top of page

Simak Beragam Cara Merawat Tang Buaya Catok Agar Selalu Awet



Tang buaya adalah tang yang menggunakan prinsip penguncian pada mata tang. Ketika sudah mengunci, maka tang buaya akan bekerja layaknya tang biasa, baik itu untuk memutar objek tertentu. Dengan cara penguncian tersebut maka penggunanya tidak memerlukan tenaga untuk menahannya. Layaknya perkakas lain, tang buaya ternyata memiliki jenis lainnya yang dikenal dengan nama tang buaya catok.


Tang buaya catok adalah tang yang sama dengan jenis tang buaya, tetapi perbedaannya jelas ada pada mata tang itu sendiri. Mata atau ujung tang buaya catok akan berbentuk seperti sebuah alat untuk catok, yang mana itu seperti penjepit tetapi dengan jarak atau jangkauan yang cukup jauh. Meski agak berbeda dengan tang pada umumnya, tetapi tang jenis satu ini juga memerlukan perawatan, yang mana perawatannya seperti di bawah ini!


Berbagai Cara yang Benar dan Tepat dalam Merawat Tang Buaya Catok

Menjaga Kebersihan Tang dan Selalu Rutin Membersihkannya

Layaknya perkakas lain atau tang lainnya, tang buaya catok juga sangat perlu dijaga kebersihannya. Nah hal itu tentunya selain memberikan penampilannya yang tidak jorok, tang buaya catok yang bersih pun pastinya menandakan bahwa tang tersebut sehat dan memang layak untuk dipakai. Jadi dengan kebersihan tang yang selalu dijaga, maka tang pastinya bisa awet dan tetap prima ketika digunakan. Lalu jika sudah kotor, maka segera membersihkannya dengan benar dan tepat, tetapi yang penting harus berkala dan rutin.


Selalu Menempatkan Tang Buaya Catok Pada Tempat yang Sebenarnya

Tang buaya catok yang sudah digunakan, tentunya harus ditaruh ditempat yang sebenarnya, yaitu bisa di Storage Tool Box, ataupun tempat yang memang bersih dan aman. Nah jadi jika tang buaya catok di taruh ditempat yang memang membahayakan, seperti lembab, dekat sinar matahari, dan lain sebagainya, maka jangan heran jika tang buaya catok tersebut lama kelamaan akan menimbulkan reaksi korosi, ataupun sebagainya yang bisa menimbulkan penggunaan tang yang tidak berfungsi dengan benar.


Menggunakan Tang Buaya Catok dengan Sesuai Penggunaannya

Setiap perkakas atau alat yang dibuat pastinya memiliki kegunaan tertentu, seperti halnya dengan tang buaya catok. Nah maka dari itu, tang buaya catok agar bisa selalu awet atau prima ketika digunakan, maka tang buaya catok perlu digunakan dengan batas yang normal dan juga dengan penggunaan yang memang dianjurkan bagi tang buaya catok. Hal itu jika Anda tidak terapkan pada tang buaya catok, maka tang buaya catok suatu saat akan mengalami malfungsi, hingga kerusakan fisik pada tang buaya catok.


Rutin dan Berkala Melumasi Poros dari Tang Buaya Catok

Walaupun adalah alat yang digunakan untuk menjepit, tetapi tang buaya catok ternyata perlu dilumasi dengan pelumas yang benar dan tepat. Nah bagian yang perlu dilumasi dari tang buaya catok, yaitu bagian pada porosnya, alias bagian dalam yang dekat dengan grip atau handle dari tang buaya catok. Tujuan melumasinya, agar poros penggerak dari tang buaya catok tidak seret, alias berfungsi dengan optimal.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai berbagai cara merawat tang buaya catok, yang mana itu bisa berdampak pada tang buaya catok yang selalu awet dan tetap prima. Semoga artikel ini jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan perkakas tang atau perkakas lainnya, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page