Inilah Cara Untuk Merawat Serta Maintenance Genset Silent dengan Mudah



Ketika terjadi mati lampu atau pemadaman listrik yang tidak diharapkan, maka salah satu cara yang terbaik untuk mengatasi masalah itu adalah dengan mengandalkan Genset. Tentunya dengan adanya Genset, maka segala kebutuhan yang membutuhkan listrik dapat terpenuhi meskipun sedang dalam keadaan mati lampu. Namun sayang, Genset tidak direkomendasikan digunakan pada malam hari, hal itu karena Genset cenderung berisik ketika digunakan.


Genset memang terkenal berisik, tetapi tidak dengan Genset silent. Sesuai namanya, Genset silent adalah Genset yang dilengkapi dengan kanopi untuk meredam suaranya, sehingga dengan begitu maka Genset tersebut memiliki keunggulan dibandingkan dari tipe Genset open. Tetapi layaknya sama dengan yang jenis open, Genset silent juga memiliki kemiripan dengan open, yaitu Genset yang harus dirawat. Nah cara benar merawat Genset silent bisa anda ketahui di bawah ini!


Inilah Cara Untuk Merawat atau Maintenance Genset Silent dengan Benar dan Mudah

Berikut adalah cara merawat Genset silent, yang mana cara-cara tersebut dapat berdampak bagi Genset silent, yaitu tidak mudah rusak hingga awet serta tahan lama.


  • Meletakan Genset silent di ruangan yang tepat, yang mana Genset silent bisa diletakan di tempat yang kering jauh dari kelembaban. Jadi walaupun Genset silent dilengkapi dengan kanopi, tetapi itu tidak menutup kemungkinan jika Genset tersebut akan terkena korosi atau karat dari udara ruangan yang tidak baik.

  • Tidak hanya tempat yang tepat, tetapi posisi Genset silent juga harus datar alias tidak miring. Nah hal itu agar Genset dapat beroperasi dengan optimal, dikarenakan bahan bakar, oli, dan cairan sebagainya tidak miring ke kiri atau kanan.

  • Rajin dan berkala membersihkan Genset silent. Karena sekali lagi, walau ada penutup pada Genset silent, tetapi itu tidak menjanjikan bahwa debu tidak akan datang. Nah debu atau kotoran yang menempel pada Genset silent atau pada tutupnya, tentunya bisa berkemungkinan akan merembet pada Genset. Sehingga jika dibiarkan akan membuat Genset semakin kotor dan akan menimbulkan masalah.

  • Selalu melakukan pemeriksaan rutin, hal itu guna mencari atau memeriksa segalanya dari Genset silent. Contohnya seperti air aki, bahan bakar, oli, dan sebagainya yang harus ada dalam kondisi yang tepat dan sesuai, hingga penggantian yang sesuai dengan waktu yang ditentukan.

  • Meski tidak digunakan, tetapi sebagai pemilik Genset silent, tentunya diperlukan pemanasan pada Genset silent. Baik itu seminggu 2 kali atau lebih, tentunya memanaskan Genset secara rutin dapat membuat mesin Genset dapat bekerja lebih optimal lebih baik lagi.

  • Selalu memastikan kabel-kabel pada Genset terawat dengan benar. Contohnya seperti kabel yang tidak melilit, ataupun tidak terkena bahan-bahan yang dapat membuat kabel pada Genset rusak atau putus.

  • Rutin melakukan pelumasan pada Genset, hal itu guna menjaga sistem pengoperasian Genset dan juga suhunya. Namun, pelumasan pada Genset juga harus menggunakan pelumas yang benar, seperti kadar atau level dari pelumas yang digunakan.

  • Lakukan pemeriksaan hingga merawat sistem pendingin pada Genset silent. Hal itu karena Genset yang sering digunakan akan mengalami pemanasan pada setiap perangkatnya, sehingga dengan begitu maka diperlukan adanya sistem pendingin pada Genset agar dapat menjaga suhu Genset tetap optimal dan tidak menimbulkan kerusakan pada Genset.


Nah itulah beberapa cara dari kami mengenai cara yang benar dalam merawat atau maintenance Genset silent dengan benar dan mudah. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan Genset silent ataupun Genset jenis lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami ada pada produk Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com