top of page

Simak Cara Merawat Obeng yang Benar dan Efektif Agar Selalu Prima Saat Digunakan



Obeng merupakan salah satu perkakas yang cukup paling populer dan diandalkan di banyak sektor, seperti di otomotif, kelistrikan, teknologi, dan lain sebagainya yang memang membutuhkan obeng dari segala jenis. Nah hal itu memang wajar, karena fungsi obeng yang bisa digunakan untuk mengencangkan, mengendurkan, melepas dan bahkan memasang segala jenis baut, mur, dan bahkan sekrup.


Namun setiap barang yang memiliki nilai guna, pastinya itu perlu dirawat dengan benar dan juga tepat. Hal itu agar barang tersebut bisa tetap awet serta tahan lama, yang mana itu pastinya akan selalu menguntungkan. Salah satu barang atau alat yang berguna dan harus dirawat dengan benar dan tepat adalah obeng, yaitu obeng dari segala jenis. Nah untuk mengetahui cara merawat obeng dengan benar dan tepat, maka simak yang ada di bawah ini!


Inilah Cara Merawat Obeng Secara Efektif dan Benar Agar Bisa Awet dan Juga Prima

Menggunakannya dengan Benar dan Tepat

Merawat perkakas apapun termasuk juga dengan obeng, pastinya yang harus dilakukan adalah dengan menggunakannya secara benar dan juga tepat. Maksudnya adalah tidak menggunakan obeng secara sembarangan atau salah. Contohnya selalu menggunakan obeng dengan jenis yang tepat dalam membuka atau memasang baut ataupun mur, lalu pastikan ukurannya tepat, begitu juga dengan tidak menggunakan obeng dengan cara yang kasar atau brutal. Nah hal itu apabila tidak dilakukan, maka obeng bisa rusak, seperti mata obeng yang slek, obeng bisa saja patah, dan kerugian lainnya pada obeng atau objek tertentu.


Tidak Menaruhnya di Tempat yang Salah

Obeng akan mudah rusak, apabila ia ditaruh di tempat yang sembarangan. Contohnya jika ditaruh di tempat yang basah maka obeng akan mengalami korosi, lalu obeng juga bisa membahayakan benda lain atau orang lain jika di taruh di tempat sembarangan, seperti tersandung obeng dan sebagainya yang memang bisa merusak fisik dari obeng. Nah maka dari itu, perkakas apapun seperti obeng perlu di taruh di tempat yang benar dan tepat, seperti di tempat Storage Tool Box, ataupun tempat sebagainya yang memang tidak merusakan obeng itu sendiri.


Selalu Rutin dan Benar dalam Membersihkannya

Perkakas seperti obeng memang perlu dibersihkan dengan benar dan pastinya rutin, hal itu karena memang obeng yang sering dipakai terutama pada sektor lingkungan yang kotor bisa membuat potensi kerusakan pada obeng menjadi sangat sangat besar. Jadi setelah menggunakan obeng, maka penting sekali obeng yang terkena kotoran perlu dibersihkannya dari kotorannya. Namun membersihkan obeng juga harus benar, karena salah satu cara tepat adalah menggunakan pelumas untuk perkakas.


Mengganti Komponen yang Rusak

Banyak orang diluar sana yang menganggap bahwa obeng hanya terdiri dari 1 komponen saja, padahal itu salah karena obeng pada dasarnya memiliki 3 komponen penting yang saling mendukung, yaitu ada mata obeng, batang obeng, hingga gagang obeng. Nah apabila ada salah satu yang tidak berfungsi, maka obeng akan sulit atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Maka dari itu jika ada satu komponen bermasalah, seperti gagang obeng, maka itu harus diganti dengan yang baru. Tetapi jika memang masalah ada pada mata obeng, tetapi obeng tersebut memiliki 3 bagian yang saling menyatu, maka cara terbaik adalah menggantinya dengan obeng yang baru.


Nah itulah cara merawat obeng yang benar dan efektif agar ia selalu awet atau tahan lama dan bahkan bisa prima ketika digunakan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda berniat memiliki atau mengganti obeng lama Anda dengan yang terbaik atau berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page