top of page

Inilah Beragam Cara Merawat Selang Untuk Industri Cat Agar Selalu Awet



Dalam memberikan warna pada suatu bangunan, seperti rumah ataupun sebagainya, cat adalah salah satu yang bisa diandalkan untuk itu, tetapi tidak jarang juga banyak orang lebih mengandalkan wallpaper tempel atau lain sebagainya dalam memberikan warna. Nah cat tentunya adalah cairan warna yang pastinya dibuat dengan beberapa proses dan juga alat-alat tertentu, seperti salah satunya adalah dengan mengandalkan selang.


Ya Anda tidak salah, selang memang adalah salah satu alat yang dapat memungkinkan proses pembuatan cat, baik itu cat dalam segala warna dan dikhususkan untuk bagian apa saja. Hal itu tentunya benar, karena tidak mungkin dalam mengalirkan fluida cair atau kental seperti cat bisa menggunakan tangan kosong, karena jika begitu pastinya cat akan tumpah dengan sendirinya. Nah meski begitu, selang cat membutuhkan perawatan yang tepat, yaitu seperti di bawah ini!


Inilah Berbagai Cara dalam Merawat Selang Untuk Industri Cat Agar Selalu Awet

Mengelompokan Selang Pada Beberapa Prosesnya

Nah walaupun selang untuk cat dapat digunakan pada banyak prosesnya, tetapi bukan berarti selang yang dibutuhkan hanya 1. Proses pembuatan cat yang ada di industri, tentunya akan memiliki beberapa selang cat, yang mana itu dikelompokan dari prosesnya, seperti ada selang untuk warna merah, warna biru, ataupun cairan lain sebagainya yang bertujuan untuk nantinya dicampurkan dengan cat warna. Jika selang untuk cat digunakan untuk setiap proses pembuatannya cat, maka jangan heran jika hasil cairan cat akan buruk, ataupun bisa berubah dari apa yang diinginkan.


Periksa Visual Selang dan Penyambungnya

Selang industri yang digunakan untuk proses pembuatan cat, tentunya itu harus rutin dalam memeriksa visual selang tersebut, seperti masalah selang dan juga pada penyambungnya (fitting). Apabila ada kondisi tak wajar, seperti penyambung selang longgar atau rusak, atau penutup selang retak, rusak, terpotong, atau terbuka, hingga selang mengeras, kaku, meleleh karena panas, selang tertekuk, ataupun tutup selang melepuh. Maka solusi untuk itu, Anda perlu segera matikan mesin yang mengalirkan cairan dalam selang tersebut. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kebocoran, atau masalah serius lainnya. Setelah semua dirasa sudah normal, maka segeralah perbaiki kerusakan yang ada, baik pada lapisan terluar atau komponen tertentu selang cat.


Uji Kelayakan dan Fungsional

Dengan menguji kelayakan atau fungsional selang untuk cat, maka itu bisa bertujuan untuk memberikan Anda status dari selang tersebut. Nah cara melakukannya adalah dengan mengoperasikan mesin pengalir cairan pada tekanan maksimum. Sehingga dengan begitu maka Anda bisa memeriksa apakah ada kemungkinan malfungsi maupun kebocoran pada selang tersebut atau tidak. Perlu Anda semua ketahui, di tahap ini Anda perlu sekali mempertimbangkan potensi area berbahaya saat pengujian, kemudian memastikan bahwa titik maksimum percobaan masih dalam taraf aman.


Jauhi Penempatan Selang pada Tempat yang Beresiko Merusak

Selang yang digunakan untuk proses pembuatan cat, pada dasarnya harus dijaga tempat untuk menggunakannya atau menyimpannya. Tempat yang bisa berpotensi merusak selang dan juga cat, tentunya itu adalah tempat yang memiliki suhu ekstrim, seperti panas ataupun dingin. Tidak hanya itu, penempatan selang untuk cat sangat tidak dianjurkan di tempat yang bisa merusak fisik selang, seperti di tengah jalur lintas, ataupun sebagainya yang bisa merusak selang untuk cat.


Jadi itulah beragam cara merawat selang untuk industri cat, yang mana itu agar selang tersebut dapat selalu awet dan tahan lama, serta tidak mudah rusak. Sekian sudah dari kami, semoga jadi manfaat untuk Anda semua. Jika Anda menginginkan selang yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah selang Toyox yang berada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page