top of page

Yuk Simak Cara Merawat Kunci Inggris Agar Tidak Seret dan Enak Digunakan



Seperti namanya, kunci inggris sebenarnya bisa diartikan dalam bahasa inggris adalah “English Key”, yang mana itu memang dikenal sebagai kunci yang berasal atau ditemukan oleh insinyur asal Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842 yang lalu. Kemudian perkembangan di Indonesia sendiri dikarenakan Indonesia pernah dijajah Belanda, sehingga terjemahan perkakas tersebut telah beralih ke nama “kunci inggris”.


Salah satu kunci ini ternyata adalah salah satu kunci yang memang umum harus ada di bengkel, hal itu karena kunci ini berfungsi untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya, dimana itu dengan bantuan dari ulirnya. Nah agar penggunaannya tidak keras atau tidak seret, maka biasanya kunci ini harus dirawat, yang mana caranya seperti yang ada di bawah ini!


Inilah Cara Merawat Kunci Inggris Agar Tidak Seret dan Selalu Enak Untuk Digunakan

Rutin Melumasi Ulir Penyetel yang Ada Pada Kunci Inggris

Kunci inggris merupakan perkakas atau kunci yang dapat melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya. Nah keunikannya dari kunci inggris dalam melakukan itu, dikarenakan kunci inggris dilengkapi dengan rahang yang dapat disetel melalui ulir penyetelnya. Nah karena hal tersebutlah, maka jelas ulir penyetel yang ada pada kunci inggris perlu dilumasi agar ia tidak seret ketika disesuaikan. Namun tentunya selain ulir penyetel kunci inggris, ada juga beberapa komponen penggerak pada kunci inggris yang perlu dilumasi dengan benar.


Selalu Menggunakannya dengan Benar dan Tepat

Menggunakan kunci inggris yang salah dan tidak dianjurkan, jelas akan membuat kunci inggris tersebut akan rusak, seperti ulir penyetel yang seret, atau bahkan tidak prima hingga bisa mengalami komponen yang rusak. Jadi salah satu cara merawat kunci inggris dengan benar dan tepat, yaitu bisa juga dari penggunaannya yang tepat, dimana penggunaannya tidak boleh diluar dari penggunaannya yang sebenarnya, yaitu melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya.


Menjaga Kebersihan Kunci Inggris

Kunci inggris pada dasarnya akan digunakan pada pengerjaan yang beragam, alias ada pada pengerjaan yang bersih atau bisa saja pada pengerjaan yang melibatkan komponen yang memang kotor. Jadi ada baiknya jika kunci inggris yang kotor karena pengerjaannya itu perlu dibersihkan dengan benar dan tepat, hal itu agar kunci inggris tidak mengalami kerusakan atau malfungsi, seperti seretnya ulir penyetel ataupun bagian lain yang menjadi tidak prima.


Menempatkan Kunci Inggris Pada Tempat yang Sebenarnya

Kemudian agar kunci inggris tidak mengalami kerusakan fisik yang bisa menyebabkan ulir penyetel kunci inggris rusak atau mungkin bagian lainnya yang bisa menjadi cacat fisik. Maka penempatan kunci inggris harus tepat dan benar serta aman. Contohnya seperti tidak menaruh di tempat yang lembab yang bisa menimbulkan korosi, dimana korosi bisa menyebabkan kunci inggris akan menjadi seret dan tidak enak digunakan. Jadi dengan begitu maka ada baiknya kunci inggris di taruh di tempat yang sebenarnya, seperti di tempat perkakas atau Storage Tool Box, ataupun tempat lainnya yang memang bersih dan aman bagi kunci inggris itu sendiri.


Itulah cara-cara merawat kunci inggris agar ia tidak seret dan selalu enak untuk digunakan kapan saja dan dimana saja. Sekian artikel bermanfaat dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama teruntuk bagi Anda yang memang mempunyai kunci inggris. Bilamana Anda ingin memiliki kunci inggris atau perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page