top of page

Inlah Cara Tambah Daya PLN dan Apa Saja Persyaratannya




Walaupun sudah memiliki token listrik yang begitu banyak, tetapi tentunya itu tidak menjamin Anda dapat menggunakan alat-alat dengan daya listrik dalam jumlah banyak. Karena itu semua akan dipengaruhi oleh jumlah daya, yang mana apabila kelebihan maka akan membuat listrik turun atau mati. Hal itu karena memang daya listrik merupakan satuan besarnya kekuatan atau suplai tenaga listrik yang dapat mengalir.


Nah maka dari itu, Anda yang mengetahui bahwa kebutuhan daya listrik Anda banyak, maka Anda sebaiknya memperhitungkan tambah daya jika memang daya Anda tidak sesuai. Bagaimana cara tambah daya listrik dari PLN? Nah caranya bisa Anda ketahui di artikel ini, karena selain mengenai caranya, kami juga akan sertakan apa saja persyaratannya agar Anda bisa persiapkan. Maka dari itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Tambah Daya Listrik PLN dan Juga Persyaratannya

Cara Tambah Daya Listrik PLN

Cara tambah daya listrik PLN tentunya bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor PLN terdekat Anda. Namun cara tersebut sudah kuno, karena ada yang lebih efektif dan efisien, yaitu dengan mengandalkan sistem online. Nah cara-caranya menambah daya listrik PLN dengan online, tentunya Anda bisa ikuti di bawah ini:

  1. Melalui online, Anda bisa membuka situs PLN berikut ini: www.pln.co.id. Kemudian Anda klik pada bagian ubah daya.

  2. Disarankan Anda untuk baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan pasang baru/perubahan daya online antara pelanggan, yang mana selanjutnya disebut pelanggan, dan PT PLN (Persero), atau yang selanjutnya disebut PLN. Jika telah membaca dengan saksama, maka Anda bisa klik “setuju”.

  3. Kemudian, Anda bisa isi ID pelanggan/ID meter, yang mana itu dilanjutkan dengan klik cari dan tunggu sampai data pelanggan terpampang di layar Anda.

  4. Berikutnya, Anda bisa klik pada tab penambahan daya dan isi identitas Anda dengan lengkap sesuai dengan yang diminta. Jika data sama dengan database PLN, maka Anda bisa tinggal mencentang pada pilihan copy data pelanggan.

  5. Nah untuk isi perubahan daya yang diinginkan, maka Anda bisa untuk menambah atau mengurangi daya. Apabila Anda ingin menambah daya, maka akan muncul biaya yang harus dibayar. Jika melakukan pengurangan daya, maka tidak akan dikenakan biaya.

  6. Perlu Anda ketahui, apabila sebelumnya masih menggunakan meteran listrik lama dan sistem pascabayar, maka nantinya Anda akan diganti dengan meteran baru dan sistem prabayar sesuai kebijakan PLN.

  7. Lalu kemudian, Anda akan memperoleh email dari PLN berisi permohonan perubahan daya dan Anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi yang ada pada link dalam email tersebut.

  8. Link yang sudah diberikan dapat Anda buka, lalu nanti akan ada tampilan yang akan membawa Anda kembali ke situs PLN dan akan memberikan kode bayar serta jumlah nominal yang harus dibayarkan.

  9. Terakhir, Anda hanya tinggal menunggu petugas PLN datang dan mengganti meteran yang sekaligus menambahkan daya listriknya. Sebagai catatan, biasanya itu akan berlangsung 10 hari kerja terhitung dari tanggal Anda membayar tagihan.


Inilah Persyaratan Tambah Daya PLN

Tentunya selain membayar, ada juga prosedur dan persyaratan yang perlu Anda punya. Nah persyaratan tersebut antara lain:

  • Menyetujui ketentuan penempatan Alat Pembatas dan Pengukur (APP) milik PLN agar lebih aman dan mudah untuk diperiksa oleh petugas PLN.

  • Menjaga APP dan perlengkapan milik PLN.

  • Membayar ganti rugi APP yang hilang atau rusak akibat kelalaian atau kesengajaan pelanggan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  • Membayar tagihan atas pemakaian listrik secara tepat waktu.

  • Membayar tagihan susulan jika ada pelanggaran pemakaian tenaga listrik atau akibat pemakaian yang tidak terukur secara penuh.

  • Menyediakan lokasi serta membayar biaya pemindahan dan ganti rugi kWh yang tidak tersalur, apabila pelanggan bermaksud untuk memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya atas persetujuan PLN.

  • Melapor kepada PLN maksimal 7 hari setelah dilakukannya penyalaan pada persil pelanggan untuk memastikan kesesuaian prosedur. Apabila sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan pelanggan tidak melapor kepada PLN, seluruh pelaksanaan penyambungan listrik hingga penyalaan pada persil pelanggan dianggap tidak sesuai dengan ketentuan.

Jadi itulah cara dan juga persyaratan untuk tambah daya PLN. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah Anda yang tertarik ingin memiliki Genset, maka yang terbaik dan berkualitas dari rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page