Cara Mengatasi Selang Air yang Mengalami Kebocoran


Cara Mengatasi Selang Air yang Mengalami Kebocoran

Kebutuhan akan selang air semakin meningkat jadi yang paling penting adalah bagaimana perawatannya. Ketika selang sering digunakan Anda bisa saja mengalami kebocoran dan kerusakan. Karena itu penting untuk Anda tahu cara memperbaiki selang yang bocor.


Selang yang bocor bisa diatasi dengan banyak cara. Tentunya cara ini hemat dan tidak memerlukan banyak peralatan lain. Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi selang apabila mengalami kebocoran.


Mencari Penyebab Selang yang Bocor


Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari penyebab selang mengalami kebocoran. Ternyata ada banyak sebab mengapa selang air mengalami kebocoran. Pertama bisa karena penyumbatan. Penyumbatan dapat terjadi pada air dengan tekanan tinggi.


Penyebab kedua adalah karena selang mengalami korosi. Apapun jenis pipa yang Anda gunakan pasti akan mengalami korosi. Setiap pipa memiliki masanya masing-masing dan hanya bertahan beberapa waktu saja.


Proses korosi pada pipa juga tidak bisa dideteksi dengan mudah, tahu-tahu saja pipa sudah bolong. Oleh karena itu penting untuk melakukan pengecekan kondisi pipa secara rutin. Tidak hanya itu perhatikan juga kandungan asam di dalam air.


Memasang Seal Tape di Selang Air yang Bocor


Cara kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang seal tape pada area bocor. Seal tape bisa Anda siapkan sebelumnya lalu gunakan lem tersebut untuk mengatasi kebocoran. Pasanglah seal tape di area yang mengalami kebocoran.


Seal tape sendiri merupakan sebuah jenis lem yang memang digunakan untuk sebuah pipa. Seal tape terbuat dari PTFE atau poly yang dibuat dengan menggunakan teknologi modern. Memiliki kekenyalan dan ketebalan tertentu.


Inilah yang membuat seal tape bisa digunakan untuk jenis pipa yang terbuat dari bahan PVC. Pipa tersebut tidak hanya digunakan untuk selang air saja tetapi juga untuk air bertekanan tinggi, pipa pemadam kebakaran dan tabung gas.


Fungsi utama dari seal tape adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada pipa air dan melindungi sambungan pipanya apabila memiliki ulir. Seal tape ada yang bisa menahan panas sampai 250 derajat celcius.


Memotong Lem dengan Menggunakan Gunting


Tahapan ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunting tape menggunakan gunting. Kemudian Anda bisa mulai menempelkannya pada bagian selang air yang mengalami kebocoran. Pastikan juga bahwa semua bagian selang mengalami kebocoran sudah terlapisi tape.


Jadi sebelum memasang seal tape Anda harus mencari tahu dulu di bagian mana selang mengalami kebocoran. Setelah tape dipasang maka Anda bisa langsung mencobanya dengan menghidupkan air.


Tidak jarang selang tetap mengalami kebocoran apabila tekanan air yang dihidupkan keras. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencobanya terlebih dahulu ya! Jika masih ada bagian yang bocor maka Anda bisa langsung menempelnya kembali.


Memeriksakan Hasil Pemasangan Seal Tape


Langkah keempat dari pemasangan selang air yang mengalami kebocoran adalah dengan memeriksa kembali hasil seal tape. Jadi setelah Anda mencobanya dan pipa tidak mengalami kebocoran lagi, Anda harus tetap mengecek apakah pemasangannya sudah benar atau belum.


Proses recheck harus tetap Anda lakukan untuk menghasilkan hasil yang terbaik. Kemudian Anda bisa merapikan kembali semua bagian selang yang sudah ditambal. Pastikan bahwa tidak ada bagian selang yang bocor, tape mengelupas dan tape terlihat menggulung.


Tahap terakhir dari proses menambal kebocoran selang adalah bisa digunakan lagi. Anda bisa langsung mencobanya untuk memastikan tidak ada bagian yang bocor. Setelah mengetahui bagaimana cara memperbaiki selang yang bocor Anda bisa langsung menggunakannya kembali.


Jangan lupa beli selang di tempat terpercaya karena dijamin berkualitas. Apapun jenis selang yang dibeli pasti memiliki masa waktunya masing-masing. Oleh karena itu selang air Anda harus dicek secara berkala.