top of page

Simak Cara Merawat Kunci Pas Agar Tidak Karatan dan Selalu Awet



Kunci dalam artian adalah perkakas atau alat yang umum ada di bengkel, merupakan suatu alat atau perkakas wajib yang perlu ada di sektor bengkel. Hal itu karena kunci dapat berguna dalam memasang atau bahkan melepas mur yang ada, baik itu terpasang atau tidak pada suatu objek tertentu. Tentunya perkakas kunci memiliki beberapa jenis yang bisa difungsikan pada kegunaannya, seperti salah satunya adalah kunci pas.


Kunci pas merupakan perkakas yang memang terbuat dari logam, dimana ia dibuat memang dikhususkan pada pemasangan atau pelepasan mur yang berbentuk segienam. Nah sama dengan kunci perkakas lain, tentunya kunci pas juga perlu dirawat, hal itu agar ia bisa selalu awet dan tahan lama, serta tetap prima dan juga tidak karatan. Untuk perawatan yang dapat memungkinkan itu terjadi pada kunci pas, tentunya itu bisa Anda ketahui di bawah ini!


Inilah Cara Merawat Kunci Pas dengan Benar Agar Tidak Karatan dan Bisa Selalu Awet

Selalu Rutin Membersihkannya dengan Benar

Kunci pas merupakan kunci atau perkakas yang bisa digunakan di beberapa pengerjaan yang pastinya melibatkan mur segi enam, baik itu membuka atau memasangnya. Nah tentunya tidak selalu pengerjaannya itu adalah pengerjaan yang bersih, karena bisa saja ada yang kotor, seperti pengerjaan di part kendaraan yang memang sudah kotor karena oli atau kotoran tanah ataupun lumpur. Jadi ada baiknya ketika sudah digunakan, kunci pas bisa dibersihkan dengan benar dan tepat, bahkan bisa dilakukan secara berkala atau rutin.


Menaruh Kunci Pas di Tempat yang Sebenarnya

Memang kunci pas itu keras karena terbuat dari logam, sehingga dengan begitu kunci pas banyak di taruh di tempat sembarangan karena memang kunci tersebut minim mengalami kerusakan fisik atau cacat fisik. Tapi jika memang kunci pas di taruh di tempat yang sembarangan apalagi kotor, maka tidak heran jika lama kelamaan kunci tersebut akan mengalami reaksi korosi atau karatan, sehingga ketika itu terjadi pada kunci pas maka kunci tersebut akan sangat sulit untuk digunakan. Jadi ada baiknya menaruh kunci pas di tempat yang sebenarnya, seperti di tool box perkakas, ataupun di tempat yang bersih dan aman bagi kunci pas itu sendiri.


Menggunakan Kunci Pas Sesuai dengan Fungsinya

Menggunakan kunci pas tentunya tidak boleh sembarangan, karena kunci pas dibuat untuk suatu tujuan tertentu, yaitu untuk membuka atau memasang mur berbentuk segi enam. Jadi jika ada pengerjaan kunci pas yang tidak sesuai dengan tujuannya, maka kunci tersebut bisa saja menjadi rusak. Rusak yang dimaksud adalah mengalami terkikisnya pada bagian mata kunci jika ia digunakan pada objek yang tidak tepat, atau parahnya bisa saja kunci pas akan mengalami patah pada bagian batangnya atau bagian lainnya.


Rutin dan Berkala dalam Melumasi Kunci Pas

Nyatanya kunci pas agar tidak mudah terkena korosi atau karat, ia pun juga harus rajin atau berkala dalam memberikan pelumas pada kunci tersebut, terutama pada bagian mata kunci itu. Nah hal itu perlu dilakukan, dikarenakan selain bisa mencegah atau membantu menghilangkan korosi, hal tersebut juga bisa membuat penggunaan kunci pas tetap prima dan bahkan presisi ketika digunakan.


Itulah artikel dari kami yang membahas cara merawat kunci pas agar awet serta tidak karatan. Semoga jadi manfaat untuk Anda semua, terutama bagi Anda yang memang memiliki kunci pas. Jika Anda ingin memiliki kunci pas atau perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


コメント


bottom of page