Informasi Lengkap Tentang Cara Merawat Monorail Secara Efektif



Monorail, bisa dibilang itu adalah salah satu jenis kendaraan yang sedang tren saat ini, baik itu di negara Jepang ataupun sekarang ada di negara Indonesia. Namun yang akan kami bahas di artikel ini bukanlah monorail dalam pengertian kendaraan umum berupa kereta, tetapi monorail berupa komponen yang ada pada suatu crane, dimana itu adalah salah satu yang terpenting bagi suatu crane.


Nah monorail crane merupakan bentuk konstruksi di mana tidak ada pergerakan dari girder. Jadi hanya ada satu rail saja atau beam tempat hoist bergerak, baik itu ke kiri dan ke kanan pada sepanjang rail atau beam tempat hoist menggantung. Tetapi bukan berarti perawatan pada komponen tersebut tidak penting, karena penting juga merawat monorail crane, yang mana caranya ada di bawah ini!


Informasi Lengkap Tentang Cara Merawat Monorail Crane Secara Efektif


Monorail pada crane jelas harus dirawat dengan benar, karena itu adalah salah satu bagian terpenting pada suatu crane. Bisa anda bayangkan, jika monorail tidak pada suatu jenis crane tertentu, maka jelas lifting untuk menggerakan ke kanan atau ke kiri tidak bisa dilakukan. Tetapi berbeda jika crane tersebut mengandalkan derek yang dapat menggerakan nya. Nah maka dari itu penting sekali merawat crane yang memiliki sistem lifting dengan mengandalkan pergerakan dari monorail.


Meski harus dirawat, tetapi bukan berarti monorail bisa dirawat dengan sembarangan. Dikarenakan monorail juga membutuhkan perawatan yang tepat dan efektif agar suatu crane dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk cara merawatnya dengan secara efektif, maka silahkan anda simak ulasan caranya di berikut ini:

  • Karena monorail pada suatu crane mengandalkan rel yang bisa menggerakan hoist ke kiri dan kanan, maka jelas rel pada monorail harus selalu dilumasi. Hal itu agar rel tersebut tidak macet yang dapat menyebabkan perpindahan proses lifting dapat terganggu. Tetapi jangan lupa juga, pelumasan pada rel di monorail juga harus sesuai, lalu jangan sampai juga ada partikel lain yang menghambat, seperti debu, kotoran, hingga batu kecil.

  • Tidak mencucinya dengan air, apalagi dengan sabun. Monorail yang kotor memang layak dibersihkan, tetapi bukan berarti ia dapat dibersihkan layaknya membersihkan baju. Nah jika memang ada yang melakukan itu, maka besar kemungkinan monorail akan basah dan lama kelamaan akan mengundang korosi atau karat, sehingga itu menyebabkan rel pada monorail terhambat alia macet.

  • Selalu memposisikan kabel pada hoist dengan benar, jangan sampai salah atau menggantung. Hal itu bisa membuat hoist yang bergerak pada monorail akan terhambat pada kabel yang melilit, sehingga dengan begitu hoist bisa saja rusak atau keluar jalur yang juga dapat membuat rusak monorail tersebut.

  • Tidak menggantung apapun pada jalur monorail, karena jika memang begitu maka kasusnya akan sama, yaitu macetnya hoist hingga hoist yang rusak dan juga monorail yang juga akan rusak.

Nah jadi itulah cara merawat monorail pada crane dengan benar dan juga efektif. Semoga bermanfaat bagi anda semua, terutama bisa menambah wawasan anda dalam menjaga serta merawat monorail pada crane yang mengandalkannya. Sekian dari kami, jika anda ingin mempunyai hoist dan crane terbaik serta berkualitas, maka Elephant hoist and crane adalah jawabannya. Mengenai Elephant hoist and crane, tentunya anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.