top of page

Inilah Beragam Cara Merawat Waterpass Magnet Agar Tidak Mudah Rusak



Magnet adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain disekitarnya yang memiliki sifat khusus. Magnet sendiri sering diartikan sebagai benda dengan gejala dan sifat yang dapat mempengaruhi bahan tertentu yang berada di sekitarnya. Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu utara (N) dan selatan (S), yaitu kutub yang memang berada pada ujung-ujung magnet, dengan kekuatan magnet yang paling besar.


Nah selain ada di beberapa alat perkakas, sistem magnet juga ada di alat ukur seperti alat ukur waterpass. Tentunya waterpass magnet adalah salah satu jenis waterpass, tetapi ia memiliki keunggulan berupa sistem magnet yang ada dalam waterpass tersebut. Nah sama dengan waterpass lainnya, waterpass magnet juga perlu perawatan yang benar dan tepat, dimana cara benarnya itu bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beragam Cara Merawat Waterpass Magnet dengan Benar dan Tepat

Selalu Menjaga Kebersihan dan Rutin Membersihkan Waterpass Magnet

Waterpass magnet adalah alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur, sehingga dengan begitu maka ia perlu dijaga kebersihannya. Waterpass magnet harus dalam keadaan bersih, dikarenakan jika ia kotor maka itu akan berdampak pada salahnya pengukuran yang ingin diukur. Tentunya kesalahan tersebut terjadi karena kotoran bisa saja menempel pada angka dari ukuran waterpass. Namun walau sudah terlanjur kotor, waterpass magnet masih bisa dibersihkan dengan cara yang benar dan juga tepat.


Selalu Menempatkan Waterpass Magnet Ditempat yang Bersih dan Aman

Apabila ada waterpass magnet yang ditaruh ditempat yang tidak dianjurkan, maka ada kemungkinan waterpass magnet akan rusak, baik itu kerusakan yang didapat dari kesalahan manusia atau memang dari kesalahan alami yang tidak disengaja. Namun yang paling penting sekali dan perlu dicatat, waterpass magnet sangat tidak disarankan ditaruh ditempat yang sering bergetar atau memiliki suhu ekstrim, dikarenakan kedua tempat tersebut dapat sangat berdampak bagi cairan yang ada dalam waterpass torpedo.


Selalu Menjaga Medan Magnet pada Waterpass Magnet

Walaupun sudah ditaruh ditempat yang benar, tetapi perlu diperhatikan juga bahwa medan magnet dalam waterpass perlu dijaga dengan benar agar sistem kemagnetannya tidak rusak. Nah mencegah magnet rusak bisa dengan menaruh waterpass magnet di tempat jauh dari medan listrik, ataupun lebih baik menutup medan magnet dari waterpass magnet, baik itu dengan kain kering ataupun bahan lain yang aman bagi waterpass magnet.


Selalu Menggunakan Waterpass Magnet Sesuai dengan Penggunaannya

Penggunaan waterpass magnet harus sesuai dengan penggunaannya, yang mana jangan menggunakan waterpass magnet untuk penggunaan lain, alias diluar dari penggunaannya yang sebenarnya. Nah apabila ada penggunaan waterpass magnet yang tidak digunakan dengan benar, maka jelas sekali waterpass magnet bisa mengalami kerusakan dengan cepat.


Selalu Menjaga Fisik Waterpass Magnet dari Segala Benturan

Pada dasarnya, waterpass magnet adalah waterpass yang tidak terbuat dari bahan keras, sehingga apabila ia terkena benturan fisik apalagi keras, maka itu akan membuat kaca pada waterpass rusak dan malah menimbulkan ukuran yang salah. Kemudian adanya benturan fisik juga bisa mempengaruhi membuat waterpass magnet rusak, yang mana parahnya bisa mematahkan fisik dari waterpass magnet itu sendiri.


Itulah berbagai cara merawat waterpass magnet dengan benar dan tepat agar tidak mudah rusak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan alat ukur atau perkakas, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa memilikinya serta ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page