil, maka bisa saja itu terjadi dari adanya Governor Genset yang tidak dalam keadaan baik, sehingga dengan begitu pun mesin Genset tersebut tidak bisa bekerja dengan normal. Untuk mengatasinya, maka Anda bisa memastikan bagian Governor tersebut, lalu juga MPU dan actuator valve yang memang harus dalam keadaan baik. Sehingga dengan begitu maka nantinya ia bisa bekerja secara otomatis dan menjaga kestabilan Genset.


Memperbaiki Kabel yang Memang Bermasalah

Layaknya alat atau mesin lain, kabel tentunya adalah bagian penting dari mesin suatu Genset. Jadi jika memang terdapat Genset yang tidak stabil, maka cobalah dulu Anda pastikan tidak ada yang terkelupas pada bagian kabel Genset, atau bisa juga cek apakah ada bocor atau tidak kabel Genset tersebut. Nah kabel yang rusak tentunya bisa menyebabkan terganggunya tegangan listrik, sehingga tidak heran jika Genset menjadi tidak stabil.


Mengganti AVR Pada Genset

AVR atau Automatic Voltage Regulator, tentunya adalah bagian penting pada mesin Genset. Itu karena AVR berfungsi dalam menyeimbangkan voltase tegangan listrik dari suatu Genset. Jadi apabila Genset telah menunjukkan tanda bahwa ia tidak stabil, maka ada baiknya Anda segera periksa bagian AVR Genset tersebut, lalu perbaiki atau setidaknya yang baiknya adalah menggantinya.


Membersihkan Komponen Genset

Meski terlihat sepele, tetapi kemungkinan Genset tidak stabil bisa juga dari kotoran atau Genset yang memang sudah lama kotor. Contohnya seperti jika frekuensi Genset tidak stabil yang memang disebabkan dari adanya kotoran pada karburator, yang mana kotoran yang menumpuk dapat menyebabkan suplai udara terhambat. Nah jadi dengan demikian, apapun yang kotor pada Genset bahkan secara berlebihan, maka itu akan menyebabkan sistem pembakaran yang juga terhambat sehingga tenaga mesin untuk bekerja menjadi berkurang. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda selalu rutin membersihkan Genset bahkan sampai kedalamnya, yang mana harus dilakukan dengan benar dan tepat.


Itulah informasi lengkap mengenai cara mengatasi Genset yang tidak stabil. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda. Jika Anda menginginkan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda semua bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page