Cara Merawat Selang Kompresor agar Awet dan Tahan Lama


Cara Merawat Selang Kompresor agar Awet dan Tahan Lama

Bagi Anda yang bekerja di bengkel, pasti sudah tidak asing dengan selang kompresor. Ini merupakan salah satu perlengkapan yang memiliki banyak fungsi mulai dari mengisi angin di ban hingga dipasang pada power tool.


Pada dasarnya kompresor merupakan salah satu alat mekanik yang banyak digunakan pada industri otomotif. Alat ini mampu menghasilkan tekanan udara yang tinggi yang berguna untuk aktivitas bengkel termasuk pengecatan air brush.


Kompresor terdiri dari berbagai komponen yang saling berhubungan, salah satunya adalah selang kompresor. Seperti namanya, bagian ini berupa selang panjang yang berguna untuk menghubungkan udara bertekanan dari tangki kompresor ke objek.


Selang ini menjadi bagian paling penting pada kompresor karena menjadi media untuk menyalurkan tekanan udara yang ada pada tangki. Jika selang bermasalah, maka cara kerja dari kompresor akan terganggu dan menjadi tidak maksimal.


Untuk membuat selang pada kompresor ini agar selalu optimal saat digunakan, maka perlu perawatan yang tepat. Mau tahu bagaimana cara merawat selang ini dengan benar? Pastikan perhatikan tips berikut ini :


Tips Merawat Selang Kompresor dengan Benar


Selang menjadi komponen penting pada kompresor sehingga harus dipastikan bisa bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, dibutuhkan perawatan yang tepat agar selang lebih awet dan bisa digunakan secara optimal.


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat selang pada kompresor agar lebih awet dan tahan lama. Salah satunya adalah dengan membungkus selang menggunakan ban dalam bekas mobil atau truk. Cara membungkus selang kompresor adalah sebagai berikut :


1. Potong ban dalam mobil atau truk secara melingkar sehingga menyerupai tali dengan lebar kurang lebih 4 cm. Usahakan ban bekas tidak terputus saat dipotong agar memudahkan saat membungkus selang.


2. Lilitkan ban dalam bekas yang telah digunting pada seluruh permukaan selang kompresor sampai tertutup sepenuhnya. Lilitkan ban dengan kencang agar mampu melindungi selang dengan baik.


Penggunaan ban bekas untuk melindungi selang dari tekanan dari liar yang membuatnya bisa rawan pecah. Dengan penggunaan ban bekas ini, selang akan terlapisi dengan baik sehingga menjadi lebih kuat.


Pilih Selang Kompresor yang Tepat agar Lebih Awet


Selang merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada kompresor. Maka dari itu, pemilihan jenis selang ini juga tidak boleh sembarangan dan harus memilih yang terbaik serta tahan lama agar tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli selang baru.


Pada dasarnya ada berbagai jenis dan material yang digunakan untuk membuat selang pada kompresor. Di antaranya adalah nilon dan karet serta PVS poliastur. Anda bisa memilih jenis selang yang sesuai dengan kebutuhan agar bisa maksimal saat digunakan.


Tidak hanya itu, selang kompresor juga memiliki berbagai jenis seperti selang lurus dan selang spiral. Selang spiral secara umum lebih mudah disimpan dan digunakan jika dibandingkan dengan selang lurus. Dengan penyimpanan yang mudah, pastinya bisa membuat selang tersebut akan lebih awet dan tahan lama.


Memilih selang yang terbaik juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Anda harus memilih sesuai kebutuhan apakah itu untuk keperluan mengisi ban kendaraan, memasang power tool atau untuk keperluan pengecatan. Dengan memilih jenis yang tepat, pastinya akan membuat selang pada kompresor lebih awet.


Kompresor merupakan alat penting dalam industri otomotif. Maka dari itu pemilihannya tidak boleh sembarangan. Selain itu, Anda juga perlu merawat selang kompresor dengan baik agar lebih awet dan tahan lama.