top of page

Cara Merawat dan Membersihkan Selang Toyox agar Tetap Awet dan Tahan Lama



Setiap benda atau alat merupakan sesuatu yang memang pastinya bisa berguna bagi manusia, baik dalam pekerjaan ataupun lain hal sebagainya. Namun walau memiliki kegunaan, alat atau benda pun memiliki masa pakai yang perlu diketahui, begitu juga dengan keadaan mereka yang perlu diperhatikan, yakni kebersihannya. Nah sesuatu alat atau benda yang kotor pastinya bisa menimbulkan masalah, seperti tidak awet dan tidak tahan lama.


Layaknya alat atau benda lain, selang termasuk juga alat yang perlu dijaga kebersihannya, itu agar selang yang digunakan tidak menimbulkan masalah, atau tidak berujung pada kerusakan yang bisa membuat selang tidak tahan lama. Salah satu selang terbaik seperti Toyox pun juga perlu dijaga kebersihannya. Oleh karena itu bagi Anda pemilik selang Toyox, maka Anda perlu tahu cara merawat dan juga cara membersihkan selang Toyox di bawah ini!


Inilah Cara Merawat dan Selang Toyox agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Menggulungnya dengan Benar

Selang merupakan benda atau alat yang bentuknya panjang dengan diameter tertentu. Nah jadi baik tidak digunakan atau setelah digunakan, selang seperti selang Toyox digulung dengan benar, alias tidak sembarangan melipat selang tersebut. Hal itu penting, karena jika selang tidak digulung dengan benar, maka selang dapat melintir atau menekuk tidak jelas, yang mana itu dapat mempengaruhi kinerjanya dalam mengalirkan fluida. Oleh karena itu, pastikan selang Toyox digulung dengan benar dan rapi agar masalah selang yang rusak fisik tidak terjadi.


Menyimpan Selang di Tempat yang Seharusnya

Layaknya alat atau benda lain, selang yang tidak ditempatkan di tempat seharusnya pun bisa memicu kerusakan. Contohnya jika selang Toyox ditaruh di tempat yang memang panas, atau banyak benda tajam, maka itu akan merusakan selang tersebut, yakni akan membuat selang bocor, melar, dan lain sebagainya yang merusakana fisik dari selang tersebut. Jadi dengan demikian, ada baiknya selang ditempatkan di tempat yang seharusnya, alias bersih, aman, dan juga tidak memicu kerusakan pada selang.


Menggunakan Selang Tidak Melebihi Batas Penggunaannya

Jangan Anda gunakan selang tidak sesuai dengan yang menjadi kekuatannya, karena itu akan membuat selang mudah rusak, tidak awet, serta tidak tahan lama. Walaupun selang seperti Toyox adalah selang terbaik dan berkualitas, tetapi jika selang tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya alias keluar dari penggunaannya yang sebenarnya, maka jangan heran jika selang Toyox akan dengan sendirinya rusak, baik itu cepat atau lama.


Selalu Rutin Menjaga Kebersihannya

Selang Toyox perlu dibersihkan, itu agar tidak ada lumut atau kotoran yang ada di selang tersebut, baik pada dalam selang atau fisik luar selang tersebut. Nah membersihkan selang perlu dilakukan secara rutin, begitu juga perlu dilakukan secara benar dan tepat.


Inilah Cara Membersihkan Selang Toyox agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Berikut adalah tahapan yang tepat untuk membersihkan selang Toyox agar bersih, yang mana itu agar selang Toyox dapat awet dan juga tahan lama:

  1. Ketika selang sudah digunakan, maka perhatikan Anda gunakan untuk apa. Jika selang Toyox Anda gunakan untuk air, maka ada baiknya setelah pakai dikeringkan saja. Namun berbeda jika selang Toyox digunakan untuk cairan tertentu, seperti minyak, limbah, atau sebagainya yang bisa menimbulkan bau atau kotor.

  2. Nah jika selang Toyox Anda telah gunakan untuk cairan yang kotor atau bau, maka segera bersihkan, yakni dengan cara pertama yaitu memberikan aliran air yang deras di selang Toyox tersebut. Hal itu agar objek atau material pada dalam selang bisa tersapu.

  3. Kemudian tidak berhenti disitu, Anda bisa membersihkannya lagi dengan menggunakan sabun khusus yang cocok untuk selang. Itu agar selang tidak berbau atau tidak menimbulkan lumut atau jamur dari selang yang kotor.

  4. Berikutnya setelah diberi sabun di luar atau dalam selang, maka alirkan air yang deras kembali pada dalam selang, begitu juga dengan bagian luar selang. Lakukan terus sampai sisa sabun tidak ada lagi.

  5. Kemudian keringkan dibawah sinar matahari agar selang kering dan tidak ada air lagi yang tersisa.


Jadi itulah cara merawat dan membersihkan selang Toyox dengan benar dan tepat agar ia awet dan tahan lama. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua para pemilik selang Toyox. Bilamana Anda ingin memiliki selang Toyox, maka Anda bisa mendapatkan yang terbaik dan berkualitas di IndahJaya.com


bottom of page