top of page

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Masalah Motor Pompa Celup Mati Tiba-Tiba



Pompa air seperti juga pompa celup, merupakan suatu mesin yang bisa digunakan untuk menggerakan fluida, yaitu spesifiknya bisa dari bertekanan rendah menuju ke tempat dengan tekanan yang lebih tinggi. Nah karena itulah, maka untuk mengatasi perbedaan tekanan ini maka diperlukan tenaga, yang dimana itu berasal dari motor penggerak dari dalam pompa air, begitu juga sama dengan jenis pompa celup.


Ketika motor pompa celup mati, maka jelas pompa celup tidak bisa digunakan, yang mana masalah ini juga kerap kali terjadi pada pompa-pompa air biasanya. Nah karena masalah yang sering atau umum terjadi, maka sudah ada banyak cara dalam mengatasi motor pompa yang mati mendadak. Untuk itu, Anda yang ingin tahu cara mengatasinya, maka mudahnya Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beberapa Cara Untuk Mengatasi Masalah Motor Pompa Celup yang Mati Mendadak

Memeriksa dan Mengganti Kabel Pompa Celup yang Rusak

Nah biasanya motor pompa celup yang mati tiba-tiba bisa dari masalah luarnya, alias bukan dari kerusakan dalam pada mesin pompa celup. Masalah motor pompa celup yang mati mendadak bisa dari adanya kabel-kabel pompa celup yang terputus. Nah maka dari itu, untuk mengetahuinya, maka silahkan Anda periksa sistem kabel pada pompa celup, bilamana ada kesalahan atau kerusakan, maka Anda bisa segera perbaiki atau ganti kabel yang rusak parah dengan yang baru.


Membuka Stop Kran yang Tertutup

Untuk masalah berikutnya yang bisa membuat motor pompa celup mati tiba-tiba, yaitu dari stop kran yang terhubung dengan pompa celup, dimana itu sedang dalam keadaan tertutup. Mengapa bisa membuat motor pompa celup mati tiba-tiba? Hal itu karena pasalnya ketika ada suatu tekanan air yang semakin tinggi karena adanya kran yang tertutup, maka secara tidak langsung itu akan membuat motor pompa celup mati, itu karena adanya pemutusan arus listrik yang bisa membuat pompa celup tersebut mati.


Mengganti Kapasitor Pompa Celup yang Memang Sudah Rusak

Perlu Anda semua ketahui, Kapasitor yang ada pada pompa celup sangat berperan besar dalam mendorong perputaran dinamo di dalam pompa celup. Jadi dengan demikian, maka apabila ada Kapasitor yang rusak maka Dinamo pada pompa celup pun tidak akan mampu berputar. Nah untuk mengetahuinya, maka Anda dapat identifikasi dari keluarnya suara, yang mana jika ada suara menahan ketika pompa celup dinyalakan, seperti suara mendengung, maka sudah pasti Dinamo pompa celup sedang tidak bergerak. Jadi untuk mengatasinya adalah memperbaiki atau lebih baik menggantinya dengan yang baru dan terbaik.


Mengganti Dinamo Pompa Celup yang Sudah Rusak

Selain Kapasitor, Dinamo yang rusak juga bisa menjadi faktor bahwa memang pompa celup tidak bisa digunakan, alias bisa mati secara tiba-tiba. Jadi apabila ditemukan motor Dinamo yang terbakar, maka sudah pasti itu adalah faktor utama yang menyebabkan motor pompa celup mati secara mendadak. Hal itu terjadi, karena adanya gulungan pada Dinamo yang biasanya sudah terputus karena pengaruh terbakar yang terjadi. Jadi untuk mengetahuinya, Anda bisa memastikan atau memeriksa gulungan Dinamo, yaitu dengan melihat fuse dinamonya terlebih dahulu. Jika rusak, maka Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru dan terbaik. Namun jika gulungan hanya terlihat terbakar, maka gulungan Dinamo motor harus di gulung ulang atau diganti.


Itulah beberapa cara dalam mengatasi masalah motor pompa celup yang mati secara tiba-tiba. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga yang lainnya. Jika Anda ingin memiliki pompa celup yang terbaik dan berkualitas, maka saran dan rekomendasi kami untuk Anda adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page