Checklist Genset Diesel Silent untuk Pastikan Keamanannya


Anda yang ingin menggunakan genset diesel silent lebih baik sudah tahu dulu apa saja hal penting, terutama di segi keamanan. Apalagi ini ada kaitannya dengan bahan bakar dan alat kelistrikan. Jangan karena salah pakai hasilnya membahayakan diri sendiri nantinya.


Bagi Anda yang sudah paham dengan cara kerja genset, mungkin sudah tahu seperti apa risiko jika salah penggunaan. Atau malah bisa saja dengan tidak tahu cara perawatan, genset itu bisa mengundang bahaya lain. Maka dari itu, mulai sekarang cari tahu lebih dulu.


Ada banyak keuntungan dari penggunaan genset memang, dan ini ditemani dengan sejumlah kerugian yang menanti jika salah pakai. Dengan demikian, kami memiliki sejumlah cara yang paling efektif agar penggunaan genset tetap aman serta memberikan keuntungan itu.


Genset atau yang kerap disebut dengan generator ini adalah alat yang sangat membantu di lingkungan rumahan maupun industri. Genset akan menjadi sahabat Anda ketika tidak ada listrik. Tetapi bagaimana pun juga ini adalah mesin, tidak boleh sembarang digunakan.


Hindari Kecelakaan dengan Pastikan Genset Diesel Silent Penuhi Ketentuan Berikut


Maka dari itu, untuk memastikan level keamanan tersebut, kami ingin Anda mulai menggali lebih banyak informasi tentang cara merawatnya. Jika genset terawat, maka potensi cidera ataupun kecelakaan lain yang disebabkan penggunaan genset tidak akan terjadi.


Kegagalan saat menghidupi genset ini justru yang mengundang bahaya. Luka yang serius dan kebakaran menjadi risiko paling buruk dari penggunaan genset seperti ini. Maka dari itu, mari kita melihat lagi apa saja basic safety dalam penggunaan genset diesel silent, antara lain:


Hindari Ruangan Tertutup Sebagai Ruang Operasi Genset


Mulai dari segi peletakan dulu, jangan pernah letakkan genset di dalam ruangan. Ini karena genset hasilkan jumlah karbon monoksida yang besar, yang mana ini adalah gas yang berbahaya. Genset di dalam ruangan sama saja mengundang bahaya.


Jangan Terlalu Memaksa Kinerja Genset


Penggunaan genset diesel silent juga harus masuk akal. Jangan terlalu dipaksa satu harian full menghidupkan genset karena menyebabkan overheat dan overload. Saran dari kami adalah atur penggunaan selama 4 jam dan istirahatkan selama 1 jam


Tempatkan Kabel Listrik dengan Penuh Hati-hati


Soal kabel listrik juga jangan sembarangan. Jangan pernah Anda taruh di area bawah genset karena potensi kebocoran pada mesin sangat besar peluangnya terjadi. Justru ini juga yang menyebabkan banyak kecelakaan akibat penggunaan genset.


Genset Bisa Saja Dicover


Untuk antisipasi ada cairan berbahaya yang jatuh ke dalam mesin genset diesel silent, maka kami rekomendasikan Anda untuk membeli cover gensetnya. Cover genset ini dapat berfungsi juga sebagai reduktor polusi dan mencegah genset karatan.


Selalu Waspada Saat Pengisian bahan Bakar


Sewaktu Anda mengisi bahan bakar genset diesel silent jangan pernah sembarangan. Harus ada corong pengisian ke tangki untuk antisipasi ada yang jatuh ke part lainnya. Belum lagi jika terkena mesin, ini bisa mengundang percikan hingga kebakaran.


Sebisa Mungkin Generator Memiliki Alasnya


Dan kami juga ingin sarankan Anda untuk tempatkan genset di area yang steril dan di lapisan bawahnya ditempatkan semacam papan khusus. Dengan adanya alas ini akan memberikan kesan lebih aman, terlebih cairan yang bocor tidak terkena area lain.


Jangka waktu penggunaan genset sebenarnya tergantung ke cara pakai pemiliknya. Jika lebih sering dirawat, maka potensi kecelakaan akibat genset semakin sedikit. Namun jika genset diesel silent tidak terawat, maka akan ada banyak risiko yang harus pemilik hadapi.