top of page

Beragam Cara Merawat Roda-Roda Pada Genset Agar Selalu Awet



Pada dasarnya Genset merupakan mesin yang sangat berguna ketika terjadi padamnya listrik atau berguna di tempat yang memang tidak ada daya listrik. Hal itu karena memang Genset adalah mesin yang bisa menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam. Nah karena penggunaannya yang seperti itu, maka umumnya Genset adalah mesin yang tetap pada suatu tempat, alias tidak bisa dipindahkan begitu saja.


Namun ada beberapa mesin Genset yang ternyata bisa dengan mudah dipindahkan, yang mana itu karena memang Genset tersebut dilengkapi dengan 4 buah roda di 4 bagian sudut bawah pada Genset. Walaupun hanya roda dan seperti tidak begitu penting bagi Genset, tetapi ada baiknya roda tersebut dirawat dengan benar agar selalu awet, itu agar ketika ingin digunakan bisa tetap prima. Nah cara merawatnya adalah seperti di bawah ini!


Inilah Berbagai Cara Merawat Roda-Roda Pada Genset Agar Selalu Awet

Berikut adalah beberapa cara tepat dan benar dalam merawat roda pada Genset, yang mana tentunya itu sangat berguna agar roda bisa membawa Genset dengan mudah kemana saja yang dimau.


Rutin Melumasi Porosnya dengan Pelumas Berkualitas

Karena pada dasarnya roda pada Genset adalah roda yang kurang lebih sama dengan roda pada trolley, maka pastinya ada poros-poros penggerak yang memungkinkan roda dapat bergerak ke arah lain, alias bisa dibelokkan. Nah jadi dengan demikian, poros roda yang memang terbuat dari bahan besi dan baja tersebut harus rutin Anda lumasi, yang mana itu agar poros roda Genset tidak seret apalagi berkarat. Tentunya juga, pelumas yang digunakan pun jangan sembarang pelumas, karena ada baiknya gunakan pelumas yang memang berkualitas.


Menjaga Kebersihan Roda Genset

Walaupun ada di bawah Genset, tetapi kebersihan roda Genset pun harus dijaga dengan benar dan tepat. Hal itu karena memang roda Genset akan besar kemungkinan mudah terkena kotoran, mengingat ia berada di bawah mesin Genset. Ketika roda Genset kotor, maka hal itu akan membuat roda Genset rusak, seperti karatan dan seret, lalu sulit bergerak karena adanya kotoran yang menghalangi, hingga lain sebagainya. Maka dari itu, Anda perlu jaga kebersihan roda Genset, jika sudah kotor maka segera bersihkan dengan cara yang benar dan tepat.


Tidak Menempelnya dengan Komponen Lain

Nah ada baiknya roda pada Genset tidak Anda gabungkan dengan komponen lain yang menghambat laju geraknya atau yang lainnya. Hal itu karena memang secara tidak langsung bisa membawa kemungkinan rusaknya roda Genset. Seperti poros yang patah karena tertahan dengan benda lain, hingga malfungsinya roda pada Genset tersebut.


Ganti Komponen Roda yang Memang Seharusnya

Roda pada Genset pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen atau part, yang mana itu saling terkait agar bisa menjalankan roda dapat bergerak. Jadi jika ada satu atau lebih komponen yang rusak, maka hal tersebut bisa membuat roda Genset tidak berfungsi atau bahkan rusak. Maka dari itu, ada baiknya Anda rawat komponen roda pada Genset, atau ganti komponen roda Genset jika memang sudah waktunya, yang mana itu dengan harapan bisa membuat roda Genset bergerak semakin prima.


Jadi itulah berbagai cara merawat roda pada Genset. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda berniat ingin memiliki Genset dengan roda atau Genset lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page