Ini Cara Setting Rangkaian Otomatis Genset dan PLN yang Aman dan Praktis



Kebutuhan listrik sangat diperlukan, dan ketika dari sumber PLN sedang dalam pemadaman listrik, maka Genset adalah pilihan utama sumber listrik yang bisa anda dapatkan. Genset sangat diperlukan kebutuhannya, dan dengan begitu maka banyak produk Genset dengan berbagai macam jenis bisa anda dapatkan sesuai dengan kebutuhan.


Genset yang paling sering digunakan karena praktis adalah Genset otomatis, atau biasa dibilang sebagai Genset ATS (Automatic Transfer Switch). Tentunya anda yang berniat menggunakan Genset otomatis harus memperhatikan rangkaian yang benar, karena kalau tidak maka anda bisa berpotensi terkena masalah yang lebih besar. Nah agar anda bisa setting rangkaian Genset otomatis dengan benar dan tepat, maka anda bisa ketahui cara aman dan praktisnya di bawah ini!

Mengenal Genset Otomatis ATS (Automatic Transfer Switch)

Genset otomatis adalah Genset yang dilengkapi dengan sistem ATS (Automatic Transfer Switch). Jadi Genset otomatis merupakan Genset yang dilengkapi dengan panel ATS, dimana panel tersebut memiliki fungsi mengendalikan 2 sumber aliran listrik yang bisa ditangani secara otomatis dan pastinya aman untuk Genset. Lebih jelasnya, kami akan berikan rangkai kerja panel kontrol ATS agar anda semakin mengerti.

  1. Settingan dari ATS harus sudah diatur dalam kondisi Auto, bukan Manual. Karena dalam kondisi Auto, maka sistem akan bisa bekerja dengan sendirinya pada saat dibutuhkan.

  2. Komponen yang nantinya akan memerintahkan Genset untuk menyala secara otomatis bukan berasal dari ATS, melainkan dari modul AMF. Modul tersebut tentunya harus juga di setting dalam mode otomatis. Dimana letaknya AMF itu sendiri menyatu dengan bagian Genset.

  3. ATS sendiri nantinya akan mengirimkan sinyal ke AMF untuk menyala. Dimana itu akan terjadi pada saat listrik padam, yang secara langsung Genset akan menyala secara otomatis tanpa disuruh.

Cara Setting Rangkaian Otomatis Genset dan PLN yang Aman dan Praktis

  1. Pada Magnetic Contactor harus terhubung dengan melalui jalur utama listrik, yaitu dari PLN ke beban.

  2. Pada Magnetic Contactor lain juga sama, yaitu dari jalur utama listrik dari PLN ke beban.

  3. Hubungkan Contactor dengan line PLN, sehingga ketika dalam keadaan hidup maka Contactor akan mendapatkan suplai yang akan dialiri arus listrik, sehingga nantinya inti besi di dalam coil tersebut menjadi medan magnet yang akan membuat contact terbuka, dan jika sebaliknya maka akan tertutup.

  4. Contact tutup dari Contactor bisa kalian sambungkan pada ACCU Genset, sehingga akan memberi suplai tegangan untuk menghidupkan atau menstarter Genset selama beberapa detik sesuai settingan pada timer on delay.

Itulah setting rangkaian otomatis Genset dan PLN yang aman dan praktis. Jadi rangkaian arusnya, bisa kalian hubungkan input PLN dan input KNS ke masing-masing Magnetic Contactor, dan pada masing-masing Magnetic Contactor akan beralih ke MCCB sehingga nantinya akan menghasilkan beban. Lebih jelasnya, apabila PLN dalam keadaan nyala maka Magnetic Contactor dari Genset akan terputus, dan Magnetic Contactor PLN lah yang akan terhubung, dan begitu juga pada keadaan sebaliknya.


Tentunya pembahasan artikel kali ini sangat bermanfaat untuk anda, dimana anda bisa semakin mengerti tentang cara setting rangkaian otomatis Genset dan juga PLN. Nah untuk rekomendasi Genset terbaik kepada anda, maka kami rekomendasikan Genset merk Tenka, itu karena Genset tersebut terpercaya dan juga terbukti sebagai Genset berkualitas yang mampu awet dan tahan lama. Apabila anda tertarik memiliki Genset Tenka, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk Genset Tenka.