top of page

Inilah Cara Mudah Untuk Merawat dan Maintenan Genset Besar Secara Berkala





Dianggap sebagai mesin yang dapat berperan memberikan energi listrik, Genset sebenarnya adalah mesin yang memang bisa memberikan listrik atau menggerakkan pembangkit listrik. Hal itu bisa terjadi karena Genset melakukannya melalui motor bakar pembakaran dalam. Nah Genset biasanya akan digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik atau mati lampu.


Dengan kegunaannya yang sangat bermanfaat di segala waktu atau tempat dalam memberikan daya listrik, maka Genset pun kini telah berinovasi dengan mempunyai banyak jenis dan juga ragamnya. Namun walau banyak jenis dan ragamnya, Genset pun tentunya memiliki perawatan yang berbeda dari Genset lainnya, seperti salah satunya adalah Genset besar. Nah bagaimana merawat Genset besar dengan benar? Tentunya itu bisa Anda ketahui di bawah ini!


Cara Mudah dan Benar dalam Merawat Atau Maintenance Genset Besar Secara Berkala

Layaknya Genset-Genset lain pada umumnya, Genset besar pun juga membutuhkan perawatan yang benar dan tentunya berkala. Nah hal itu agar Genset besar dapat terus bisa dimanfaatkan, alias bisa tahan lama atau awet, serta jauh dari potensi kerusakan. Oleh karena itu, Anda yang mempunyai Genset besar, maka penting sekali merawat Genset secara benar dan berkala sesuai yang ada di berikut ini.


  • Karena Genset besar adalah Genset dengan ukuran yang besar, maka Anda perlu waspada pada tempat menaruh Genset tersebut. Genset besar jangan Anda taruh di tempat yang sangat sempit, mengingat bentuknya yang besar berarti Genset tersebut juga memerlukan beberapa space longgar. Nah gunanya itu, tentunya bisa membuat hawa panas yang dikeluarkan Genset bisa teraliri, alias tidak stuck dekat dengan Genset, karena itu bisa membuat Genset mudah mengalami overheat.

  • Rutin dan berkala dalam menjaga kebersihan Genset besar. Seperti Anda harus rutin untuk membersihkan Genset dari segala kotoran, baik itu debu, oli atau bahan bakar yang terciprat, atau sebagainya. Selain membersihkan, Anda pun juga perlu membersihkan tempat menaruh Genset, alias jangan sampai basah atau lembab, atau terpapar langsung dengan sinar matahari.

  • Selalu membersihkan busi dan ganti secara berkala. Anda bisa melakukannya dengan cara memeriksa terlebih dahulu baut yang ada pada Genset, hal itu karena dengan banyaknya atau lamanya pemakaian, hal itu akan membuat busi mudah longgar terutama oleh getaran. Jadi Anda bisa ganti busi yang memang sudah harus diganti, atau bisa juga Anda ganti 1 tahun sekali tanpa harus menunggu datangnya masalah.

  • Memeriksa bahan bakar pada Genset besar juga penting dan harus Anda lakukan dengan benar serta berkala. Jadi apabila Genset memang tidak sering digunakan, maka Anda bisa periksa bahan bakar bensin yang ada pada generator selama kurun waktu tertentu, seperti enam bulan sekali atau sebagainya yang memang disarankan. Hal tersebut penting, sebab jika dibiarkan saja akan berkarat dan kehilangan efektivitasnya.

  • Anda juga perlu memeriksa bagian interval yang ada pada mesin Genset, hal tersebut berguna untuk Anda dalam memantau Genset besar tersebut. Kurun waktu dalam pemeriksaannya, Anda bisa gunakan waktu selama tiga bulan sekali untuk memastikan Genset masih bisa digunakan atau tidak.

Jadi itulah cara-cara untuk merawat Genset besar secara benar dan berkala, yang mana cara-cara diatas mudah untuk Anda tiru dan lakukan pada Genset besar Anda. Sekian dari kami, kiranya bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Apabila Anda ingin memiliki Genset, maka yang terbaik dan berkualitas rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page