Cara Menggunakan Manual Chain Block, Alat Lifting Terbaik


Cara Menggunakan Manual Chain Block, Alat Lifting Terbaik

Manual chain block merupakan salah satu alat lifting atau angkat yang bisa digunakan untuk memindahkan material atau barang dengan berat cukup tinggi bahkan mencapai berton-ton. Seperti telah diketahui, beban berat cukup tinggi memang tidak bisa dipindahkan dengan cara manual menggunakan tenaga manusia.


Itulah mengapa Anda membutuhkan penggunaan chain block untuk membantu pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan efisien. Adapun penggunaan dari alat ini sudah dimanfaatkan pada berbagai macam jenis industri mulai dari konstruksi, manufaktur, perkapalan, pertambangan, dan masih banyak lagi.


Adapun manual chain block bekerja dengan menggunakan sistem katrol serta menggunakan rantai sebagai komponen utama di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa rantai ini juga mempunyai daya tahan cukup tinggi serta bisa diaplikasikan di mana saja.


Bukan hanya rantai saja, ternyata juga terdapat beberapa komponen pendukung lainnya seperti pengait, roda gerigi, rantai baja dan pulley. Apabila Anda ingin mengetahuinya lebih jauh, maka wajib menyimak penjelasannya berikut.


Cara Penggunaan Manual Chain Block


Seperti sudah disinggung sebelumnya, alat lifting ini sendiri memang mempunyai peran cukup penting untuk berbagai macam jenis industri. Karena demikian, Anda juga perlu memahami bagaimanakah cara penggunaan dari chain block dengan benar.


Hal tersebut bukan tanpa alasan karena manual chain block harus digunakan dengan baik dan tepat sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan maksimal. Berikut penjelasan lengkap seputar cara penggunaannya.


Jauhkan dari Bahan Kimia


Hal paling utama yang harus diperhatikan yakni sebaiknya menjauhkan katrol dari bahan-bahan kimia. Itu bukan tanpa alasan karena bahan kimia sendiri bisa merusak komponen dari chain block. Selain itu, hindari memasukkan kait ataupun hook didalam link rantai karena hanya akan menimbulkan kerusakan.


Perhatikan Proses Pelumuran Oli


Untuk menggunakan manual chain block sendiri Anda harus merawat mesinnya agar tidak cepat rusak. Salah satunya adalah melumurinya dengan oli tetapi pastikan bahwa jangan pernah mengenai bagian dari sistem pengeremannya. Selain itu, jangan pernah mengganti Panjang rantai sendiri atau bahkan tidak sesuai dengan spesifikasi.


Siapkan Katrol Sesuai dengan Beban


Apabila hal di atas sudah disiapkan dengan baik, maka langkah berikutnya Anda bisa menyiapkan kontrol sesuai dengan kapasitas bebannya. Jika sudah kaitkan hook katrol pada tumpuannya. Pasang sling wire pada benda yang akan diangkat. Sesudah terikat dengan baik, maka mesin sudah siap dioperasikan.


Jangan Terlalu Dekat dengan Posisi Benda


Tarik rantai kantrol hingga benda atau material terangkat dengan baik sesuai dengan ketinggian yang diinginkan. Ketika bendanya sudah terangkat, pastikan bahwa jangan pernah dekat dengan posisi benda untuk menghindari hal tidak diinginkan.


Tips Melakukan Perawatan Chain Block


Untuk penggunaan manual chain block sendiri memang tidaklah sulit dilakukan. Tetapi Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimanakah proses perawatannya dengan baik. Dengan begitu dijamin akan membuat mesin tetap awet. Berikut beberapa tips dalam memberikan perawatan pada alat tersebut.

  1. Jangan lupa untuk menyimpan serta memperlakukan katrol dengan benar sehingga sistem didalamnya tidak mudah berkarat serta macet

  2. Periksa bagian pelumas dan rem sehingga bisa menghindari adanya kecelakaan kerja

  3. Apabila Anda hendak menyimpannya, maka pastikan aksesoris pendukungnya sudah dilepas dengan baik

  4. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa suspensi atas juga dilengkapi dengan mouse hook dan posisinya sempurna.

Penggunaan alat angkat untuk memindahkan muatan dengan beban berat sendiri memang cukup penting karena bisa menghemat waktu. Pastikan Anda memilih manual chain block yang tepat dan sesuai kebutuhan.