top of page

Yuk Simak Cara Merawat Palu Karet Agar Tidak Mudah Rusak



Untuk memasang paku atau menembus objek tertentu dengan paku, maka tentunya itu akan sangat sulit bila menggunakan alat atau benda yang memang tidak direkomendasikan, apalagi juga dengan tangan kosong. Nah untuk memasang paku atau menembusnya menggunakan paku, maka itu bisa dilakukan dengan mudah, yaitu mengetuknya dengan mengandalkan alat atau perkakas palu. Namun sayangnya, palu cenderung cukup berbahaya untuk digunakan.


Palu dikatakan berbahaya untuk digunakan, dikarenakan material dari kepalanya yang cenderung berat dan keras, yang mana itu bisa membahayakan tubuh kita jika palu tersebut meleset pemukulannya. Nah karena cukup berbahaya, maka palu kini ada yang terbuat dari karet, alias hanya pada bagian kepalanya saja. Walaupun hanya karet yang dilengkapi juga dengan gagang, tetapi palu karet juga perlu dirawat seperti yang ada di bawah ini!


Inilah Cara Benar dan Tepat dalam Merawat Palu Karet Agar Tidak Mudah Rusak

Tidak Menaruh Palu Karet di Tempat yang Berpotensi Merusak

Palu karet adalah sebuah alat atau perkakas yang terdiri dari 2 komponen, yaitu kepalanya yang terbuat dari karet, sementara gagangnya terbuat dari kayu, tetapi ada juga gagang yang terbuat dari besi atau bahkan karet juga. Nah walau dikenal kuat, tetapi palu karet pastinya bisa rusak jika ditaruh di tempat yang berpotensi merusak. Seperti tempat yang memang berpotensi mendatangkan rayap, hal itu karena rayap bisa memakan habis gagang kayu dari palu karet. Atau ditaruh di tempat yang memiliki suhu panas atau dingin yang berlebih, dimana itu bisa mempengaruhi karet pada palu tersebut. Jadi saran kami, palu karet dapat ditaruh di tempat yang sebenarnya, seperti tool box atau tempat kering, bersih dan aman.


Menggunakan Palu Karet Sesuai dengan Penggunaannya

Pada dasarnya palu karet adalah palu, sehingga dengan begitu maka fungsi dan kegunaannya sama dengan palu biasa. Apabila palu karet digunakan diluar dari kegunaannya yang sebenarnya, maka itu bisa berdampak merusakan palu karet tersebut. Contoh kerusakannya seperti kepala palu karet yang lepas, ataupun parahnya gagang pada palu karet yang rusak atau patah dengan sendirinya.


Tidak Memaksakan Palu Karet Bekerja dengan Brutal

Walaupun sudah menggunakan palu karet dengan fungsi dan kegunaannya yang sama, tetapi jika ada pemakaiannya yang tidak normal, maka pasti palu karet bisa rusak di beberapa bagian tertentu. Contoh pemakaian yang tidak normal, seperti menggunakan palu karet dengan tenaga yang sangat kencang untuk memukul sesuatu, atau bisa juga digunakan untuk memukul objek yang memang tajam dan bisa merusak fisik palu karet itu sendiri.


Menjaga Kebersihan atau Rutin Membersihkan Palu Karet

Menggunakan palu karet tentunya harus menjaga kebersihannya, dikarenakan adanya kotoran pada palu karet dapat berdampak pada kerusakan. Sebagai contoh, kotoran pada palu karet dapat mendatangkan rayap yang merusak komponen kayu dari palu karet, ataupun kotoran yang memang dapat memunculkan reaksi kimia yang dapat membuat palu karet rusak dengan sendirinya. Jadi perlu sekali palu karet yang kotor dibersihkan, atau mungkin selalu menjaga kebersihan dari palu karet.


Tidak Mendekatkan Palu Karet Pada Suhu yang Ekstrim

Karena pada dasarnya palu karet adalah palu yang terbuat dari karet dengan gagang kayu, maka sudah jelas sekali palu tersebut tidak awet jika digunakan pada pemukulan objek yang memiliki panas berlebih atau sebaliknya. Hal itu jika Anda sengaja coba lakukan, maka jangan heran jika karet pada palu karet akan memuai atau rusak, alias meleleh dan tidak bisa lagi dipakai.


Jadi itulah cara merawat palu karet yang benar dan tepat agar tidak mudah rusak. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah apabila Anda tertarik dengan palu karet atau mungkin perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dari kami serta juga berkualitas adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa coba kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comentarios


bottom of page