top of page

Yuk Simak Cara Mengatasi Selang Hidrolik yang Sering Bocor



Selang merupakan alat yang dapat digunakan dalam membantu pompa untuk memindahkan fluida, gas, ataupun sebagainya yang sesuai. Nah dengan penggunaannya yang seperti itu, selang pun terdiri dari beberapa macam dan jenisnya, yang mana salah satunya adalah selang Hidrolik yang bisa digunakan untuk menghubungkan sistem elemen yang bergerak atau yang bergetar. Namun sayangnya, selang jenis itupun juga cenderung bisa mengalami bocor.


Layaknya sama dengan banyak jenis selang yang ada, selang Hidrolik juga rentan terkena masalah berupa kebocoran. Nah walaupun mengalami kebocoran, tentunya sebelum memutuskan ganti baru, ada baiknya selang Hidrolik yang bocor diatasi dengan beberapa cara. Untuk mengetahui cara-cara mengatasi selang Hidrolik yang sering bocor, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya agar Anda bisa atasi selang Hidrolik Anda yang sedang bocor.


Inilah Cara yang Perlu Anda Ketahui Untuk Atasi Selang Hidrolik yang Sering Bocor

Tentunya ada faktor yang bisa menyebabkan selang Hidrolik bisa sering bocor, bisa dari faktor pemakaiannya, usia, atau kualitas dari selang Hidrolik yang digunakan. Namun mengetahui penyebabnya akan sia-sia jika selang hidrolik sudah terlanjur bocor, oleh karena itu diperlukan cara-cara tepat dalam mengatasi selang Hidrolik yang bocor. Nah cara tepatnya, bisa Anda ikuti seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Menggunakan Klem Selang

Klem atau Clamp mempunyai istilah sebagai pengikat selang atau Hose Band. Dalam hal ini ia merupakan jenis pengikat yang bisa berperan menjaga sambungan selang agar tetap tersambung secara presisi, alias tidak longgar. Nah klem yang digunakan untuk selang Hidrolik bocor, adalah kebocoran yang diakibatkan dari kelonggaran selang Hidrolik. Jadi dengan demikian, jika selang Hidrolik bocor di bagian tengah karena adanya kerusakan fisik, maka menggunakan klem tidak bisa mengatasinya.


Menggunakan Selotip Khusus

Layaknya selang-selang jenis lain, selang Hidrolik yang bocor bisa Anda atasi dengan menggunakan selotip khusus untuk kebocorannya. Nah caranya, Anda rekatkan bagian selotip pada bagian yang bocor di selang Hidrolik, kemudian tahan dan tunggu beberapa saat sampai selotip tersebut benar-benar tertempel. Pastikan Anda menggunakan beberapa layer selotip khusus pada bagian selang Hidrolik yang bocor, hal itu agar memperkuat tutupan dari kebocoran tersebut untuk tidak keluar atau terlepas.


Menambahkan Gulungan Luar Selang atau Pelindung Selang

Selang Hidrolik yang mengalami kebocoran, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menambahkan gulungan luar selang, yaitu selang Hidrolik yang bocor Anda masukan di dalam gulungan selang lain. Hal itu agar kebocoran pada selang Hidrolik tidak keluar begitu saja, karena ada penahanannya. Selain gulungan luar selang, Anda pun juga bisa menggunakan pelindung selang Hidrolik, ataupun juga bisa menggunakan apapun agar

kebocoran pada selang Hidrolik tidak muncul kembali.


Menggunakan Power Glue

Power Glue adalah lem cair yang bisa merekatkan dengan sangat cepat, tetapi dengan kekuatan lem yang melebihi daripada lem biasa. Jadi dengan begitu, Anda dapat atasi selang Hidrolik yang bocor dengan menggunakan Power Glue, yaitu dengan memberikan cairan lem Power Glue di bagian bocor pada selang Hidrolik.


Mengganti Selang Hidrolik yang Bocor dengan yang Baru

Jika kebanyakan cara yang diatas masih kurang begitu efisien dalam mengatasi kebocoran selang Hidrolik, maka cara ampuh adalah dengan menggantinya yang baru. Dengan menggantinya dengan yang baru, sebenarnya bisa juga lebih baik daripada mengatasi selang Hidrolik yang bocor, karena selang Hidrolik yang bocor dan diatasi, sebenarnya kurang begitu ampuh dalam membuat kebocoran tersebut hilang sepenuhnya, apalagi jika kebocoran sudah dalam tingkat yang parah.


Jadi itulah cara mengatasi selang Hidrolik yang sering bocor. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda ingin memiliki selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi terbaik kami ada di produk selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa ketahui lebih lengkap dan lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page