top of page

Inilah Cara Mengatasi Selang Hidrolik yang Sering Rusak Tanpa Sebab



Selang Hidrolik merupakan selang yang biasa juga dipanggil dengan sebutan “Hydraulic Hose”, suatu part atau komponen yang mempunyai fungsi sebagai alat pengantar cairan atau fluida, atau bisa juga gas dan sebagainya yang sesuai. Nah selang Hidrolik pada dasarnya adalah selang yang berbeda dengan selang-selang pada umumnya, hal itu karena selang ini adalah selang berbahan karet yang dinamis dan fleksibel.


Selang Hidrolik menggunakan bahan karet yang diperuntukkan untuk kebutuhannya yang dinamis dan fleksibel, yang mana itu disesuaikan dengan bentuk dan permukaan yang digunakan. Jadi dengan begitu, selang ini cocok sekali digunakan pada kebutuhan yang berat. Namun sayangnya, selang ini juga bisa rentan terkena masalah kerusakan, yang mana masalah-masalah tersebut masih bisa diatasi dengan beberapa cara di bawah ini!


Inilah Cara Mengatasi Selang Hidrolik yang Sering Rusak Tanpa Sebab

Tidak Menggunakan Selang Hidrolik Secara Terus Menerus

Selang Hidrolik merupakan selang yang ternyata akan cepat rusak jika waktu pemakaiannya yang melebihi batas normal, dimana itu dilakukan setiap hari dan tanpa henti maka akan membuat selang tersebut sangat berpotensi menghadapi kerusakan. Nah untuk mengatasi masalah ini, maka cara satu-satunya adalah dengan tidak menggunakan selang Hidrolik secara terus menerus. Apabila tidak memungkinkan, maka saran kami Anda harus memiliki lebih dari 1 selang Hidrolik.


Menyesuaikan Tempat Selang Hidrolik yang Aman dan Terjaga

Pada dasarnya selang Hidrolik bisa mengalami getas, yang mana itu juga bisa dari faktor pemakaian yang lama. Namun tidak hanya itu, suhu panas pun dan juga tempat yang rentan membuat getas dapat juga menjadi faktor penyebab selang Hidrolik getas. Nah maka dari itu, penting sekali untuk Anda menyesuaikan tempat selang Hidrolik Anda, yaitu jauh dari suhu panas, dan juga tidak dekat dengan material yang membahayakan fisik selang Hidrolik.


Selalu Merapikan Selang Ketika Sudah Tidak Dipakai Lagi

Pada dasarnya, selang Hidrolik yang tidak dirapikan ketika selesai dipakai, hal itu tentunya bisa membuat selang Hidrolik mudah rusak. Contohnya seperti terinjak-injak, terkena air yang mengandung zat berbahaya, ataupun terkena material yang dapat membuat selang Hidrolik rusak, bocor ataupun putus. Nah maka dari itu, agar terhindar dari bahaya tersebut, maka Anda perlu merapikan kembali selang Hidrolik yang sudah digunakan, yaitu dengan mengulungnya dengan rapi serta ditaruh di tempat yang aman dan bersih.


Segera Memperbaiki Kebocoran Dini Pada Selang Hidrolik

Selang Hidrolik tentunya juga bisa mengalami kebocoran dari beberapa faktor. Nah ketika terjadi kebocoran dan Anda sudah tahu, maka Anda harus sesegera mungkin memperbaikinya atau mengatasinya. Hal itu agar kebocoran tidak bertambah besar, ataupun tidak membuat Selang Hidrolik rusak, yang mana itu karena cairan atau isi yang keluar dari lubang bocor dapat merusak komponen luar dari selang Hidrolik.


Selalu Menggunakan Selang Hidrolik dengan Benar

Layaknya benda-benda lain, tentunya penggunaannya yang salah dapat berdampak pada kerusakan, baik itu fisik maupun non fisik. Nah begitu juga dengan Selang Hidrolik, yang mana Anda harus dengan benar serta hati-hati dalam menggunakan selang tersebut. Contohnya seperti tidak menggunakan selang Hidrolik dengan terus-menerus menariknya sangat keras, ataupun tidak menekuknya secara berlebihan, dan sebagainya yang memang tidak dianjurkan.


Nah jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai cara mengatasi selang Hidrolik yang sering rusak tanpa sebab, dimana sangat bermanfaat bagi Anda agar selang tersebut dapat awet serta tahan lama. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki selang yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah Toyox yang ada di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page