top of page

Inilah Beragam Cara Merawat Kunci T Agar Tidak Mudah Karatan



Salah satu kunci yang paling cukup efektif dan efisien untuk digunakan adalah kunci T, hand tool yang memang tergolong dalam kelompok shock key atau kunci shock dengan bentuknya yang sangat mudah dikenali karena menyerupai huruf besar “T”. Nah ia sendiri memiliki kegunaan atau fungsi untuk melonggarkan dan mengencangkan baut, yang mana itu baut segi enam dengan jarak yang lumayan jauh.


Meski kunci T pada dasarnya adalah kunci yang tidak memiliki sistem mekanisme penggerak khusus, alias hanya terdiri dari 1 batang saja. Maka bukan berarti kunci tersebut tidak memerlukan perawatan khusus. Kunci T tentunya perlu dirawat, hal itu agar kunci T tidak rusak, seperti karatan atau rusak pada bagian lainnya. Nah cara merawat dengan benar kunci T bisa Anda ketahui di artikel ini. Maka dari itu silahkan simak selengkapnya!


Inilah Beragam Cara Merawat Kunci T Agar Tidak Mudah Rusak atau Karatan

Selalu Menjaga Kebersihan atau Rutin Membersihkannya

Salah satu faktor yang dapat memicu reaksi korosi atau karat, yaitu dari kotoran yang mungkin menempel terus pada benda yang dimaksud, alias bisa pada kunci T. Nah jika ada kunci T dalam keadaan kotor, maka kotoran tersebut pastinya akan memunculkan reaksi korosi atau karat. Maka dari itu tentunya penting sekali menjaga kebersihan dari kunci T, lalu jika sudah terlanjur kotor maka Anda dapat membersihkannya dengan sesuatu yang memang aman dalam membersihkan kunci perkakas.


Menempatkan Kunci T Pada Tempat yang Dianjurkan

Walaupun kunci T terbuat dari bahan yang keras, tetapi bukan berarti ia dapat diletakan dimana saja. Kunci T yang ditaruh di tempat yang sembarangan, maka itu akan memicu kunci tersebut mengalami kerusakan, baik dari kotoran yang menyebabkan karatan, atau mungkin malah bisa saja membahayakan orang lain. Nah saran kami, kunci T yang sudah digunakan atau tidak digunakan bisa ditaruh di tempat yang dianjurkan, seperti tool box, ataupun tempat yang memang bersih dan aman bagi kunci T.


Tidak Menggunakan Kunci T Diluar Penggunaannya yang Sebenarnya

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kunci T itu memiliki kegunaan atau fungsi untuk melonggarkan dan mengencangkan baut, yang mana itu baut segi enam dengan jarak yang lumayan jauh. Jadi jika ada pengerjaan di luar dari fungsi sesungguhnya dari kunci T, maka itu akan membuat kunci T lama-kelamaan akan rusak, seperti mata kunci yang terkikis, ataupun parahnya mengalami cacat fisik seperti patah atau sebagainya.


Lumasi Kunci T Secara Berkala

Nah karena pada dasarnya penggunaan kunci T itu berkaitan dengan komponen baut ataupun mur, maka ada baiknya kunci T itu dilumasi dengan pelumas yang benar dan memang terbaik. Nah selain bisa membuat kunci T mampu membuka baut atau mur yang keras, pelumas juga dapat membuat kunci T dapat bertahan atau tidak mudah terkena korosi.


Jadi itulah beragam cara dari kami mengenai cara merawat kunci T dengan benar agar tidak mudah rusak atau karatan. Kiranya artikel bermanfaat ini berguna untuk Anda semua, terutama dalam merawat kunci perkakas seperti kunci T. Nah apabila Anda tertarik dengan kunci T atau mungkin perkakas lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page