top of page

Beberapa Cara Merawat Selang Untuk Minyak Agar Selalu Awet



Minyak merupakan cairan organik yang tidak larut atau bercampur dalam air, tetapi ia bisa larut dalam pelarut organik. Ciri bahwa cairan tersebut adalah minyak, adalah ketika dipegang ia bersifat licin, yang mana kelicinan itu juga akan sulit hilang dengan air. Nah minyak pada dasarnya bisa berupa minyak untuk masak, minyak seperti oli, dan sebagainya yang memang bisa diproses dengan alat-alat tertentu.


Salah satu yang bisa membantu untuk memproses minyak adalah selang, yang mana selang tersebut haruslah memang selang khusus yang bisa digunakan untuk mengaliri cairan minyak. Namun sama dengan selang-selang jenis lainnya, selang minyak pun juga perlu dirawat sedemikian rupa, hal itu agar ia bisa selalu awet dan tidak cepat rusak. Cara merawat selang minyak dengan tepat dan benar, Anda bisa ketahui di artikel ini!


Inilah Cara Merawat Selang yang Benar Untuk Minyak Agar Ia Selalu Awet

Memperhatikan Kondisi Suhu yang Berada di Dekat Selang

Selang yang digunakan untuk minyak, tentunya adalah selang yang memang cocok untuk mengaliri minyak. Namun tentunya itu bukanlah selang yang pastinya bisa tahan panas, sehingga Anda dianjurkan untuk tidak menaruh atau menggunakannya di dekat suhu ruangan yang panas. Hal itu jika terjadi, maka selang akan cepat memuai pada kulitnya, ataupun getas dan sebagainya yang bisa membuat selang rusak atau bocor. Ditambah lagi, beberapa jenis minyak pun bisa memicu api apabila ia terkena suhu yang panas, maka dari itu penting sekali Anda meninjau tempat atau suhu di dekat selang minyak.


Rutin dan Berkala Membersihkan Selang Minyak

Sama dengan selang-selang jenis lainnya, selang minyak juga adalah satu dari semua selang yang harus rajin dibersihkan. Namun membersihkannya pun juga harus benar dan hati-hati, terutama pada selang jenis minyak. Hal itu penting, dikarenakan kotoran yang bisa saja masuk dari luar akan bisa merusak selang, yang mana itu terjadi dari penumpukan kotoran atau sebagainya. Tetapi perlu diperhatikan, selang yang dibersihkan dengan air, maka sebelum digunakan untuk minyak, ada baiknya Anda keringkan sampai benar-benar kering tidak ada air. Hal itu karena air yang masih ada bisa ikut terbawa oleh minyak, sehingga minyak yang keluar akan bercampur dengan air.


Tidak Menggunakannya di Tempat yang Beresiko Terinjak

Selain jangan di suhu ruang yang panas, selang minyak pun juga ada baiknya tidak digunakan di tempat yang sangat beresiko membuat selang terinjak, baik oleh orang lain atau oleh kendaraan-kendaraan. Hal itu karena selang yang terinjak, tentunya bisa membuat selang akan rusak, dikarenakan luar selang yang menekuk karena terinjak. Jadi selang tersebut bisa saja menjadi macet, lalu macet tersebut lama-kelamaan akan membuat selang minyak bocor karena tekanan yang tidak tersalurkan dengan benar.


Menggunakannya dengan Benar dan Hati-Hati

Agar tidak mudah rusak dan awet, maka selang minyak perlu Anda gunakan secara benar dan hati-hati. Yaitu tepatnya tidak menggunakannya dengan menekuk selang, memencet selang terlalu dalam, ataupun membanting selang, dan sebagainya yang membahayakan fisik selang minyak. Oleh karena itu, maka penting sekali untuk Anda perhatikan dan waspadai dalam menggunakannya, yaitu gunakan dengan benar, hati-hati, dan pastinya dalam batas wajar.


Jadi itulah beberapa cara terbaik untuk merawat selang minyak, yang dimana itu bisa membuat selang tidak mudah rusak dan awet. Kiranya jadi manfaat untuk Anda semua dan bisa memberikan wawasan berlebih untuk Anda semua. Untuk selang yang terbaik dan berkualitas, maka Anda yang ingin mencari kriteria seperti itu bisa mendapatkannya di produk Toyox yang berada di IndahJaya.com


bottom of page