Simak Cara Lengkap Untuk Melakukan Penggantian Oli Pada Genset yang Benar



Perawatan sangat diperlukan pada setiap objek yang berfungsi dan berguna, dimana benda mati seperti teknologi, alat dan mesin adalah salah satunya. Perawatan sendiri juga terdiri dari beberapa macam, seperti service, penggantian komponen, hingga penggantian oli pada mesin kendaraan. Melakukan ganti oli pada mesin kendaraan, umumnya itu cukup mudah dan dapat dimengerti siapa saja, tetapi tentunya ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan.


Tidak hanya mesin kendaraan saja, mesin pada Genset juga perlu diganti olinya secara rutin dan berkala, hal itu berguna agar putaran mesin Genset bisa stabil dan optimal, atau tidak menimbulkan kerusakan lainnya sehingga Genset bisa awet dan tahan lama. Mengganti oli pada Genset juga tidak boleh sembarangan, karena cara lengkap dan tepat mengganti oli Genset ada di bawah ini, maka dari itu silahkan simak selengkapnya!


Inilah Cara Lengkap dan Benar Untuk Melakukan Penggantian Oli Pada Genset

Mengganti oli pada mesin Genset tentunya sangat berguna dan bermanfaat bagi Genset, hal itu karena oli Genset memiliki kegunaan dan manfaat yang baik bagi Genset dan itu harus diganti secara berkala atau rutin. Nah cara mengganti oli pada mesin Genset yang benar dan tepat, itu semua bisa anda ketahui di ulasan berikut ini:


Persiapan Mengganti Oli Pada Mesin Genset

Tentunya yang pertama kali adalah persiapannya, dimana persiapannya adalah:


  • Mesin Genset dalam keadaan off atau mati.

  • Mesin Genset harus dalam keadaan bersih, lalu pastikan tidak ada kotoran atau karat maupun debu di sekitar mesin. Hal itu karena bisa berdampak mengkontaminasi oli.

  • Untuk jenis oli harus yang terpercaya dan benar, lalu pastikan oli yang digunakan tidak boleh dicampur, itu karena akan menimbulkan ketidakstabilan tekanan yang dihasilkan cairan oli saat melumasi komponen mesin.

  • Kemudian anda harus siapkan beberapa perlengkapan pendukung, seperti corong oli, wadah untuk oli bekas, dan lain sebagainya.

Cara Tepat Mengganti Oli Pada Mesin Genset

Jika persiapan sudah mencukupi dengan lengkap dan benar, maka berikutnya adalah eksekusi tindakan mengganti oli pada mesin Genset dan itu adalah sebagai berikut:


  1. Pertama anda buka seal oli pada mesin Genset, lalu kemudian periksa berapa dalam oli yang harus diganti atau ditambahkan.

  2. Setelah itu anda perlu kondisikan oli yang akan masuk tidak menetes keluar atau mengotori lantai dengan memakai corong berfilter.

  3. Kemudian anda buka seal bagian bawah, yang mana setelah itu maka oli bekas akan keluar dari saluran pembuangan, lalu tugas anda menunggu dan memastikan semua oli bekas sudah keluar.

  4. Setelah selesai anda harus pastikan kembali, dengan menunggu selama 5 menit atau beberapa menit untuk memastikan tidak ada oli bekas yang tersisa didalam Genset.

  5. Setelah dirasa sudah kering atau bersih dari oli bekas, maka anda tinggal tutup kembali semua mur pengunci bagian bawah.

  6. Terakhir anda hanya perlu tuangkan oli baru yang sudah anda persiapkan sebelumnya, yaitu anda tuang di bagian atas dan pastikan oli yang dimasukkan tidak melebihi batas seal penuh atau sesuai standar kebutuhan Oli untuk Genset tersebut.

  7. Tambahan, jangan lupa tutup kembali lubang untuk mengisi oli pada Genset.


Jadi itulah cara lengkap dan tepat serta benar dalam melakukan penggantian oli pada mesin Genset, dimana dengan melakukan cara diatas maka Genset anda akan tidak cepat aus, bisa terus stabil, dan lain sebagainya yang baik dan jauh dari masalah atau kendala. Bertopik pada Genset, tentunya pasti anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas. Oleh karena itu maka kami rekomendasikan Genset Tenka, dimana Tenka bisa anda miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, kiranya bisa jadi manfaat dan juga bisa sebagai penambah wawasan anda dalam mengetahui cara benar ganti oli pada mesin Genset. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, baik itu melalui media sosial ataupun media lainnya yang ada dan tersedia.