Simak Beberapa Cara Merawat Genset Turbin Agar Selalu Awet dan Prima



Turbin merupakan suatu mesin berputar yang mengambil energi dari aliran fluida. Ciri turbin, yaitu ia memiliki satu bagian yang bergerak berupa assembly rotor-blade. Kemudian fluida yang bergerak menjadikan baling-baling berputar dan menghasilkan energi untuk menggerakkan rotor, contohnya seperti yang ada di kincir angin atau roda air. Nah tidak hanya ada pada alat yang bisa berputar saja, melainkan mesin tersebut ada pada Genset.


Genset yang menggunakan mesin turbin adalah Genset turbin, yang mana itu adalah salah satu jenis Genset, dengan perbedaannya menggunakan penggerak turbin, yang mana turbin tersebut biasanya akan digerakkan dengan berbagai sumber daya yang ada. Namun layaknya Genset-Genset lainnya, Genset jenis turbin pun juga perlu dirawat sedemikian rupa, dimana informasi cara merawatnya bisa Anda ketahui di artikel ini!

Inilah Beberapa Cara Merawat Genset Turbin Agar Selalu Awet dan Prima

Genset turbin merupakan salah satu jenis Genset yang ciri jelasnya adalah dengan menggunakan penggerak turbin yang digerakkan dengan berbagai sumber daya yang ada. Nah jadi dengan demikian, maka jelas Genset turbin juga perlu dirawat sama dengan Genset-Genset lainnya. Namun perawatan pada Genset turbin cenderung berbeda dengan beberapa Genset pada umumnya. Nah berikut ini adalah cara merawat Genset turbin yang benar agar ia selalu awet dan prima:


  • Menjaga kebersihan Genset turbin, yaitu dengan selalu membersihkannya jika kotor. Namun tidak hanya itu saja, penempatan Genset turbin juga perlu diperhatikan, karena tempat yang baik adalah tempat yang tidak kotor apalagi basah atau lembab. Hal itu karena jika demikian, maka Genset turbin bisa mengalami korosi dengan cepat yang dapat berakibat pada kerusakan atau operasional Genset yang tidak bekerja secara maksimal.

  • Layaknya Genset lainnya, Genset turbin juga perlu dilakukan pemeriksaan tetapi khusus untuk turbin. Nah sama dengan beberapa mesin turbin lainnya juga, Genset turbin juga perlu melakukan cek vibrasi turbin. Pemeriksaannya bisa minimal sekali setahun sekitar 8000 jam dari operasional mesin. Lalu turbine vibration yang dilakukan sekali dalam dua tahun atau selama 16000 jam dari operasional mesin, dan disertai dengan inspeksi serius atau overhaul yang dilakukan setiap empat tahun atau jam kerja sekitar 32000 jam dari operasional mesin Genset.

  • Genset turbin juga perlu melakukan pengukuran pada suhu tekanan pada turbinnya, yang mana itu termasuk dengan mengawasi nozzle dengan evaluasi data. Lalu adanya juga pengawasan kondisi minyak pelumas serta bantalan (bearing), dan pengontrolan rotor serta komponen-komponen mesin Genset turbin.

  • Rutin dan berkala melumasi mesin Genset turbin dengan pelumas yang terbaik dan khusus. Hal itu guna membuat kinerja Genset turbin akan selalu optimal serta jauh kemungkinan adanya kerusakan komponen dalam mesin.

  • Jika ditemukan beberapa komponen yang rusak pada Genset turbin, maka alangkah lebih baiknya Anda mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Hal itu karena memang kerusakan tersebut bisa dijadikan sebuah tanda, bahwa memang komponen tersebut sudah waktunya untuk diganti.

  • Tidak menggunakan Genset turbin dengan minim pengetahuan cara pakainya. Karena layaknya mesin-mesin lain, jika pemakai tidak benar-benar mengetahui cara menggunakannya, maka layaknya mesin Genset turbin pun juga nantinya akan mengalami kerusakan.


Nah jadi itulah beberapa cara merawat Genset turbin dengan benar, hal itu agar Genset turbin bisa awet dan prima. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com