Cara Mengukur Tingkat Kebisingan Genset yang Perlu Anda Ketahui


Cara Mengukur Tingkat Kebisingan Genset yang Perlu Anda Ketahui

Mengetahui cara mengukur tingkat kebisingan genset sebenarnya gampang-gampang susah untuk dilakukan. Sehingga Anda pun bisa lebih memperkirakan mengenai seberapa besar tingkat gangguan yang akan dihasilkan oleh sebuah mesin genset saat beroperasi.


Pada umumnya, setiap genset akan mengeluarkan suara ketika dinyalakan untuk menghasilkan daya listrik. Tinggi rendahnya suara tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor termasuk salah satunya adalah kapasitas dari genset yang bersangkutan.


Kisaran Tingkat Kebisingan Mesin Genset Secara Umum


Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa setiap mesin genset umumnya mengeluarkan suara saat beroperasi. Sehingga bunyi dari mesin genset tersebut bisa saja menghasilkan tingkat kebisingan yang bisa mengganggu lingkungan sekitar.


Hingga saat ini terdapat berbagai macam jenis genset yang beredar di pasaran. Masing-masing genset memiliki tingkat kebisingan yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya.


Sebagai contoh, untuk mesin genset berjenis Open Type akan menimbulkan suara hingga intensitas 90 dB (decibel). Sedangkan untuk genset yang dilengkapi silent box bisa menghasilkan tingkat kebisingan hingga 70 dB.


Sementara itu, untuk genset model silent memiliki tingkat intensitas kebisingan suara yang lebih rendah yakni pada kisaran angka 60 dB. Hal ini disebabkan karena genset silent sudah dilengkapi dengan peredam suara.


Cara Mengukur Tingkat Kebisingan Genset Saat Digunakan


Tingkat kebisingan adalah ukuran luaran suara yang dihasilkan dari suatu aktivitas berupa penyalaan mesin genset. Secara umum, intensitas kebisingan ini dinyatakan dalam satuan dB (decibel). Semakin tinggi tingkat dB maka akan semakin bising juga polusi suara yang dihasilkan tersebut.


Pada dasarnya, ada beberapa cara mengukur tingkat kebisingan genset yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan.


1. Cara Mengukur Tingkat Kebisingan Genset Menggunakan Sound Level Meter

Salah satu cara yang paling mudah untuk mengukur tingkat kebisingan adalah menggunakan Sound Level Meter (SLM). Pengukuran menggunakan alat ini pun terbilang cukup akurat sehingga hasil yang didapatkan pun cukup bisa dipertanggung jawabkan.


Hingga saat ini terdapat dua jenis alat Sound Level Meter (SLM) yakni analog dan juga digital. Selain tingkat akurasi yang cukup baik, proses penggunaan alat ini pun terbilang cukup mudah. Meski terdapat dua versi alat, namun cara penggunaannya pun tidak jauh berbeda.


Jika ingin menggunakan Sound Level Meter maka Anda cukup melatakkan alat tersebut kira-kira setinggi telinga. Kemudian silakan mengarahkan mikrofon alat tersebut ke arah sumber suara (kira-kira membentuk sudut sebesar 70 derajat).


Kalau sudah maka Anda bisa langsung mengetahui tingkat kebisingan mesin genset tersebut. Jika menggunakan yang versi analog maka untuk membacanya Anda harus meraba alat tersebut sesuai dengan arah jarum jam.


Sementara itu jika menggunakan yang versi digital maka Anda hanya perlu membaca angka yang ditunjukkan pada alat tersebut. Angka yang terbaca pada layar Sound Level Meter menunjukkan tingkat kebisingan dari mesin tersebut.


2. Menggunakan Aplikasi Sound Meter

Cara berikutnya yang juga bisa Anda gunakan untuk mengukur tingkat kebisingan genset adalah menggunakan aplikasi Sound Meter. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di smartphone yang kini banyak menjamur.


Proses pengukuran tingkat kebisingan menggunakan aplikasi pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi aplikasi tersebut dan kemudian menggunakannya sesuai dengan petunjuk masing-masing aplikasi.


Itulah beberapa cara mengukur tingkat kebisingan genset yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang masih bingung mencari genset, langsung saja kunjungi Indah Jaya Groupdan dapatkan mesin berkualitas untuk kebutuhan aneka power generator.