top of page

Menjaga Kejernihan Kolam: Cara Merawat Pompa Celup Kolam Anda



Sebuah kolam air baik itu kolam ikan dan renang, tentu akan indah serta menarik bila kualitas air di dalamnya bersih. Hal ini karena kolam yang bersih airnya akan memberikan kualitas air jernih yang dapat memberikan kesan indah yang dapat dilihat mata, seperti air mengalir, apa yang ada di kolam, dan sebagainya. Jadi dengan begitu, maka penting sekali untuk merawat kolam agar air di dalamnya bersih serta jernih adanya.


Nah menjaga kejernihan kolam memang penting, yang mana itu dengan cara serta metode yang tepat. Adapun salah satunya adalah dengan mengandalkan pompa celup pada setiap kolam yang ada. Ini bisa dilakukan pompa celup bahkan lebih efisien serta praktis daripada pompa lainnya karena adanya kelebihan lain dari pompa celup. Namun itu bisa dilakukan pompa celup secara tepat jika pompa celup terawat adanya.

Cara Merawat Pompa Celup yang Digunakan untuk Menjaga Kejernihan Kolam Anda

Pompa celup memang berfungsi untuk menjaga kualitas serta kebersihan air pada kolam-kolam Anda, yang mana ia berguna untuk memastikan sirkulasi air berjalan dengan lancar. Tentu air yang bersih dan jernih akan membuat kolam sehat adanya, yang mana dampaknya membuat makhluk air dalam kolam sehat atau kolam aman untuk berenang. Namun itu bisa terjadi jika pompa celup yang Anda gunakan baik adanya.


Pompa celup kolam yang digunakan untuk menjernihkan air haruslah pompa celup yang memang kerap kali dirawat dengan benar dan tepat. Ini karena perawatan pada pompa celup dapat membuat pompa celup jauh dari kerusakan atau malfungsi, dimana itu bisa berdampak pada hasil penjernihan air kolam yang malah menimbulkan masalah. Oleh karena itu, maka penting sekali melakukan perawatan pada pompa celup, yakni dengan cara-cara di bawah ini!

Membersihkan Komponen-Komponen Kontrol Pompa Celup

Kontrol pompa celup memang harus dalam keadaan bersih, karena jika tidak demikian maka penggunaan pompa celup dapat bermasalah dan mengakibatkan kolam tidak jernih adanya. Nah adapun caranya adalah dengan mengetahui letak panel control pompa celup yang digunakan.


Sebelum membersihkan komponen, Anda harus memutus suplai tegangan dengan menurunkan MCB induk. Anda bisa lakukan pembersihan pada komponen kontrolnya dengan dibersihkan dari kotoran lalu memeriksa pemasangan dan penyambungan kabel jika ada. Kemudian pastikan kabel tersambung dengan baik pada tiap-tiap komponen serta mencatat kondisi terkini dari komponen-komponen dan juga kondisi panel secara umum.

Memeriksa Bagian Impeller Pompa Celup

Hal ini karena impeller pompa celup yang bermasalah akan membuat kinerja pompa celup tidak sebagaimana adanya. Jadi Anda perlu periksa serta memastikan pompa dalam keadaan tidak bekerja dengan menurunkan MCB atau memeriksa waktu pompa bekerja dengan melihat setting timer-nya. Anda juga bisa masuk ke dalam kolam air tempat pompa tersebut dipasang, lalu periksa kondisi putaran impeller dan bersihkan jika ada dalam keadaan kotor.

Memastikan Baut-Baut yang Ada Pada Sambungan Pemipaan

Karena seperti alat lainnya dengan baut kendor, maka komponen pompa celup dapat lepas atau tidak bekerja dengan benar. Anda bisa memeriksa baut-baut baik yang ada pada pompa maupun pada sambungan pemipaan yang kendor. Bila ada kendor, maka kencangkan baut-baut tersebut maupun komponen lainnya yang terlihat kendor dengan menggunakan kunci inggris maupun kunci pipa.

Memeriksa Koneksi Kabel Pompa Celup Dalam Kolam

Berikutnya agar pompa celup jauh dari kerusakan, Anda bisa melakukan pemeriksaan pada koneksi kabelnya. Ini seperti kabel untuk suplai tegangan dan juga untuk water level control (WLC). Apabila ada sambungan kabel tidak terkoneksi dengan baik, maka lepaskan sambungan kabelnya lalu sambung ulang dengan memastikan bahwa sambungan yang baru telah tersambung erat dan paten.Setelah selesai, beri tegangan pada pompa dengan menaikkan MCB induk yang tadi di turunkan.


Nah itulah artikel dari kami mengenai cara merawat pompa celup di kolam Anda yang digunakan untuk menjaga kejernihan kolam. Sekian semoga jadi manfaat bagi Anda semua dan juga kolam-kolam Anda yang semakin jernih. Untuk pompa celup yang bisa diandalkan untuk kolam, maka yang terbaik dan berkualitas dari kami adalah Tsurumi yang ada di IndahJaya.com


bottom of page