Beberapa Cara Merawat Jib Crane yang Harus Dilakukan Berkala



tentunya adalah salah satu jenis crane, yang mana ia berbentuk konstruksi hoist crane dengan hanya ada 1 tiang dan juga girder. Nah bentuk konstruksi tersebut mirip seperti huruf L terbalik, yang mana tumpuannya ada pada bagian bawah, sementara bagian horizontal ada pada bagian atas bersamaan dengan hoist nya.


Hoist yang ada pada jib crane mampu bergerak ke kiri, kanan, atas, dan bawah pada girder atau beam yang merupakan rail dari hoist tersebut. Lalu pada girder juga bisa digerakan beberapa derajat dan sering disebut dengan gerakan swing, baik dengan motor maupun manual. Lalu untuk perawatannya sendiri, jib crane memiliki cara perawatannya sendiri, yang mana itu bisa anda ketahui di bawah ini!


Beberapa Cara Merawat Jib Crane yang Harus Dilakukan Secara Berkala


Melakukan perawatan atau maintenance pada jib crane, tentunya perlu dilakukan dengan benar dan pastinya berkala. Hal itu karena dapat berdampak pada masa usia dari jib crane, begitu juga dengan lainnya dalam proses lifting. Jib crane yang tidak dirawat dengan benar atau berkala, maka jib crane tersebut lama kelamaan akan berpotensi rusak, hingga parahnya bisa menyebabkan kecelakaan kerja, seperti jib crane yang tiba-tiba saja tidak bergerak, rubuh, dan sebagainya yang negatif.


Oleh karena itu, penting sekali merawat jib crane dengan benar, sekaligus penting juga merawat jib crane dengan secara berkala. Nah cara merawat jib crane dengan benar dan juga berkala, semuanya bisa anda ketahui di berikut ini:

  • Sering melakukan pelumasan pada jib crane, baik itu pada rail dari hoist maupun girder pada jib crane. Hal itu agar tidak terjadi kemacetan yang dapat menghambat proses lifting dari jib crane, baik itu ke atas, bawah, atau kiri dan kanan. Nah pelumasan pada komponen jib crane juga perlu anda waspadai, yang mana tidak melumasi bagian jib crane yang masih ada kotoran. Sehingga yang pertama kali perlu dilakukan adalah pembersihan dari jib crane itu dulu.

  • Memperhatikan dan memposisikan kabel pada hoist, yang mana jangan sampai kabel dari hoist tidak berada pada jalur yang sebenarnya. Karena jika memang terjadi demikian, maka hoist akan terhenti karena lilitan kabel, atau mungkin kabel tersebut lama kelamaan bisa berpotensi putus hingga jib crane atau hoistnya tidak bisa digunakan.

  • Selain itu, ada juga pemeriksaan dan perawatan pada hoist di jib crane. Seperti melakukan pemeriksaan wire rope, girder, trolley, sistem elektrikal, panel, button, dan sebagainya yang ada pada hoist di jib crane.

  • Tidak memasang atau memposisikan jib crane di tempat yang dekat dengan genangan air, seperti air laut, kali, dan sebagainya yang kotor. Hal itu karena memang jib crane sebagai crane portable dapat berpotensi terkena korosi, sehingga hal itu akan membuat karat yang dapat memperlambat gerakan dari jib crane.

  • Menggunakan jib crane dengan lifting pada beban yang tidak melebihi batas kekuatannya. Karena jika terjadi demikian, maka jib crane tersebut lama kelamaan tumpuannya akan lepas, alias kalah dengan beban yang diangkat. Nah ketika itu terjadi, maka akan menyebabkan kecelakaan kerja yang merugikan siapa saja.

  • Selalu ganti part atau gunakan part yang asli, karena dengan begitu jib crane kedepannya tidak menimbulkan masalah dari part yang diganti tersebut.

Jadi itulah beberapa cara merawat jib crane dengan benar dan pastinya harus berkala. Semoga jadi manfaat untuk anda semua dalam mengetahui cara perawatan yang benar bagi jib crane. Nah jika anda tertarik dengan crane atau hoist, maka yang terbaik dan berkualitas bisa anda dapatkan di Elephant hoist and crane yang berada di IndahJaya.com