top of page

Yuk Simak Cara Mengatasi Beberapa Masalah dalam Hoist dan Crane



Hoist dan Crane, adalah 2 komponen yang sering dianggap sama, padahal kenyataannya keduanya adalah 2 komponen yang berbeda, tetapi saling terkait satu sama lain. Untuk Hoist ia adalah salah satu jenis pesawat angkat yang banyak digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal (tegak lurus). Sedangkan Crane, ia adalah sistem yang dirancang dan dibangun untuk menunjang operasional dan mobilitas Hoist tersebut.


Nah baik itu Hoist ataupun Crane, tentunya keduanya pada umumnya akan mengalami masalah, baik itu dari human error, maupun dari masa pakai dari Crane ataupun Hoist tersebut. Tentunya ada masalah pastinya ada juga cara mengatasinya, dimana masalah-masalah yang ada pada Hoist dan Crane masih bisa diatasi dengan tepat. Nah cara atasinya begitu juga dengan masalahnya, semuanya bisa Anda ketahui di artikel ini!


Inilah Cara Mengatasi Beberapa Masalah Umum yang Ada dalam Hoist

Daya Listrik Hoist Bermasalah

Hal ini dapat terjadi, karena Electric Chain Hoist memang memiliki daya listrik (voltase dan ampere), sehingga akan bermasalah jika itu tidak tepat, hal itu karena memang daya listrik bertujuan dalam menjalankan Electric Chain Hoist, tetapi itu tergantung dari kapasitas beban yang dimiliki. Untuk mengatasinya, maka Anda harus pastikan bahwa daya listrik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan listrik untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist.


Hoist Lambat dalam Mengangkat

Apabila masalah ini ada, maka Anda bisa segera periksa daya listrik, atau bisa juga pada mesin hoistnya. Jika penyebabnya disebabkan karena beban yang diangkat oleh hoist melebihi kapasitas pengangkatan maksimal yang bisa diangkat oleh hoist (SWL). Maka untuk mengatasinya, segera turunkan beban dan periksa kembali berat beban yang mau diangkat.


Hoist Mengeluarkan Suara Aneh

Ketika terjadi masalah ini, maka Anda bisa mencoba segera menghindari down time. Namun yang harus diperhatikan adalah daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Lalu jika semua baik, maka cobalah kurangi frekuensi pengangkatan beban, yaitu dengan mengurangi beban muatan yang ingin diangkat oleh Hoist.


Overheat dan Hoist Tidak Bisa Digunakan

Masalah ini bisa terjadi jika ia bekerja tanpa henti dengan suhu yang tidak menurun. Untuk atasinya, Anda bisa menghindari down time. Pertama, Anda harus mempunyai daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Kemudian coba kurangi frekuensi pengangkatan beban, ditambah dengan kurangi beban muatan yang Anda angkat dengan hoist.


Arah Hoist Terbalik

Penyebab dari masalah ini terjadi karena adanya operator yang memasang kabel R,S,T terbalik sewaktu instalasi Electric Chain Hoist, atau lain sebagainya. Nah solusinya, Anda bisa menukar posisi kabel dan mencobanya kembali.


Inilah Cara Mengatasi Beberapa Masalah Umum yang Ada dalam Crane

Degradasi Pada Tali Kawat

Degradasi tali kawat merupakan salah satu masalah atau kerusakan yang paling sering terjadi dan mungkin seringkali dialami pada sistem yang ada pada banyak jenis Crane. Cara atasiinya yang terbaik adalah dengan mengganti tali kawatnya. Jadi penting sekali untuk lebih baik mencegahnya, yaitu dengan memeriksa tali kawat sebelum melakukan pekerjaan.


Adanya Kemiringan Derek dan Alignment

Derek overhead yang tidaklah sejajar dan juga miring ketika bergerak pada landasan bisa menimbulkan tekanan dan juga kerusakan yang signifikan dalam seluruh sistem derek. Nah untuk mengatasinya, Anda bisa sesuaikan kembali kemiringan yang benar. Namun terbaiknya, Anda bisa memanggil layanan terbaik untuk dikirimkan teknisi ahli untuk menyesuaikannya dengan benar.


Terjadi Keausan Pada Roda Crane

Roda merupakan komponen penting dari beberapa Crane, yang mana itu juga harus dilakukan pemeliharaan penggantian ataupun penyesuaian. Selama umur Crane, roda dengan alami akan aus, hal itu dikarenakan adanya penggunaan secara normal Crane yang memang sudah waktunya untuk perlu diganti. Atasinya memang perlu diganti, tetapi bisa juga sementara waktu Anda atasi dengan memberikan pelumas atau merancangnya sedemikian rupa agar roda tersebut masih bisa digunakan.


Jadi itulah cara mengatasi beberapa masalah yang ada dalam Hoist dan juga Crane. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga semuanya. Nah bilamana Anda ingin memiliki Crane dan Hoist, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


bottom of page