Inilah Cara Merawat Genset Diesel yang Wajib Dilakukan Berkala



Merupakan mesin yang paling umum digandrungi banyak orang, mesin bahan bakar diesel adalah mesin yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan pembakaran bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Nah menariknya, itupun tentunya tidak membuat mesin tersebut tidak menggunakan busi seperti mesin bensin atau mesin gas yang ada pada umumnya.


Mesin diesel pada umumnya memang cukup umum ditemukan di kendaraan-kendaraan besar, tetapi tidak hanya itu saja, diesel pun juga sebenarnya ada di Genset yang dinamakan sebagai Genset diesel. Nah walaupun mesin diesel terkena kuat dan bandel, tetapi bukan berarti mesin tersebut tidak perlu perawatan, karena layaknya mesin diesel lain, Genset diesel pun juga perlu dirawat. Cara merawat Genset diesel dengan benar dan berkala bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Cara Merawat Genset Diesel yang Benar dan Wajib Dilakukan Secara Berkala

Berikut adalah cara merawat Genset diesel yang benar, yang mana cara-cara yang kami berikan perlu dilakukan secara berkala. Hal itu karena bisa berpengaruh baik bagi kondisi mesin Genset diesel, seperti jauh dari kerusakan, awet, ataupun tahan lama dan keuntungan lain sebagainya.


  • Rutin dan berkala dalam melakukan pemanasan pada Genset. Hal itu karena bisa memungkinkan mesin Genset diesel nantinya akan terus bergerak baik dan tentunya lebih handal untuk kedepannya.

  • Memeriksa bahan bakar Genset, begitu juga ruang bahan bakar. Seperti juga pada pemeriksaan filter alat bahan bakar mesin Genset diesel, yang mana itu harus dalam kondisi yang baik. Kemudian, pada jalur- jalur bahan bakar pastikan juga tidak bergesekan dengan benda apapun, hal itu karena jika ada maka akan menimbulkan kegagalan fungsi. Saran dari kami, apabila Anda menemukan adanya keretakan atau lecet pada fitting, maka Anda harus segera perbaiki itu.

  • Kemudian ada juga pemeriksaan pada indikator mesin, yaitu seperti memeriksa tekanan oli dan suhu radiator. Selain itu, Anda juga bisa untuk memeriksa performa mesin Genset diesel saat bekerja, dengan mendengarkan bunyi mesinnya. Nah apabila ada ditemukan masalah, maka itu akan mudah Anda ketahui.

  • Lalu apabila ada terjadi kegagalan pembakaran (misfires), seperti getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, dan peningkatan konsumsi oli atau bahan bakar. Maka Anda seperti harus segera memperbaikinya dengan benar, seperti memanggil mekanik atau yang ahli.

  • Anda juga perlu untuk melakukan pemeriksaan sistem kontrol. Hal itu karena pemeriksaan tersebut bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban. Caranya Anda bisa lakukan pemeriksaan secara teratur dan pastikan log data yang benar selama pemanasan mesin Genset. Lalu pastikan juga Anda untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automatic standby atau Auto.

  • Memeriksa tingkatan level oli pada mesin Genset, terutama saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel. Anda perlu jaga level oli sedekat mungkin dengan full pada dipstick, yaitu dengan menambahkan oli yang berkualitas dan merek yang sama. Setelah itu, maka Anda bisa mematikan mesin dan tunggu sekitar 10 menit untuk pembacaan yang akurat.

  • Agar terhindar dari kerusakan sirip-sirip pendingin (radiator fin) pada mesin Genset diesel, maka Anda perlu memeriksa sistem pendinginnya. Caranya, Anda bisa menggunakan kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator.

  • Kemudian ada juga perawatan sistem pendingin yang dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin (coolant). Namun itu harus dalam keadaan mesin tidak menyala.

  • Sama dengan Genset lainnya, merawat Genset diesel juga perlu menjaga kebersihannya. Seperti fisik Genset ataupun tempat menaruh Genset yang sesuai.

Jadi itulah cara merawat Genset diesel dengan benar dan dapat dilakukan secara berkala. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah Anda yang ingin memiliki Genset diesel atau Genset lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com