Inilah Cara Menghemat Daya dari Pompa Celup yang Wajib Diketahui



Motor listrik adalah salah satu bahan konstruksi dan listrik yang paling umum digunakan dalam aplikasi perumahan, komersial, dan industri. Namun, jika tidak efektif atau tidak dirawat dengan benar, mereka pastinya akan menimbulkan masalah yang cukup signifikan. Nah motor listrik sendiri tentunya ada pada pompa celup, dimana daya dari listrik pompa celup cenderung cukup besar.


Daya listrik dari pompa celup yang besar, tentunya perlu dihemat dengan tepat dan juga sesuai, hal itu agar penggunaan pompa celup dapat memberikan benefit serta dapat memperpanjang umur dari pompa tersebut. Bagaimana cara menghemat daya dari pompa celup, anda bisa mengetahuinya di artikel ini. Maka dari itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya agar anda tahu cara menghemat daya dari pompa celup.


Inilah Cara yang Bisa Diikuti Untuk Menghemat Daya dari Pompa Celup


Memeriksa Keadaan Pompa

Resistansi rendah adalah alasan utama kegagalan motor, itu terjadi ketika keadaan yang tidak menguntungkan seperti panas berlebih muncul, korosi, atau kerusakan fisik. Tentunya itu menyebabkan pemisahan yang tidak memadai antara belitan, kebocoran, dan korsleting, dimana pada akhirnya akan menyebabkan motor memacu daya yang boros. Dengan memeriksa insulasi secara rutin untuk mencari tanda-tanda keausan, maka anda dapat mempertahankan performa terbaik motor pompa celup.


Menggunakan Energy-Saving Controls

Setiap motor yang beroperasi dengan kondisi beban penuh, pastinya itu akan ada pada efisiensi maksimum. Beberapa para ahli menyarankan untuk menggunakan motor yang agak lebih besar, itu agar dapat memberi sedikit kapasitas ekstra saat anda membutuhkannya, sekaligus memperpanjang umur motor dari pompa. Evaluasi kembali kinerja motor yang sangat besar yang anda gunakan, dan pertimbangkan untuk memasang Energy-Saving Controls.


Jauhkan Peletakan Pompa yang Mudah Terkontaminasi

Motor listrik pada pompa sering ditemukan beroperasi pada lingkungan yang mudah terkontaminasi debu, kotoran, atau bahan kimia. Sehingga dengan demikian, maka sangat penting untuk memastikan bahwa motor listrik terlindungi dengan baik. Itu karena ada dampaknya berupa korosi, dimana itu salah satu penyebab vital kegagalan motor pada pompa yang juga bisa memboroskan daya dari pompa celup.


Menyesuaikan Penggunaan Daya Pompa yang Sesuai

Motor listrik pada pompa celup pada dasarnya adalah alat untuk mengubah energi, yang mana itu terjadi dengan cara mengubah energi listrik menjadi energi panas dan rotasi. Memahami perbedaan antara beban motor dan kecepatan motor pada pompa celup tentunya sangat penting. Itu karena beban dan kecepatan dapat mempengaruhi konsumsi energi motor yang ada pada pompa celup.


Kurangi Keausan Pada Mesin Pompa Celup

Ketika motor listrik pada pompa celup mulai diketahui banyak keausan, yang mana itu terjadi karena arus dan gaya awal yang kuat, maka jelas itu dapat memberikan banyak tekanan pada sistem mekanik dan listrik yang ada pada pompa celup. Oleh karena itu, Soft Starter harus digunakan di semua aplikasi berkecepatan tetap untuk mengurangi dampak negatif, yang juga akan meningkatkan masa pakai dari pompa celup.


Mengurangi Getaran Pada Pompa Celup

Nyatanya getaran yang berlebih pada pompa celup dapat mengakibatkan pompa celup boros dalam daya yang dikeluarkan, oleh karena itu penting sekali untuk mengurangi getaran pada pompa celup. Nah pompa celup cenderung akan memiliki getaran kuat, apabila permukaan letak pompa yang tidak rata. Maka dari itu, coba ratakan peletakan tempat pompa celup, sehingga dengan begitu maka pompa celup bisa menghemat dayanya.


Rutin Melakukan Maintenance

Pompa celup yang tidak pernah dirawat, pastinya bisa memungkinkan pompa tersebut akan boros dalam mengeluarkan dayanya. Maka dari itu, anda perlu melakukan pemeriksaan rutin, hingga maintenance pompa celup secara berkala dan rutin. Hal itu selain bisa menghemat daya dari pompa celup, hal tersebut juga dapat berpengaruh pada kondisi pompa celup yang bisa bertambah semakin awet.


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda dan juga yang lainnya dalam mengetahui cara menghemat daya dari pompa celup. Bilamana anda ingin memiliki pompa celup yang terbaik dan berkualitas, maka Tsurumi bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com