top of page

Cara Merawat Impeller Pada Pompa Celup Agar Tidak Cepat Rusak



Pada pompa air dan juga pompa celup, terdapat beberapa komponen yang saling terkait untuk dapat membuat pompa tersebut bekerja dengan benar dan sesuai dengan kegunaannya. Nah masing-masing komponen pada dasarnya penting dan sangat dibutuhkan pada sistem pompa, yang mana salah satunya itu adalah seperti komponen yang bernama Impeller. Tanpa Impeller, maka pompa celup pastinya tidak akan bisa memiliki daya untuk bekerja.


Hal itu bisa terjadi, karena memang Impeller itu adalah komponen pompa celup yang bisa mengubah energi mekanik, yang nantinya itu akan diteruskan ke daya pompa celup untuk bekerja. Oleh karena itu, dengan kegunaan atau fungsinya yang penting, maka Impeller pada pompa celup perlu dirawat agar tidak cepat rusak. Nah cara merawatnya pun harus benar, yang mana cara-cara benarnya adalah seperti yang ada di artikel ini!


Cara Merawat Impeller Pompa Celup dengan Benar dan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Pengertian Impeller pada Pompa Celup

Impeller yang ada pada pompa celup, adalah komponen yang memiliki bentuk seperti piringan berongga dengan sudut-sudut melengkung di dalamnya. Nah komponen tersebut tentunya akan biasa dipasang pada poros yang digerakkan oleh motor listrik, mesin uap atau turbin uap. Pada bagian samping dari Impeller akan dekat dengan poros, yang mana itu dihubungkan dengan saluran isap, kemudian cairan masuk ke dalam Impeller yang nantinya akan berputar melalui saluran tersebut.


Gerakan berputar dari Impeller akan membuat cairan yang terdapat pada bagian tersebut ikut berputar, yang mana itu akibat adanya gaya sentrifugal yang terjadi, seperti air didesak keluar menjauhi pusat, lalu masuk dalam ruangan antara keliling Impeller bagian luar dan rumah pompa, yang menuju ke saluran keluar. Kemudian adanya baling-baling pada Impeller tentunya itu bisa meneruskan energi kinetik ke cairan, sehingga dengan begitu maka bisa menyebabkan cairan tersebut berputar. Nah cairan yang meninggalkan Impeller pada dasarnya sudah memiliki kecepatan yang cukup tinggi.


Inilah Cara Merawat Impeller Pompa Celup yang Bisa Ditiru

Dengan melihat bahwa betapa pentingnya dan berharganya Impeller yang ada pada pompa celup, maka tentunya komponen tersebut harus dirawat dengan benar dan tepat. Nah cara perawatannya, Anda semua bisa ikuti yang ada di berikut ini:

  • Nah karena Impeller biasanya terbuat dari perunggu, polikarbonat, besi tuang atau stainless steel. Maka kinerja pompa celup akan tergantung pada jenis impellernya, sehingga dengan begitu maka penting sekali untuk memilih rancangan yang cocok pada Impeller, serta yang paling penting juga harus mendapatkan impeller yang memang sudah dalam kondisi yang baik.

  • Cara merawat dengan benar Impeller pada pompa celup, yaitu harus mengkondisikan Impeller dalam keadaan bersih. Hal itu karena pada umumnya, Impeller akan sangat mudah kotor jika sering digunakan, terutama dalam jangka waktu yang lama. Jadi jangan sampai Impeller memiliki kotoran yang menumpuk, hal itu karena akan berdampak pada putaran Impeller yang terganggu.

  • Selalu memperhatikan komponen lain yang ada pada ruang Impeller. Jadi jika ada komponen rusak atau memang sudah waktunya untuk diganti, maka segeralah ganti komponen tersebut. Hal itu penting, karena jika tidak dilakukan maka Impeller pada pompa celup akan mengalami malfungsi yang menyebabkan kerusakan.

Jadi itulah cara merawat Impeller pompa celup agar selalu awet dan tidak mudah rusak. Sekian dari kami, semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda semuanya. Nah bilamana Anda tertarik ingin memiliki pompa celup terbaik dan berkualitas serta dilengkapi dengan Impeller terbaik, maka rekomendasi kami adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page