top of page

Inilah Cara Mengatasi Selang Industri yang Menjadi Korosi Serta Tidak Bisa Digunakan



Selang bisa berkemungkinan mengalami beberapa masalah, seperti selang yang longgar atau kendor, selang yang mengalami kebocoran, selang menjadi bau, selang putus, hingga selang yang ternyata bisa juga terkena korosi atau karat. Selang bisa terkena korosi atau karat, yang mana itu hanya pada selang yang memiliki bahan logam atau sejenisnya seperti selang industri, sehingga dengan begitu, selang yang karat pun pada dasarnya tidak akan bisa digunakan.


Selang yang mengalami korosi atau karat seperti selang industri akan sulit digunakan sebagaimana mestinya, atau parahnya memang tidak bisa akan digunakan. Namun sebelum mengganti selang industri korosi yang ada, maka ada baiknya selang tersebut Anda atasi dengan beberapa cara. Nah cara untuk atasi selang industri yang korosi agar ia bisa digunakan kembali seperti semula, caranya bisa Anda semua ketahui di artikel ini!


Inilah Cara Mengatasi Selang Industri yang Menjadi Korosi Agar Bisa Digunakan Kembali

Berikut adalah beberapa cara dari kami yang dinilai cukup ampuh mengatasi korosi atau karat pada selang industri, yang mana itu dengan harapan atau tujuan agar selang industri yang korosi dan tidak bisa digunakan, bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

  • Gunakan cuka, dikarenakan cuka akan sangat cocok untuk menghilangkan karat dari berbagai benda yang berbahan dasar logam, termasuk besi atau selang industri. Cuka yang digunakan bisa cuka putih, yang mana itu adalah cuka yang mampu menghilangkan karat dalam jangka waktu yang panjang atau permanen. Nah penggunaannya pun hanya cukup merendam dan menggosok sisi selang industri yang karatan, kemudian bisa juga dengan merendamnya dalam wadah cuka dalam kurun waktu semalaman lalu besoknya gosok sampai karat hilang. Namun sayangnya, cara ini sebenarnya bisa membuat selang industri akan bau cuka, jadi ada baiknya Anda bersihkan dulu selang tersebut sebelum digunakan.

  • Kemudian ada juga Anda bisa andalkan baking soda. Nah untuk cara menghilangkan korosi pada selang industri, Anda hanya perlu mencampurkan air dengan baking soda, sehingga menghasilkan pasta yang kental. Kemudian, Anda pun tinggal mengoleskan pasta kental tersebut ke bagian selang industri yang mengalami pengkaratan.

  • Buah lemon selain menyegarkan, ia juga mampu mengatasi karat pada selang industri. Namun bukan hanya mengandalkan lemon, cara ini perlu beberapa bahan lainnya. Caranya Anda bisa peras jus lemon di atas lapisan garam pada selang industri yang karat, kemudian tunggu hingga garam dan lemon tercampur dengan sangat baik. Setelah tunggu beberapa saat, maka gosok bagian yang berakat dengan kulit lemon, apabila karat telah sangat keras bisa menggunakan sikat kawat.

  • Kemudian ada juga menggunakan sabun, jadi selain bisa menghilangkan karat, cara ini juga bisa membersihkan selang industri serta membuatnya bisa harum. Namun untuk maksimal, Anda bisa tambahkan kentang, yaitu dengan cara mengiris kentang menjadi dua. Kemudian tutupi bagian yang dipotong tersebut dengan sabun cuci piring, lalu gosoklah bagian karat sampai bersih.

  • Gunakan cairan pembersih karat pun bisa Anda coba untuk atasi karat pada selang industri. Jadi caranya hanya semprotkan cairan pembersih karat yang ampuh dan terpercaya, lalu gosok sampai karat terkikis atau hilang.


Jadi itulah beberapa cara ampuh dalam mengatasi selang industri yang menjadi karat untuk bisa digunakan kembali. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua dan menjadi pelajaran penting untuk Anda dalam merawat atau mengatasi selang yang berkarat. Sekian dari kami, jika Anda ingin memiliki selang-selang yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page