top of page

Yuk Simak Beberapa Cara Mengatasi Pompa Celup yang Berisik



Pompa celup memiliki nama lain sebagai pompa submersible, yaitu pompa benam yang memang pada dasarnya memiliki fungsi seperti pompa air pada umumnya. Yaitu fungsinya dapat digunakan untuk memindahkan suatu cairan atau fluida dari suatu titik lokasi ke titik lainnya. Ciri paling utama yang menandakan bahwa ia adalah pompa celup, adalah pompa yang dapat dioperasikan dalam air.


Pompa celup atau pompa submersible juga memiliki ciri khusus lainnya, yakni memiliki motor penggerak yang letaknya dekat atau digabungkan dengan bagian badan pompanya. Namun dari kelebihan dan keunggulannya itu, sayangnya masih banyak para pengguna pompa celup yang mengeluhkan bunyi berisik dari pompa celup mereka, padahal itu bukanlah pompa air biasa. Nah untuk mengatasi masalah itu, Anda bisa ikuti caranya yang ada di artikel ini!


Inilah Beberapa Cara yang Bisa Anda Simak Untuk Atasi Pompa Celup yang Berisik

Tentunya ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan pompa celup menjadi berisik, seperti adanya kipas pendingin dinamo yang lepas, impeller menyentuh dinding pompa, bearing dinamo pompa celup yang sudah rusak, pressure switch bermasalah, dan lain sebagainya. Nah untuk mengatasi masalah-masalah yang bisa membuat pompa celup menjadi berisik, maka Anda bisa ikuti cara kami yang ada di bawah ini!


Mengganti O-Ring Pada Komponen Impeller Pompa Celup

Dengan melakukan penggantian o-ring pada komponen impeller pompa celup, maka itu bisa juga bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah suara berisik dari dalam mesin pompa celup. Nah dengan Anda yang menggantinya, maka ruang gerak impeller akan menjadi sedikit membuka, sehingga dengan begitu maka komponen tersebut nantinya bisa leluasa bergerak tanpa bergesekan dengan dinding pompa air, yang mana itu bisa membuat suara tidak berisik lagi dari gesekan yang tidak bersentuhan.


Memperbaiki Kipas Pendingin Dinamo Pompa Celup

Berikutnya jika ada masalah pada kipas pendingin dinamo yang bermasalah, maka besar kemungkinan itu adalah faktor penyebab suara berisik pada pompa celup. Anda bisa memperbaiki kipas pendingin dinamo tersebut, dengan melakukan pembongkaran pada cover pelindung kipas dinamo terlebih dahulu. Apabila kondisi kipas sudah mulai goyang, maka segera perbaiki supaya bisa berputar kembali secara normal. Akan tetapi, jika kipas sudah rusak atau rontok, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.


Mengganti Bearing Dinamo Pompa Celup

Untuk mengatasi bunyi bising dari pompa celup, maka Anda bisa mencoba melakukan penggantian laher atau bearing dinamo pompa celup. Akan tetapi, saat hendak mengganti bearing dinamo, Anda perlu membongkar seluruh bagian komponen pompa celup terlebih dahulu dengan sangat hati-hati serta teliti.


Menambal Bagian Body Pompa Celup yang Retak atau Bocor

Bunyi berisik dari pompa celup juga bisa berasal dari body pompa celup yang mengalami kerusakan, seperti retak atau bocor. Jadi dengan begitu, maka bunyi pompa celup akan lebih terasa terdengar oleh Anda. Nah untuk mengatasinya cukup simple, yaitu Anda hanya perlu menambal body yang retak atau bocor tersebut dengan menggunakan lem hitam putih. Namun, apabila ingin lebih optimal dalam mengatasinya, sebaiknya tambal kebocoran tersebut menggunakan cara pengelasan.


Nah jadi itulah beberapa cara ampuh untuk mengatasi bunyi berisik dari pompa celup. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dalam mengatasi bunyi berisik pada pompa air dan juga pada pompa celup. Sekian dari kami, jika Anda ingin memiliki pompa celup yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page