Beberapa Tips Cara Merawat Underslung Crane Agar Tidak Mudah Rusak



Crane sangat berguna dalam proses lifting beban-beban berat, sehingga penggunaannya itu sangat dimanfaatkan di banyak industri hingga pabrik-pabrik besar lainnya. Jika biasanya crane akan bertumpu pada tanah ataupun rangka yang ada rodanya, maka ada juga crane yang tidak demikian. Contohnya seperti wall running crane, crane yang bertumpu pada tembok, hingga ada juga crane yang dikenal namanya sebagai underslung crane.


Nah apa itu underslung pada crane? Underslung crane adalah rangkaian kerekan dan derek yang bergerak pada rail yang menggantung. Jika pada overhead crane bagian rail ada di permukaan atas beam, maka underslung crane memiliki rail pada bagian bawah beam sehingga bergerak dengan model menggantung. Nah menariknya juga, crane satu ini memiliki perawatannya sendiri yang bisa anda ketahui di bawah ini!


Inilah Beberapa Tips dalam Merawat Underslung Crane Agar Tidak Mudah Rusak


Layaknya crane jenis lain, underslung crane juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat dan juga benar. Hal itu agar crane tersebut tidak mudah rusak dan yang pasti bisa berumur panjang alias awet serta tahan lama. Nah perawatan pada underslung crane juga sangat bermanfaat bagi proses lifting, hingga untuk keamanan kerja dalam menggunakan underslung crane.


Oleh karena itu, penting sekali anda mengetahui cara merawat underslung crane dengan benar, dimana caranya itu bisa anda ketahui di ulasan yang ada di berikut ini:

  • Underslung crane adalah crane yang digantung di atas atap, dimana ia juga mengandalkan sistem rel pada pergerakannya. Nah oleh karena itu, penting sekali rel pada underslung crane dilumasi dengan benar tanpa adanya kotoran yang menempel. Hal itu bertujuan agar sistem penggerak pada rel tersebut tidak terhambat, sehingga lifting tidak terganggu karena macetnya rel yang kering.

  • Karena berada di atas atau atap yang menempel, maka penting sekali anda menjaga atap tersebut dari kebocoran. Karena jika memang terjadi kebocoran atap, maka air apapun seperti air hujan akan mengaliri komponen yang ada di underslung crane. Sehingga dengan begitu dapat membuat crane tersebut lama kelamaan akan korosi atau karat. Dampaknya pun akan mempengaruhi kinerja crane, hingga kerusakan crane itu sendiri.

  • Tidak hanya jalur pada underslung crane, jalur pada hoist pun juga perlu dilumasi dengan benar. Sehingga nantinya saat lifting dan menggerakan hoist, tidak akan ditemui macet karena rel pada hoist yang kering.

  • Selalu memeriksa bagian pada hoist dan juga crane, dimana anda perlu pastikan semua komponen terpasang dengan benar. Karena jika tidak terpasang dengan benar, maka anda tahu komponen tersebut akan lepas dan dapat membahayakan yang ada di bawahnya.

  • Jangan pernah coba-coba lifting beban yang tidak direkomendasikan oleh underslung crane, karena jika memang anda lakukan itu maka bukan hanya rusak, melainkan semua yang terhubung pada crane tersebut akan hancur. Tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi kecelakaan kerja yang berbahaya bagi yang berada di dekat crane tersebut.

  • Selalu memeriksa laju pada underslung crane, karena bisa saja ada komponen lain yang tergantung pada rel di underslung crane, sehingga akan membuat pergerakan dari underslung crane terganggu atau bisa saja macet yang dapat menyebabkan kerusakan.

Itulah beberapa tips dalam merawat underslung crane dengan benar dan tepat, yang mana dijamin akan membuat underslung crane tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan anda terkait dengan crane seperti underslung crane. Jika anda berniat ingin memiliki hoist atau crane terbaik dan berkualitas, maka anda bisa dapatkan Elephant hoist and crane di IndahJaya.com