Yuk Simak Cara Mengatasi Selang Industri Bengkok dan Cara Merawatnya



Selang tentunya bisa menunjang beberapa kegiatan, yang dimana salah satunya adalah untuk kegiatan industri. Itu karena memang selang dapat berguna untuk mendistribusikan cairan ke wadah penampungan yang ada, yang dimana cairan tersebut didorong atau dihisap menggunakan tenaga atau tekanan dari mesin yang mengalirkannya. Dengan kegunaannya tersebut, selang menjadi kebutuhan yang penting yang kini memiliki beberapa jenis.


Apapun jenis selang, pada dasarnya kebanyakan selang memiliki beberapa masalah yang serupa dengan selang pada jenis umumnya. Masalah tersebut meliputi selang kendor, lepas, bocor, rusak, hingga bahkan selang yang bengkok yang sering dialami pada selang industrial. Nah apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi selang industri yang bengkok, semua itu akan kami jelaskan di artikel ini, maka dari itu simak selengkapnya!


Inilah Penyebab Selang Industri Bisa Bengkok

Pada dasarnya selang industrial memang bisa menjadi bengkok, tetapi bengkok yang dimaksud bukan bengkok sewajarnya, melainkan bengkok seperti tertekan pada siku yang bengkok. Nah pada titik bengkok tersebut, jelas akan membuat selang industri tidak bisa digunakan dan tidak bisa untuk dipakai sebagai alat memindahkan cairan atau fluida. Nah jika dibiarkan, maka selang industri yang bengkok bisa menyebabkan selang industri lepas, kendor, dan bahkan bocor pada tekanan bocor tersebut.


Selang industri umumnya tidak terlepas dari penggunaan mesin hydraulic system, sehingga sudah menjadi rahasia umum bahwa mesin hidrolik telah banyak digunakan diberbagai sektor industri maupun alat berat lainnya. Itu karena, teknologi sistem hydraulic memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesuksesan suatu produksi dalam jumlah besar. Namun sayangnya selang industri bisa rusak karena beberapa faktor, seperti bengkok yang disebabkan karena adanya pergeseran lokasi selang yang cukup kuat, lalu lama kelamaan selang akan bengkok menjadi parah.


Inilah Cara Mengatasi Selang Industri yang Bengkok

Cara mengatasi selang industri yang bengkok memang cukup sulit, tetapi ada cara yang memang bisa memungkinkan selang kembali bisa lurus. Yaitu dengan cara manual, dimana pada objek yang bengkok tersebut, anda meluruskan kembali dengan melakukan tekanan pada arah yang sebaliknya, sehingga bengkok yang seperti penyok dapat kembali seperti semula. Namun tentunya itu tidak bisa sepenuhnya membuat selang industri yang bengkok menjadi sempurna kembali, karena pastinya ada beberapa lekukan pada selang yang mana bisa mempengaruhi cairan atau fluida yang dialirkan,


Inilah Cara Merawat Selang Industri Agar Tidak Mudah Bengkok


Melakukan Pemeriksaan Visual Selang dan Penyambungnya

Memeriksa visual pada selang serta penyambungnya tentunya bisa membuat selang industri bisa terjaga dan terkontrol kondisinya. Jadi jika ada kejanggalan pada fisik selang industri, maka segera lakukan perbaikan atau pencegahan, yang dimana itu bisa membuat selang industri tidak mudah menjadi bengkok.


Melakukan Uji Kelayakan atau Fungsional

Dengan menguji kelayakan atau fungsional selang maka itu bisa membuat selang bisa teridentifikasi kerusakan pada selang.. Caranya dengan mengoperasikan mesin pengalir cairan pada tekanan maksimum, yang dimana itu bisa bertujuan untuk memeriksa apakah ada kemungkinan malfungsi maupun kebocoran pada selang atau tidak. Namun, tentunya itu perlu mempertimbangkan potensi area berbahaya saat pengujian, lalu memastikan bahwa titik maksimum percobaan masih dalam taraf aman.


Menjaga Interval Penggantian Komponen Selang

Seiring berjalannya waktu, selain selang ada juga beberapa bagian selang yang nantinya akan menua, lalu mengeras, hingga bisa menyusut (aus), serta menjadi rusak hingga bisa bengkok. Nah untuk itu, maka menggantinya pada waktu yang teratur menjadi salah satu cara memperpanjang usia pakai selang. Lalu penggantian komponen-komponen selang bisa bergantung pada masa pakai terdahulu, yang mana itu bisa berpotensi menjaga selang industri tidak mudah bengkok.


Jadi itulah penyebab, cara mengatasi hingga cara merawat selang industri yang bengkok. Semoga jadi manfaat untuk anda semua, hingga bisa menjadi penambah wawasan anda dalam memahami dan mengerti selang industri yang bengkok. Selang industri yang tidak mudah bengkok, tentunya adalah selang yang berkualitas yang ada pada produk Toyox. Mengenai selang Toyox, maka anda bisa miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com