Yuk Simak Cara Mudah Untuk Melakukan Test Pada Genset Baru





Pengujian merupakan suatu langkah yang bisa menilai suatu keadaan, yang mana itu sangat penting agar dapat diketahui tingkat objek tertentu, baik itu keadaan luar maupun keadaan dalam suatu objek. Contohnya saja seperti sebuah mesin Genset yang baru anda beli, dimana untuk mengetahui bahwa Genset tersebut adalah bagus, maka diperlukan langkah pengujian atau tes pada Genset baru tersebut.


Nah melalui artikel kami pada kesempatan ini, kami akan berikan pelajaran penting untuk anda terutama saat anda baru mau punya Genset atau calon pembeli Genset. Di artikel ini kami akan jelaskan cara mudah melakukan test pada suatu Genset baru, yang dimana tentunya itu sangat bermanfaat sekali. Oleh karena itu, kami persilahkan anda yang ingin pelajari hal tersebut, untuk simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Mudah Untuk Melakukan Pengujian atau Test Pada Genset Baru

Berikut adalah cara yang kami anggap mudah untuk melakukan pengujian atau test pada Genset baru, dimana cara yang kami berikan bisa anda tiru dan praktekan pada Genset baru anda.

  1. Pertama anda bisa lakukan pemeriksaan pada kapasitas semua tingkat komponen Genset anda. Pastikan itu dalam kondisi baik, seperti bahan bakar Gensetnya penuh, volume kadar oli sesuai, begitu juga dengan air radiator yang sesuai dan tidak berkurang sedikitpun. Jika Genset anda terdapat kekurangan, atau seperti tidak sesuai dengan volume prosedur, maka segera tambahkan Running mesin generator hingga mencapai suhu operasi normal dengan kondisi stasioner terlebih dahulu.

  2. Berikutnya anda perlu perhatikan ditambah dengarkan kondisi mesin Genset, lalu pastikan komponen Genset yang bergerak didalamnya dalam tingkat normal, atau jelasnya tidak terdengar masalah atau kerusakan. Apabila memang ada ditemukan, maka segeralah anda temukan penyebabnya, lalu kemudian catat untuk kemudian nanti diproses dalam perbaikan. Apabila mesin Genset baru anda masih memungkinkan untuk melanjutkan pengujian maka anda bisa lanjutkan, tetapi jika sebaliknya maka matikan saja dan langsung perbaiki masalah tersebut.

  3. Kemudian cobalah untuk mulai penambahan daya atau beban yang akan diuji secara bertahap pada setiap beban daya yang mengalir. Saran kami, anda lebih baik memakai instalasi MCB pada Genset lebih dari satu, hal itu guna untuk mempermudah pembagian beban. Cobalah mulai dari beban 20%, kemudian naik secara bertahap setelah mesin mencapai titik stasioner atau dalam kondisi yang stabil.

  4. Jika ada beban yang cenderung lebih berat dari yang lain, maka coba anda sambungkan terlebih dahulu untuk mengetahui daya Genset pada awal menyala.

  5. Kemudian anda harus periksa setiap output Genset dengan menggunakan Amperemeter dan juga bisa Voltmeter. Selalu pastikan bahwa nilainya sama dengan yang tertera pada buku petunjuk mesin Genset tersebut. Namun jangan lupa untuk catat hasilnya, guna sebagai bahan perbandingan selanjutnya pada manual book.

  6. Apabila anda temukan ada penurunan tegangan pada salah satu output di bawah volt tertentu pada saat beban penuh, maka kemungkinan Genset sudah gagal test dan butuh perbaikan lebih lanjut.

  7. Kesimpulannya, anda harus perhatikan beban Genset di kondisi stabil selama proses pengujian. Lalu sebisa mungkin semua harus dicatat terutama yang bermasalah, lalu apabila ada masalah maka anda harus segera matikan dengan cara yang sesuai. Matikan setelah beban dilepas secara bertahap, lalu biarkan Genset menyala dalam kondisi bebas beban selama kurang lebih setengah jam. Terakhir segera anda lakukan beberapa perbaikan yang dirasa perlu untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin timbul selama pengujian sedang berlangsung.


Jadi itulah artikel kami yang membahas tentang pengujian atau tes pada suatu Genset baru, semoga bermanfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dimana itu bisa dilakukan dengan share artikel ini kepada yang lainnya. Sekian dari kami, apabila anda ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan Genset Tenka, yang dimana itu bisa anda miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com