Cara Mudah Melakukan Pengecekan Masalah yang Hadir Pada Genset



Masalah akan selalu ada dalam kehidupan manusia, dimana masalah akan diukur seberapa besar masalah tersebut dari respon dan dampak yang diberikan. Namun masalah bukan hanya ada pada manusia, melainkan ada juga pada benda mati, seperti teknologi, alat atau mesin, dan lain sebagainya yang pastinya bernilai dan berguna. Contohnya saja seperti Genset, dimana ia berguna tetapi terkadang memiliki masalah.


Masalah yang ditimbulkan dari Genset sebenarnya beragam dan itu dikondisikan pada beberapa faktor penyebab. Namun meski begitu, masalah pada Genset bisa diprediksi bahkan bisa dicegah, yaitu dengan cara yang akan kami jelaskan kepada anda di bawah ini. Oleh karena itu bagi anda yang tidak ingin ada masalah pada Genset anda, maka anda wajib lakukan pemeriksaan pada Genset anda, yaitu dengan cara di bawah ini!

Cara Mudah yang Bisa Anda Tiru dan Lakukan Untuk Pengecekan Masalah Pada Genset

  • Mengecek radiator, karena komponen tersebut berfungsi untuk memperluas bidang permukaan dari air yang lewat pipa radiator, dibantu dengan hembusan angin dari kipas radiator yang melewati kisi kisi dan sirip sirip radiator proses perpindahan/pembuangan berlangsung. Normalnya, hal tersebut dapat dirasakan bahwa udara yang keluar dari radiator terasa hangat atau panas.

  • Melakukan pengecekan pada water pump, anda bisa memastikan bahwa komponen tersebut digerakkan oleh putaran mesin itu sendiri, melewati mekanisme pulley yang disambung dengan V-belt.

  • Dinamo starter harus anda pastikan, bahwa pada awal putaran poros akan menghasilkan kompresi diruang bakar dan putaran injection pump yang akan mengabutkan bahan bakar. Jika arus start yang tinggi hingga sampai 100 Ampere atau lebih, maka diperlukan solenoid, yaitu yang terdapat kontak yang mempunyai rating yang cukup besar hingga mampu mengalirkan arus sesaat smpai 200 A atau lebih.

  • Alternator Charging pada keluaran 3 phase ini harus disearahkan dengan 6 buah dioda, sehingga dengan begitu terbentuk terminal positif dan negatif.

  • Sementara dalam terminal alternator, terdapat terminal yang dapat dipakai untuk indikasi sinyal bahwa alternator harus dalam keadaan mengisi.

  • Dengan naiknya tekanan di dalam saluran udara masuk kandungan udara, maka itu berarti kandungan oksigen akan lebih padat. Lalu dengan kandungan oksigen yang lebih padat maka jumlah bahan bakar yang dapat terbakar akan lebih banyak, sehingga tenaga mesin yang menggunakan turbocharger harus meningkat dari 20 sampai 35%.

  • Untuk pengecekan Genset atau pompa injeksi, tentunya itu harus mempunyai tekanan kerja yang tinggi hingga mencapai bar. Tekanan kerja yang tinggi yaitu hingga bahan bakar solar dapat dikabutkan diruang bakar.

  • Lalu dalam injection pump terdapat pengaturan yang bisa anda atur, yaitu seperti pemasukan bahan bakar dari tingkat kecepatan/speed yang dapat diatur .

  • Pengecekan engine control panel perlu diperiksa proteksinya, proteksi yang dimaksud adalah memberikan pengamanan terhadap mesin antara lain high water temperature switch, low oil pressure switch, overspeed relay.

  • Air filter juga perlu dilakukan pembersihan yang benar dan dalam pengecekannya, hal utama yang wajib di cek bisa berdasarkan kondisi pemakaian (250 jam) ataupun waktu interval penggantian ( bisa selama 4-6 bulan sekali) .

  • Sama dengan air filter, fuel filter juga perlu dilakukan pengecekan, hal itu karena filter adalah hal utama yang wajib di cek dan itu bisa berdasarkan kondisi pemakaian (250 jam) ataupun waktu interval penggantian ( 4-6 bulan sekali) .

  • Filter satu lagi yang perlu dicek adalah oil filter, itu karena ia berperan menyaring kotoran kotoran yang bersirkulasi, yang dimana itu dampak dari pemakaian oli sehingga membuat oli menjadi hitam dan memiliki serbuk-serbuk yang ikut terbawa akibat perputaran mesin.

  • Prelubrication pump harus di setting setiap 6 jam sekali, itu karena pompa oli akan hidup selama 6 menit. Dengan kondisi bahwa keadaan mesin sudah terlumasi maka jika suatu saat dibutuhkan untuk hidup bisa segera dibebani dan tidak khawatir kerusakan pada mesin karena oli belum melumasi.

  • Nah agar menghindari air masuk ke engine, maka diperlukan saluran bahan bakar sebelum ke engine yang ditambahkan dengan water separator.


Itulah artikel dari kami, kiranya bisa jadi manfaat dan juga bisa menjadi penambah wawasan anda dalam Genset dan perawatannya. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, hal itu guna agar yang lain juga dapat manfaat dari artikel ini. Jika anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan Tenka dan juga situs lengkapnya tentang produk tersebut di IndahJaya.com