top of page

Yuk Simak Cara Merawat Genset Untuk Las Agar Selalu Awet



Las merupakan penyambungan besi dan sebagainya, dengan cara membakarnya. Nah pengelasan jelasnya adalah proses fabrikasi logam, termoplastik, atau semacamnya yang berupa penggabungan dua benda dari bahan-bahan tersebut dengan cara melelehkan ujung kedua benda bersama-sama menggunakan panas tinggi, lalu kemudian membiarkannya menjadi dingin sehingga kedua ujung tersebut menyatu.


Nah dalam proses pengelasan, tentunya mesin-mesin atau alat las membutuhkan energi listrik, sehingga tanpa daya tersebut las tidak akan bisa digunakan. Namun karena adanya Genset, maka las bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, hal itu karena Genset akan berperan menjadi daya listrik bagi alat-alat las. Tetapi Genset yang digunakan untuk las perlu dirawat agar bisa terus bermanfaat, dimana caranya bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Cara Merawat Genset Untuk Las Agar Selalu Bisa Awet dan Tahan Lama

Agar Genset yang digunakan untuk las dapat awet dan tahan lama atau jauh dari kerusakan, maka tentunya Genset tersebut perlu dirawat sedemikian rupa agar Genset yang digunakan las bisa terus bermanfaat serta jauh dari potensi kerusakan. Nah untuk itu maka cara merawat Genset untuk las terbaik bisa Anda semua ketahui yang ada di berikut ini, yang mana cara-cara kami bisa Anda contoh atau bahkan lakukan secara rutin bagi Genset yang digunakan untuk proses las.


  • Menempatkan Genset pada tempat yang tepat, karena Genset yang ditaruh sembarangan untuk proses las hanya akan membuat potensi besar bagi Genset untuk semakin rusak atau berbahaya. Contohnya, jika Genset ditaruh di tempat yang dekat dengan proses welding, maka cipratan api dari las bisa terkena langsung ke mesin Genset, yang mana akan berbahaya bisa membuat Genset mudah terbakar.

  • Masih soal penempatan Genset untuk las, tentunya tempat yang terbaik dalam menaruh Genset untuk las adalah di tempat yang tidak memiliki suhu panas ekstrim atau tidak basah dan lembab. Hal itu karena suhu panas bisa membuat Genset mudah overheat, lalu tempat basah dan lembab bisa membuat Genset mudah terkena korosi.

  • Selalu rutin atau berkala dalam mengganti pelumas pada Genset. Hal itu karena oli untuk pelumasan pada Genset berguna dalam membantu memindahkan panas, melakukan pendinginan, dan pencegahan karat pada mesin. Jadi dengan demikian, maka oli bertujuan untuk menghindari panas serta keausan pada bagian yang ada di Genset, hal itu karena nantinya bisa mempengaruhi performa Genset untuk proses las.

  • Selalu ganti sparepart pada Genset yang digunakan untuk proses las. Hal itu karena Genset yang digunakan apalagi dalam waktu lama untuk mengelas, tentunya akan membuat beberapa komponen memiliki usia yang pendek atau rentan rusak. Jadi alih-alih memperbaiki komponen rusak, komponen tersebut lebih baik diganti dengan yang baru.

  • Selalu memeriksa sistem kontrol, dikarenakan pemeriksaan sistem kontrol bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban, terutama bagi Genset yang digunakan untuk las. Anda perlu lakukan pemeriksaan secara teratur dan juga harus selalu pastikan log data yang benar selama pemanasan mesin Genset. Kemudian, Anda juga jangan lupa untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal.

Nah jadi itulah cara-cara merawat Genset yang digunakan dalam proses pengelasan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, terutama untuk proses las, maka rekomendasi dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page