top of page

Inilah Cara Merawat Jack Stand Agar Selalu Awet dan Kuat Saat Digunakan



Jack Stand adalah alat yang dapat dipergunakan untuk menopang beban kendaraan yang telah terangkat oleh dongkrak, yang mana Jackstand sendiri memang dapat menjamin kendaraan menjadi lebih aman saat terangkat oleh dongkrak. Jadi dengan begitu maka kendaraan yang terangkat tidak harus terus terangkat oleh dongkrak, karena ada Jack Stand yang akan berperan menyanggah beban kendaraan untuk tetap terangkat.


Nah karena berperan penting dalam banyak keadaan, seperti untuk mengganti ban, roda, atau bahkan memeriksa rem, maka Jack Stand sangat diperlukan ada di beberapa sektor. Selain itu, Jack Stand juga tentunya perlu dirawat sedemikian rupa, hal itu agar Jack Stand bisa selalu awet serta selalu kuat ketika digunakan. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara merawat Jack Stand dengan benar, maka simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Merawat Jack Stand Agar Selalu Awet dan Kuat Ketika Digunakan

Rutin dan Berkala Melumasi Poros Pada Jack Stand

Jack Stand pada dasarnya adalah alat untuk menyanggah kendaraan agar tetap bisa terangkat oleh dongkrak. Nah tentunya itu dapat terjadi karena memang Jack Stand memiliki poros penggerak yang dapat terangkat, alias tube atau penopangnya. Oleh karena itu, maka pastinya pada poros tersebut harus dilumasi dengan pelumas yang memang benar dan terbaik, sehingga poros tersebut tidak macet atau seret ketika mau digunakan. Selain pada penyangganya, tentunya pada komponen lain juga boleh untuk dilumasi. Contohnya pada bagian pin pengunci, control lever, hingga base atau kaki-kakinya.


Menjaga Kebersihan dari Jack Stand dengan Benar

Penggunaan Jack Stand memang cenderung tidak mudah kotor, karena ia hanya memiliki pengerjaan berupa sebagai penyanggah. Tapi ada kemungkinan juga Jack Stand bisa menjadi kotor, seperti kendaraan yang diangkat adalah kendaraan yang memang kotor pada bagian bawahnya, sehingga kotoran tersebut mengalir ke Jack Stand. Nah ketika itu Anda biarkan begitu saja tanpa dibersihkan dengan benar dan tepat, maka Jack Stand nantinya akan rusak. Kerusakan sepertinya mampet karena kotoran menghalangi laju poros, ataupun korosi yang menyebabkan Jack Stand macet atau bisa saja patah dengan sendirinya.


Selalu Menggunakan Jack Stand dengan Batas Normal

Nah tentunya menggunakan Jack Stand harus tahu cara penggunaannya, karena jika tidak begitu maka akan berbahaya bagi Anda atau apapun yang berada di dekat Jack Stand itu sendiri. Selain harus tahu cara penggunaannya, ada lagi yang juga harus Anda ingat. Yaitu batas berat dari Jack Stand itu sendiri, yang mana pastinya batasan normalnya bisa Anda ketahui di bagian pada Jack Stand karena memang biasanya itu tertera disitu.


Menempatkan Jack Stand Pada Tempat Seharusnya

Baik itu selesai digunakan atau tidak sedang digunakan, maka penempatan Jack Stand harus sesuai tepat, alias bersih dan juga memang aman. Itu karena, jika Jack Stand ditaruh di tempat yang sembarangan, alias kotor atau basah, maka itu akan menimbulkan reaksi korosi. Kemudian jika ditaruh di tempat yang memang mengganggu aktivitas lainnya, maka Jack Stand bisa membahayakan orang lain atau sekitarnya, atau bisa juga merusak fisik dari Jack Stand itu sendiri.


Jadi itulah cara dari kami, mengenai cara yang tepat dan benar dalam merawat Jack Stand agar ia awet serta selalu kuat ketika digunakan. Kiranya artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah jika Anda ingin Jack Stand terbaik dan berkualitas, atau perkakas terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page