top of page

Yuk Simak Cara Merawat Obeng Pentalobe Agar Tidak Mudah Rusak



Hampir banyak orang atau mungkin Anda yang sepertinya kurang begitu mengetahui apa itu obeng pentalobe. Nah apa itu obeng pentalobe? Obeng pentalobe pada dasarnya adalah obeng, alias salah satu jenis obeng, yang mana ia sangat mirip dengan obeng pada umumnya, tetapi perbedaannya hanya pada mata obengnya saja. Mata obeng pentalobe adalah mata obeng yang menyerupai bentuk bintang.


Tentunya sama dengan obeng lain, obeng pentalobe dapat diandalkan untuk memasang atau melepas baut atau sekrup, tetapi itu harus sesuai dengan mata obeng serta kepala dari baut ataupun sekrup. Kemudian, sama juga dengan obeng lainnya, obeng pentalobe juga perlu dirawat dengan benar dan tepat, hal itu agar ia awet serta tidak mudah rusak. Nah bagi Anda yang ingin tahu cara merawat obeng pentalobe dengan benar, maka simak artikel ini!


Inilah Cara Merawat Obeng Pentalobe Agar Tidak Mudah Rusak

Simpan Selalu Obeng Pentalobe Pada Tempatnya

Perkakas seperti obeng dan juga jenis pentalobe, tentunya harus selalu disimpan ketika sudah digunakan, atau jika memang sudah tidak digunakan bisa menyimpannya dengan benar. Cara menyimpannya dengan benar tentunya mudah, yaitu Anda bisa menempatkan obeng pentalobe pada tempat yang seharusnya. Contohnya di tool box, atau di tempat yang bersih, kering dan aman. Atau bisa juga Anda membungkus obeng pentalobe dengan pembungkus yang memang bersih dan aman.


Menjaga Selalu Kebersihan Obeng Pentalobe

Sama dengan obeng lainnya, obeng pentalobe perlu sekali dijaga kebersihannya, seperti pada gagang obeng, mata obeng, dan juga batang obeng pentalobe. Nah karena jika obeng pentalobe kotor, maka kotoran tersebut lama-kelamaan akan membuat obeng tersebut mengalami reaksi korosi atau karatan. Sehingga obeng yang karatan bisa membuat ia sulit untuk digunakan. Jadi ada baiknya obeng dijaga kebersihannya, atau jika sudah kotor maka obeng perlu segera mungkin dibersihkan dengan benar dan tepat serta secara hati-hati.


Menggunakan Obeng Pentalobe dengan Penggunaan yang Sebenarnya

Obeng pentalobe pada dasarnya adalah obeng, yaitu obeng yang memang bisa digunakan untuk memasang, mengencangkan, melepas atau mengendorkan baut ataupun sekrup, yang mana itu sesuai dengan mata obeng pentalobe. Jadi jangan sampai Anda menggunakan obeng pentalobe diluar penggunaannya yang seperti itu, itu karena hanya akan berdampak buruk bagi obeng pentalobe yang akan menjadi rusak. Saran kami, jauhkan penggunaan yang memaksa, seperti menekan obeng terlalu keras, ataupun memutarnya dengan tidak searah yang benar, atau lain sebagainya dari penggunaan yang tidak normal.


Merawat 3 Komponen Penting Obeng Pentalobe

Perlu Anda ketahui, obeng pada dasarnya memiliki 3 komponen penting yang saling melengkapi, komponen itu ada mata obeng, batang obeng, dan juga gagang obeng. Nah obeng pentalobe adalah salah satu obeng yang memang juga memiliki 3 komponen tersebut. Jadi ada baiknya jika Anda menjaga atau merawat 3 komponen tersebut, karena jika ada satu komponen yang bermasalah, maka itu akan berdampak pada kegagalan fungsi obeng pentalobe yang sebenarnya. Mungkin gagang pada obeng pentalobe yang bermasalah dapat diatasi dengan menggantinya dengan yang baru, tetapi lain cerita jika batang atau mata obeng mengalami kerusakan fisik yang parah, yang mana itu hanya dapat diatasi dengan mengganti obeng pentalobe yang baru.


Jadi itulah cara yang benar dalam merawat obeng pentalobe agar tidak mudah rusak. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan obeng atau mungkin perkakas lainnya, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page