5 Cara Untuk Membuat Selang Hidrolik Selalu Awet



Selang adalah alat atau komponen pendukung yang membantu proses pekerjaan, baik itu untuk menyalurkan air, suhu, ataupun sebagainya. Tentunya selang tidak terdiri dari 1 macam saja, karena diketahui selang memiliki jenis dan ragamnya, seperti salah satunya yaitu selang hidrolik. Selang hidrolik sendiri memiliki fungsi sendirinya, dan tidak hanya itu selang tersebut juga perlu dirawat sedemikian rupa agar tetap selalu awet.


Nah melalui artikel pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan anda tentang cara membuat selang hidrolik agar selalu awet. Oleh karena itu bagi anda pemilik selang hidrolik atau bukan, maka artikel ini bisa kalian simak sebagai penambah wawasan anda terutama untuk mengetahui cara merawat selang hidrolik. Yuk langsung saja simak artikel ini selengkapnya dan sekarang juga!

Apa itu Selang Hidrolik?

Selang hidrolik berbeda dengan selang pada umumnya, itu karena selang hidrolik adalah komponen yang berfungsi sebagai penghantar fluida, yaitu bisa berupa oli untuk dihantarkan pada mesin melalui pompa hidrolik untuk selanjutnya diubah menjadi gaya atau energi. Biasanya selang hidrolik terdiri dari material yang terbuat dari karet, sehingga dengan begitu maka sifat selang tersebut akan menjadi fleksibel, itu karena nantinya akan sering digunakan pada dua permukaan yang terpisah.

Inilah 5 Cara Untuk Membuat Selang Hidrolik Anda Selalu Awet

Berikut ini adalah 5 cara yang bisa anda terapkan pada selang hidrolik anda, dimana dengan 5 cara tersebut dijamin bisa bikin selang hidrolik anda semakin awet dan juga tahan lama.

Gunakan Spiral Guard House

Penggunaan selang hidrolik biasanya ada juga yang di luar ruangan atau outdoor, sehingga dengan begitu bisa membuat selang hidrolik akan mudah cepat getas karena panasnya matahari, atau bisa juga karena proses pekerjaan. Nah peran yang bisa membantu selang hidrolik tidak mudah cepat getas adalah spiral guard house. Jadi pastikan anda pasangkan komponen pelindung kabel tersebut, agar selang hidrolik anda awet dan bisa berguna dengan benar. Untuk harga dan produknya sendiri, sudah banyak bertebaran dengan harga yang pastinya terjangkau.

Menjaga Pressure Maksimum

Sebelum menggunakan selang hidrolik, pastikan anda tahu bahwa selang hidrolik adalah selang yang sangat tidak boleh digunakan pada tekanan yang melebihi tekanan temperature (-40 ° C – +120 ° C) dalam kondisi normal. Sehingga dengan begitu maka pastikan anda tidak melebihi batasnya, karena dengan begitu selang hidrolik bisa semakin awet dan tahan lama kedepannya.

Sesuaikan Fluida yang Sesuai

Selain tekanan pada selang yang perlu dijaga agar tidak melewati batas maksimal, anda juga perlu perhatikan fluida yang akan masuk melewati selang hidrolik. Jadi tidak hanya tekanan saja, perlu kalian tahu juga bahwa fluida yang akan masuk ke selang hidrolik juga perlu diperhatikan, dimana sangat direkomendasikan mengikuti batas pada standar yang ditentukan.

Hindari Gesekan Antara Selang dengan Mesin

Pastikan saat digunakan, anda lihat dan tinjau apakah selang tidak bersentuhan dengan selang lain atau mesin dalam proses pengoperasiannya. Nah apabila ada bersentuhan, maka tentunya akan terjadi gesekan, dimana itu bisa berimbas pada kulit selang yang akan terkikis dengan sendirinya. Jadi cobalah beri jarak antara selang dengan selang lain, dan juga pada mesin-nya.

Mengganti Selang Hidrolik Secara Berkala.

Jaga Kebersihan

Kebersihan memang sangat diprioritaskan dalam hidup, dan itu berlaku juga pada komponen alat teknik seperti selang hidrolik. Nah anda perlu menjaga kebersihan dari selang hidrolik milik anda, baik itu pada selang ataupun daerah sekitar selang hidrolik tersebut. Kenapa harus jaga kebersihan? Dengan menjaga kebersihan, maka selang hidrolik tidak akan berpotensi kemasukan debu atau kotoran, yang mana apabila itu terjadi maka bisa memperpendek umur dari selang hidrolik.


Jadi itulah artikel menarik dan bermanfaat kali ini, dimana membahas tentang cara membuat selang hidrolik semakin awet. Untuk membuat artikel ini semakin bermanfaat, maka anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya, dengan menggunakan media yang ada dan tersedia. Nah bagi anda yang ingin memiliki atau mengganti selang, maka kami rekomendasikan selang Toyox, dimana keterangan lebih lanjut bisa anda klik di IndahJaya.com