top of page

Cara Merawat Lift Mobil: Pedoman Pemeliharaan untuk Menjaga Keselamatan dan Kinerja



Elevator atau biasa kita sebut sebagai lift, merupakan angkutan transportasi vertikal dalam bangunan bertingkat yang digunakan untuk mengangkut orang atau juga barang tertentu. Tentunya lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi, yang mana alat tersebut adalah alternatif untuk naik ke tingkat atas selain menggunakan tangga atau eskalator. Sama seperti alat lain, lift pun juga perlu dirawat agar ia dapat tetap beroperasi dengan aman.


Faktanya, bukan hanya pada orang atau benda saja, kendaraan pun ternyata juga bisa dipindahkan dengan lift, tapi lift khusus yang pastinya bisa angkat dengan beban yang berat, serta juga dengan ukuran yang lebih besar. Lift yang digunakan untuk angkat mobil atau lift mobil, tentunya adalah lift yang juga harus dirawat dengan benar dan tepat. Karena jika tidak demikian maka lift tersebut pun bisa memicu hal-hal berbahaya yang memang akan merugikan.


Inilah Cara Merawat Lift Mobil dengan Benar dan Tepat agar Dia Menjadi Lift yang Aman


Agar tidak membahayakan atau merusak mobil, maka lift mobil pun dirawat dengan benar dan tepat. Tentunya itu agar lift mobil bisa terus digunakan secara lama, yang mana jauh dari kerusakan sehingga awet dan tahan lama. Oleh karena itu agar lift bisa digunakan secara terus menerus serta aman, maka lift mobil harus dirawat dengan pedoman yang ada di bawah ini!


Melakukan Pemeliharaan Secara Rutin atau Berkala pada Lift Mobil

Bukan hanya lift mobil, semua lift yang ada pun perlu Anda lakukan pemeliharaan secara rutin atau berkala. Pemeliharaan tersebut adalah dengan memeriksa setiap komponen pada lift mobil, begitu juga dengan komponen luar yang tidak terkait dengan lift mobil. Tujuannya, selain bisa memberikan performa yang prima, melakukan hal tersebut pun secara tidak langsung akan menjadikan lift mobil menjadi lift yang aman untuk digunakan.


Memperhatikan Sekring Lift Mobil

Kemudian pedoman berikutnya Anda bisa memeriksa Sekring/ Fuse. Jadi pastikan periksa semua sekring termasuk sekring induk, kemudian jangan sekali-sekali menggunakan sekring yang lebih besar dari aslinya dan juga jangan sekali-sekali menyambung sekering dengan kawat. Periksalah klip dan pastikan itu benar-benar kencang, yang kemudian dilanjutkan dengan kabel-kabelnya. Pemeriksaan yang masih berkaitan adalah dengan memeriksa terminal-terminal, lalu lanjutkan dengan kencangkan baut-baut yang kelihatan kendur. Tambahkan dengan periksa terminal-terminal pada tahanan, lalu kencangkan mur-murnya jika kelihatan kendur.


Memeriksa Motor Penggerak Lift Mobil

Motor penggerak pada lift mobil juga adalah bagian penting dari lift mobil, maka dari itu pastikan Anda memeriksanya dengan benar. Caranya Anda bisa periksa terminal-terminal sambungan kabel-kabel pada motor, lalu lanjutkan dengan periksa pelumasnya, yang mana tambah atau ganti jika memang diperlukan.


Menyesuaikan Cara Kerja Rem Motor Lift Mobil

Rem motor pada lift mobil harus berjalan sesuai dengan sistemnya, jadi pastikan penyetelan rem motor lift mobil Anda baik, itu karena dampaknya akan memberikan umur yang maximum pada peralatan rem. Tidak hanya rem motor, Anda juga perlu pastikan beberapa part atau komponen lain yang ada di rem motor lift mobil Anda. Lumasi jika memang ada poros penggerak tertentu yang karat atau korosi.


Memeriksa Roda Penggerak Lift Mobil

Cobalah Anda periksa roda penggerak lift mobil yang ada, terutama alurnya yang harus juga ikut diperiksa, begitu juga dengan baut-baut pengikatnya. Tidak berhenti disitu, Anda juga perlu berikan grease pada bearing-bearingnya, yang mana harus tidak ada yang terlewat di tahap pengecekkan rodanya.


Memperhatikan Governor Lift Mobil

Pastikan governor lift mobil Anda dalam kondisi yang baik, yang mana cara mengetahuinya adalah dengan memeriksa baut-baut dan nut-nutnya. Anda bisa kencangkan jika kendur, kemudian lumasi bagian-bagian yang perlu sesuai dengan kebutuhan dan jadwalnya. Segera ganti jika memang ada peralatan-peralatan yang aus dan juga saatnya diganti. Tambahkan dengan memastikan juga bahwa kabel bajanya harus dalam kondisi yang baik.


Jadi itulah segala cara merawat lift mobil agar bisa beroperasi dengan sesuai serta aman. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk menunjang perbaikan lift, maka perkakas yang kami rekomendasikan adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page