Cara Mudah Menentukan Pilihan Genset yang Handal


Banyak orang awam kesulitan bingung mencari Genset yang berkualitas dan dapat diandalkan, mungkin dari tulisan artikel yang Saya buat ini bisa membantu. Tapi sebelum menentukan pilihan Genset yang handal lebih baik mengetahui dahulu apa itu Generator set atau yang dikenal orang sebagai Genset.


Generator set menerapkan hukum Faraday sebagai prinsip kerja. Ketika magnet melakukan putaran pada kumparan, akan ada perubahan arah pada fluks magnet, menyebabkan terjadi perbedaan potensial di ujung kumparan tersebut dan terjadinya reaksi listrik. Seperti itulah prinsip kerja dari generator set. Mesin generator set yang sudah diisi berbahan bakar akan melakukan pembakaran terjadilah perubahan ke dalam energi mekanik. Energi ini dikonversi menjadi daya listrik dengan bantuan generator. Sehingga generator set bekerja sesuai fungsinya, yaitu mengalirkan arus listrik sebagai pasokan ke barang yang perlu listrik.


Generator set saat ini diproduksi berbagai macam perusahaan contohnya Honda yang mengeluarkan produk merk Genset Tenka, selain itu banyak perusahaan lain ikut dalam persaingan genset dalam industri berskala besar. Namun bukan kemudian Anda menjadi bimbang memilih dalam memilih Genset. Karena akan ada panduan yang diberikan bagaimana memilih generator set yang handal untuk Anda.

Menghitung Total Keperluan Listrik Rumah


Sebelum Anda menentukan pilihan generator set yang akan Anda beli untuk dipasang dalam rumah, sebaiknya hal pertama yang Anda lakukan adalah menghitung total keseluruhan listrik rumah terlebih dahulu. Karena langkah ini sangat penting agar generator set dan listrik rumah Anda saat terhubung menjadi seimbang satu sama lain.


Sebagai contoh mudah, Anda hendak memilih generator set untuk rumah Anda, alat-alat listrik seperti 7 buah lampu, sebuah lemari es, 2 Televisi, 2 Air Conditioner, sebuah PC dan beberapa alat elektronik lainnya yang membutuhkan daya listrik Anda hitung, untuk memastikan kapasitas generator set yang akan Anda beli nantinya.Satu hal yang perlu ditekankan, bahwa kebutuhan listrik yang utama dibebankan pada generator set saat listrik di rumah padam. Jadi prioritas apa saja dari daya barang elektronik yang ada dihidupkan dalam rumah bisa diketahui.


Carilah Daya Generator Set Lebih Besar 10% dari Total Keperluan Listrik


Setelah Anda mengetahui berapa total kebutuhan listrik, maka cara selanjutnya adalah memilih daya generator set. Pastikan Anda memilih daya generator set dengan beban lebih besar 10% dari total kebutuhan listrik yang telah Anda hitung. Hal ini guna mengantisipasi supaya beban daya generator set sesuai kebutuhan listrik di rumah saat terjadi listrik padam.


Pilih Situasi Bahan Bakar yang Sesuai


Untuk mengetahui dengan mudah Genset yang handal dapat melihat dari bahan bakar itu sendiri. Apakah generator set menggunakan bahan bakar bensin, solar atau gas. Usahakan untuk tidak memilih generator set yang menggunakan bahan bakar solar, karena yang diketahui, bahan bakar solar saat ini semakin sulit untuk diperoleh. Jangan sampai menyulitkan diri sendiri saat menghidupkan generator set hanya karena kehabisan bahan bakar.


Pilih Generator Set yang Cocok Dengan Kondisi


Genset pada umumnya memiliki dua tipe yakni open dan silent. Jika Anda di daerah terpencil atau juga di tempat seperti gudang layaknya Anda menggunakan tipe genset open, sebaliknya jika anda tinggal di perumahan atau di daerah padat penduduk gunakan genset tipe silent.


Direkomendasikan Generator Soundproof


Anda sering mendengar suara mesin genset yang bising. Saat ini generator set sudah dilengkapi dengan teknologi soundproof. Sehingga ketika mesin penggerak listrik dinyalakan, Anda tidak akan mendengar suara yang bising.


Genset Spare Part Mudah Diperoleh


Hal yang paling tidak diinginkan ketika salah satu komponen pada generator set rusak pada waktu yang cepat. Jelas yang akan dilakukan adalah membeli baru spare part. Untuk mempermudah perbaikan tanpa harus menunggu lama, pastikan spare part gampang didapatkan, Selain itu, ketika ada kendala pada generator set, maka Anda juga dapat meminta layanan pada pihak teknisi sesuai dengan merk generator set yang dibeli.


Itulah panduan cara memilih generator set, semoga Artikel ini bisa menentukan pilihan Anda dalam mendapatkan Generator Set yang dapat diandalkan dan berkualitas.


#genset #sewagenset #gensetmurah #gensetsilent #gensets #gensetjakarta #gensetberkualitas #gensetindonesia #gensetdiesel #jualgenset #gensetjogja #gensetbaru #gensetopen #gensetbali #gensetbalikpapan #gensetkalimantan #gensetbandung #gensetsupplier #gensetmalang #jualgensetmurah #gensethonda #gensetportable #gensetsolar #gensetpabrik #gensetmakassa r#gensetpalembang #gensetbagus #mesingenset #gensetbekasi