Informasi Lengkap Tentang Cara Merawat Genset Untuk Supermarket



Banyak orang awam mengira bahwa genset hanya bisa digunakan untuk menghidupkan penerangan yang mati akibat adanya pemadaman listrik. Nyatanya genset tidak hanya berguna untuk penerangan saja. Berbagai alat dan perangkat elektronik yang membutuhkan sumber daya listrik juga bisa dioperasikan dengan menggunakan sumber daya dari genset. Anda tertarik memasang genset untuk usaha seperti supermarket? Kami bantu informasikan beberapa cara merawat genset tersebut.

Cara Merawat Genset untuk Supermarket

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tentu saja di era industry ini kita perlu berbelanja ke pasar atau supermarket. Tidak banyak lagi orang yang bisa membuat sendiri kebutuhan mereka, mungkin hanya sekedar mengolah bahan menjadi makanan jadi. Supermarket adalah lembaga perniagaan eceran, yang menjual berbagai macam barang yang dikelompokkan kedalam bagian-bagian yang diatur dengan teliti untuk mencapai tujuan. Supermarket memiliki ukuran yang lebih besar dari minimarket tapi lebih kecil dari hypermarket, atau memiliki ukuran sedang (1.000m2 s/d 4.999m2). karena ukuran nya inilah supermarket membutuhkan banyak karyawan. Tak hanya karyawan, namun juga ukuran supermarket yang besar tersebut juga membutuhkan listrik yang memadai.


Genset adalah solusi terbaik untuk mencegah adanya listrik padam ketika PLN mematikan listrik secara tiba-tiba, terutama untuk gedung-gedung besar seperti supermarket. Namun memilih genset juga tidak boleh sembarangan. Genset yang digunakan untuk sebuah usaha besar haruslah memiliki kualitas baik dan awet. Contohnya dengan genset dari Jepang yaitu Tenka. Seluruh produk Genset Tenka terutama TH Series sudah menggunakan mesin dari Honda yang dimana sudah melewati uji verifikasi sesuai standar yang ditetapkan oleh Honda Motor. Ada beberapa tipe genset Tenka, seperti genset open, genset silent, dan genset daya besar. Demi menjamin kualitas, genset Tenka menggunakan komponen-komponen terbaik di kelasnya. Hal ini juga demi memastikan Genset Tenka awet dan tahan lama. Anda bisa mencari detail informasinya melalui tautan ini.


Mengenai cara merawat genset yang digunakan untuk supermarket ada beberapa cara sebagai berikut:

  1. Agar genset bisa tetap bekerja dengan optimal tanpa gangguan. Tempatkan genset di lokasi yang kering.

  2. Ganti spare part yang usang jika telah digunakan dalam jangka waktu yang lama, genset akan termakan usia sehingga menyebabkan genset tidak bisa bekerja dengan optimal. Untuk mengetahui Komponen komponen Genset apa saja dan kapan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti Bagian tersebut, maka anda dapat mengetahuinya dengan membaca buku panduan yang tersedia ketika membeli Genset tersebut.

  3. Operasikan genset di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Pengoperasian genset di dalam ruangan haruslah memperhatikan sirkulasi udara pada ruangan tersebut. Hal tersebut bertujuan agar gas buang dari sisa pembakaran genset yang keluar dari knalpot dapat terbuang dengan baik.

  4. Periksa oli mesin pada genset secara berkala. Oli mesin pada genset merupakan perlengkapan yang sangat penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, harus dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan oli genset tidak berkurang atau terisi dalam jumlah yang sesuai dengan pemakaian yang benar. Ganti oli genset Anda jika sudah terlihat hitam (keruh), atau bila oli sudah berkurang dari kadar normalnya. Biasanya, penggantian oli pada mesin genset dilakukan setiap 6 bulan sekali, atau jika kondisi oli sudah tidak normal.

  5. Periksa bahan bakar, karena bahan bakar merupakan hal penting yang patut di perhatikan sebelum menggunakan Mesin Genset itu sendiri, karena dengan bahan bakar yang tidak mencukupi / tidak tepat, maka genset mudah rusak karena mengalami kekeringan.

  6. Panaskan genset secara rutin. Sama halnya dengan mesin sepeda motor atau mobil, mesin genset harus dipanaskan secara rutin meski tidak sedang digunakan.

Itu dia beberapa tips dan informasi mengenai cara merawat genset untuk supermarket. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan informasi ini melalui media sosial anda juga.