Inilah Cara Mengatasi dan Solusi Masalah Engine Block Genset yang Umum Terjadi



Engine block atau blok silinder adalah struktur terpadu yang terdiri dari silinder dari motor bakar torak dan beberapa atau semua yang terkait struktur sekitarnya. Nah tentunya layaknya mesin pada kendaraan, engine block juga ada pada mesin Genset, yang mana ia juga adalah komponen penting dalam rangkaian mesin Genset. Namun sama juga dengan mesin kendaraan, engine block juga umum terjadi beberapa masalah.


Engine block pada Genset biasanya akan bisa berpotensi terkena beberapa masalah, yaitu dari beberapa faktor. Oleh karena itu, maka Anda sebagai pemilik Genset wajib mengetahui itu, yang mana semuanya akan kami jelaskan di artikel ini. Tidak hanya masalah atau faktor yang merusak engine block, melainkan ada juga solusinya yang kami sertakan di artikel ini. Maka dari itu silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Beberapa Masalah Umum pada Engine Block Genset dan Juga Solusi Mengatasinya

Berikut adalah beberapa masalah yang ternyata cukup umum terjadi pada engine block Genset yang perlu Anda semua ketahui. Begitu juga dengan penyelesaian masalah atau solusinya yang perlu Anda ketahui juga dalam memperbaiki masalah umum yang terjadi pada engine block mesin Genset.


Kepala Silinder Memuai

Mesin atau engine block Genset tentunya rentan akan mengalami masalah overheat atau panas berlebih. Dampak dari itu, tentu saja dapat membuat beberapa komponen yang ada di mesin menjadi meleleh, termasuk juga kepala silinder di engine block. Jadi setiap komponen sudah didesain agar bisa menahan panas hingga suhu tertentu saja, lebih dari itu dan terjadi secara terus-menerus tentunya akan dapat membuatnya lebih cepat memuai. Untuk mengatasinya, Anda perlu kondisikan mesin Genset tidak mengalami overheat, yaitu dengan cara apapun agar panas bisa hilang.


Blok Silinder Rusak

Tentunya blok silinder yang rusak juga bisa menjadi masalah yang umum terjadi di mesin Genset, yang mana masalah ini tentunya sangat serius bisa berbahaya bagi Genset. Kerusakan pada blok silinder tentunya beragam, yaitu bisa mengalami keretakan, atau ada bagian yang tergores atau aus. Nah untuk mengatasinya maka Anda perlu mengkorter silinder dengan cara melakukan pengubahan ukuran lubang atau menggantinya dengan kepala silinder baru. Jadi dengan adanya penambahan ukuran lubang silinder maka pastinya bertambah juga isi silindernya. Lalu mesin pastinya tidak lagi mudah panas dan tidak mudah kotor karena tidak adanya celah masuk di kepala silinder.


Air Radiator yang Berkurang

Air radiator yang berkurang atau habis dapat berpengaruh terhadap performa mesin Genset, itu karena air radiator bisa berfungsi sebagai pendingin sistem mesin Genset. Jadi apabila sampai air accu di dalamnya tidak mencukupi, tentu saja komponen lain akan menjadi lebih cepat panas dan membuat mesin Genset rusak atau mudah mati. Maka dari itu, penting sekali memperhatikan kadar air coolant pada Genset, yang mana penyebabnya pun juga beragam.


Adanya Kerusakan Pada Packing Cylinder Head

Masalah berikutnya yang umum terjadi pada engine block Genset ada pada packing cylinder head. Komponen “packing cylinder head” ini tentunya bisa rusak, lalu apabila sudah rusak nantinya bisa menimbulkan air dan juga oli bercampur. Dampak dari hal tersebut bisa terjadi dikarenakan memang usia kepala silinder yang sudah usang, atau bahkan bisa juga dari segi pemasangannya yang juga salah.


Nah itulah masalah umum serta cara atasi atau solusi mengatasi masalah di engine block pada Genset. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki Genset, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com