top of page

Mengenal Lebih Jauh Ciri-Ciri Rangkaian Seri Listrik Serta Pengertiannya



Rangkaian seri adalah jenis rangkaian listrik yang hanya memiliki satu jalur untuk menyebarkan sebuah arus. Rangkaian seri sendiri juga merupakan sebuah rangkaian elektronik atau listrik yang proses penyusunannya dilakukan menggunakan cara berurutan. Rangkaian Seri kerap berupa rangkaian tunggal, yaitu rangkaian yang membiarkan listrik mengalir keluar dari sumber tegangan melewati setiap bagian dan balik lagi ke sumber tegangan.


Nah tentunya, rangkaian seri yang sebenarnya memiliki ciri-ciri yang menandakan bahwa ia adalah rangkaian seri yang sebenarnya. Untuk membuat Anda semakin mengerti lagi mengenai rangkaian seri, maka Anda bisa ketahui itu di artikel ini. Hal itu karena di artikel ini kami akan jelaskan pengertian dari rangkaian seri dan juga ciri-ciri yang menandakan bahwa ia adalah rangkaian seri. Maka dari itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Pengertian Rangkaian Seri Listrik

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, rangkaian seri itu merupakan salah satu bagian atau jenis rangkaian listrik yang hanya memiliki satu jalur untuk menyebarkan sebuah arus. Nah rangkaian seri sendiri merupakan sebuah rangkaian elektronik atau listrik yang proses penyusunannya dapat dilakukan menggunakan cara berurutan. Kemudian pada komponen yang ada di dalam rangkaian tersebut disusun dengan satu jalur.


Rangkaian seri bisa juga dianggap sebagai rangkaian tunggal. Itu karena rangkaian tersebut bisa membiarkan listrik mengalir keluar dari sumber tegangan dan melewati pada setiap bagiannya. Kemudian, itu akan balik lagi ke sumber tegangan. Perlu Anda ketahui, memang dalam rangkaian seri listrik pastinya setiap titik sepanjang rangkaian kuat arus yang mengalir selalu sama. Nah itu dari nilai suatu hambatan tersebut yang akan makin besar apabila suatu hambatan dirangkai secara seri.


Ciri-Ciri Rangkaian Seri Listrik

Jika rangkaian seri listrik memiliki ciri yang benar, maka itu akan membuat rangkaian seri tersebut memiliki fungsi untuk memperbesar hambatan (resistansi) dan pembagi tegangan. Nah ciri-ciri rangkaian listrik yang sebenarnya, tentunya bisa Anda ketahui di berikut ini:

  • Rangkaian seri listrik yang sebenarnya akan memiliki ciri yang lebih sederhana, itu karena rangkaian tersebut hanya terdapat satu jalur saja.

  • Semua komponen dari rangkaian seri listrik akan disusun dalam satu baris atau satu deret yang benar.

  • Nah ciri berikutnya yang benar adalah tidak ada percabangan.

  • Rangkaian seri listrik yang benar pun juga memiliki arus yang mengalir pada tiap komponen adalah sama.

  • Kemudian ada juga ciri dari tegangan pada tiap komponen yang bergantung pada nilai resistor.

  • Rangkaian seri listrik yang benar pastinya akan selalu menghasilkan hambatan pengganti yang lebih besar dari nilai resistor terbesar.


Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri Listrik

Nah sebenarnya rangkaian seri listrik yang sebenarnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang akan kami jelaskan di bawah ini.


Inilah kelebihan rangkaian seri listrik:

  • Memiliki proses pembuatan rangkaian seri yang cukup mudah, dikarenakan bentuknya yang sederhana.

  • Hemat biaya karena tidak membutuhkan banyak komponen.

  • Kemudian tidak sulit untuk melakukan pemeriksaan saat terjadi kerusakan, hal itu karena tidak banyak komponen yang harus diperiksa.

Inilah kekurangan rangkaian seri listrik:

  • Apabila ada salah satu komponen rusak, maka komponen lain akan mati atau tidak berfungsi.

  • Kekurangan lainnya, yaitu ketika ada saat ditambahkan beberapa komponen, maka daya yang diterima komponen lain akan berbeda.

  • Lalu ada juga penggunaan arus listrik yang tidak efisien karena hambatan total rangkaian yang begitu besar.

Jadi itulah pengertian dan juga ciri-ciri dari rangkaian seri listrik yang sebenarnya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah jika ada diantara Anda yang ingin memiliki Genset, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada produk Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comentarios


bottom of page