top of page

Container Handling Crane dan Jenis-jenisnya


Container Handling Crane dan Jenis-jenisnya

Kegiatan ekspor impor antar negara yang begitu pesatnya di zaman saat ini membutuhkan suatu alat penampung besar yang sering dijuluki dengan container. Wadah raksasa tersebut dapat dilepas pasang untuk diletakkan di sebuah truk yang awalnya berasal dari kapal besar pada suatu pelabuhan. Pemindahan container tentunya mustahil dilakukan secara manual, penggunaan crane seperti container handling crane adalah salah satu caranya. Apa itu container handling crane dalam dunia angkat beban berat?


Berikut penjelasan lengkapnya mengenai container handling crane yang sangat berguna memudahkan penggunanya.


Apa Itu Container Handling Crane?


Container handling crane atau ship-to-shore crane merupakan suatu crane untuk memindahkan objek berat dalam hal ini adalah kontainer. Alat pengangkat objek berat ini sering ditemui di suatu pelabuhan untuk memindahkan dan mengangkat container dari dan ke kapal untuk kegiatan ekspor dan impor.


Container handling crane disertai dengan kerangka pendukung yang dapat melintasi dermaga yang panjang. Tanpa menggunakan kail, container handling crane dilengkapi dengan alat pengangkat khusus yang disebut dengan spreader. Spreader tersebut dapat diturunkan mendekati container dan mengunci keempat titik penguncian kontainer menggunakan mekanisme twistlock.


Container handling crane umumnya dapat memindahkan satu container dalam satu waktu. Namun beberapa versi crane terbaru mampu memindahkan dua hingga empat kontainer sebesar 20ft dalam satu waktu.


Dua Jenis Container Handling Crane


Alat angkat crane untuk container terbagi atas tiga jenis dengan keuntungannya masing-masing. Pada sebuah pelabuhan, desain container handling crane haruslah sangat kokoh dan bertahan lama serta tidak rentan korosi. Desain yang baik tersebut tentunya melibatkan penyedia container handling crane berpengalaman seperti http://indahjaya.com. Masing-masing jenis container handling crane tersebut adalah:


1. Double Girder Rail Mounted Container Handling Crane

Double Girder Rail Mounted Container Gantry Crane tersusun dari beberapa komponen berupa gantry, troli pengangkut, mekanisme perjalanan derek, kabin dan sistem kontrol listrik. Double Girder Rail Mounted Container Gantry Crane sangat cocok untuk bongkar muat kontainer bermuatan besar, sering kali terpasang pada galangan kereta api, pelabuhan, penyimpanan terbuka, stasiun transfer kontainer dan lain-lain.


Container Handling Crane ini mengadopsi gantry tipe U, ruang kepala kakinya besar hampir menyentuh 7 meter. Sangat cocok untuk operasi penanganan kargo dan peti kemas yang berat. Ujung dua balok utama yang terhubung dengan balok ujung berguna untuk pengangkatan level tinggi.


Fitur terbaik dari crane ini adalah efisiensi yang tinggi, dapat mengangkat 5-6 kaki container, struktur yang mudah, dan digerakkan secara elektrik.


2. Rubber type Container Handling crane Brief introduction

Jenis Container Handling Carne ini berlaku untuk pengangkutan peti kemas berstandar internasional, bongkar muat di halaman peti kemas, dan depo peti kemas kereta api.


Rubber type memiliki kinerja yang stabil, efisiensi tinggi, dan perawatan yang mudah serta dilengkapi dengan instruksi keselamatan yang tepat dan perangkat perlindungan kelebihan beban untuk memastikan keselamatan personel dan peralatan operasional secara maksimal. Sistem kelistrikan menggunakan penyesuaian frekuensi PLC yang dapat dengan mudah mengontrol setiap mekanisme.


Fitur terbaik dari crane ini adalah mampu mengangkat container standar berukuran 20, 40, dan 45 kaki bahkan termasuk tangka penyimpanan hidrolik.


Apa itu container handling crane? Dapat disimpulkan bahwa jenis crane satu ini sangat membantu dalam pengangkatan dan bongkar muat container di sebuah pelabuhan ataupun susunan rangkaian kereta api.


Comentários


bottom of page