top of page

Inilah Cara Mudah Merawat Kunci Pipa Air Agar Awet Tahan Lama



Pipa adalah saluran berbentuk tabung atau selongsong bundar yang digunakan untuk mengalirkan cairan atau gas. Nah menariknya, ia memiliki kunci khusus untuk digunakan dalam pemasangan atau sebagainya pada pipa, kunci tersebut tentunya adalah kunci pipa. Kunci pipa air adalah kunci yang dapat digunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa atau logam bulat lainnya, yang mana itu dapat disetel sesuai ukuran pipa atau logam.


Sayangnya, kunci keras tersebut pada dasarnya juga bisa rusak juga, yang mana sebagian besar itu bisa berasal dari kesalahan para pemiliknya. Contoh kesalahannya, tentunya tidak melakukan perawatan yang benar pada kunci tersebut, sehingga tidak heran kunci pipa air mudah rusak. Agar tidak rusak dan awet, maka kunci pipa air perlu dirawat dengan benar, yaitu dengan cara merawat seperti yang akan kami jelaskan di artikel ini!


Inilah Cara yang Mudah dan Tepat atau Benar dalam Merawat Kunci Pipa Air

Selalu Membersihkan Kunci Pipa Air dengan Benar dan Tepat

Pada umumnya, kunci pipa air cenderung tidak mudah kotor, hal itu karena memang penggunaannya yang jauh dari berbagai kotoran. Namun meski begitu, kunci pipa air juga pada dasarnya ada kemungkinan kotor, baik itu dari air yang memang mengandung zat berbahaya, atau dari debu, dan lain sebagainya. Nah ketika sudah kotor, maka kunci pipa air dapat dibersihkan dengan segera, yaitu dengan cara yang memang benar dan tepat, tetapi juga harus secara hati-hati.


Menempatkan Kunci Pipa Air pada Tempat yang Memang Seharusnya

Kunci pipa juga akan mudah rusak jika kunci pipa air ditaruh di tempat yang tidak dianjurkan. Contohnya di tempat yang basah yang memang bisa memunculkan reaksi korosi, atau tempat yang memang rentan membuat kunci pipa jatuh yang bisa membuat kunci pipa mengalami cacat fisik hingga parahnya patah dengan sendirinya. Jadi ada baiknya kunci pipa air ditaruh di tempat yang memang seharusnya, seperti di tool box, ataupun tempat yang memang bersih, kering, dan juga aman bagi kunci pipa air itu sendiri.


Rutin atau Berkala Melumasi Ulir Penyetel dari Kunci Pipa Air

Pelumasan merupakan cara benar dalam merawat beberapa perkakas, terutama perkakas yang memang dilengkapi dengan sistem atau mekanisme bergerak khusus. Kunci pipa air adalah salah satu alat atau perkakas yang perlu dilumasi, tetapi bukan semua bagian melainkan hanya ada pada bagian ulir penyetel kunci tersebut. Tujuan dari pelumasan ulir penyetel pada kunci pipa air, tentunya itu dapat membuat ulir penyetel dapat dengan mudah disetel, alias tidak macet atau seret ketika ingin disetting.


Tidak Menggunakan Kunci Pipa Air Secara Kasar

Nah kunci pipa air adalah kunci yang memang terbuat dari bahan-bahan yang keras dan kuat, sehingga kemungkinan ia rusak atau terkikis akan sangat kecil. Tetapi jika penggunaannya salah atau tidak dalam batas normal alias menggunakan kunci pipa air dengan kasar, maka pastinya kelak kunci pipa air akan rusak. Jadi ada baiknya menggunakan kunci pipa sesuai batas normalnya, karena itu dijamin akan membuat kunci pipa air tidak mudah rusak.


Jadi begitulah cara-cara yang mudah dan juga tepat untuk merawat kunci pipa air agar ia selalu awet atau tahan lama. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah Anda yang sedang mencari perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas kami rekomendasikan Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page